5 Rahasia Fungsi Tombol Scroll pada Mouse

Hai palcomster, kali ini saya mau share sedikit tentang fungsi rahasia dari tombol pada mouse, karena tidak sedikit orang yang bingung apa fungsi tombol pada scrool mouse dan belum memanfaatkan fungsi scroll pada mouse secara maksimal.

Ok, Mouse adalah salah satu perangkat input device yang fungsinya untuk menggerakaan pointer atau kursor lebih cepat. Mouse sendiri mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi sudah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).

Mouse mulai diciptakan sekitar tahun 1964, dan mouse saat ini memiliki 3 tombol utama, yaitu tombol kiri, tombol kanan dan scroll, nah tombol pada scroll ini ternyata memiliki kegunaan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa fungsi tombol tengah pada scroll mouse :

1.Memperbesar tampilan website atau dokumen

Nah biasanya tombol yang umumnya kita gunakan untuk memperbesar sebuah halaman pada website biasanya menekan CTRL + dan CTRL –. Namun kamu juga bisa dengan  menekan ALT pada keyboard, lalu scroll mouse ke atas untuk memperbesar halaman, dan scroll ke bawah untuk memperkecil halaman website atau dokumen kamu.

2.Membuka tab baru pada browser.

ShortCut untuk Membuka tab baru pada browser internet adalah dengan menekan CTRL + T. Nah ternyata juga bisa dengan cara menekan tombol scroll mouse pada tab kosong.

3.Menutup tab browser pada internet dengan cepat

Biasanya kalian menutup tab pada browser dengan cara menekan tanda X pada sebelah kanan atas, tapi kamu juga dapat menutupnya hanya dengan menekan tombol scroll pada mouse.

4.Membuka banyak link pada folder bookmark sekaligus

Dengan tombol tengah pada scroll mouse ini, kamu juga dapat membuka banyak link secara serentak dengan hanya satu klik, sehingga lebih menghemat waktu apabila kamu memiliki banyak link yang telah kam tandai kedalam folder favorit kamu.

5. Membuka link pada tab baru browser

Saat kamu sedang browsing atau mengakses internet setiap kali melakukan klik pada link lainnya, maka halaman sebelumnya akan berpindah ke halaman baru. Tentunya hal ini akan sedikit merepotkan kalian apabila terdapat banyak bagian artikel pada halaman sebelumnya yang ingin kamu lihat.

Pada umumnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan klik kanan pada link yang ingin kamu buka, lalu pilih open link in new tab atau open link in new window. Kamu juga dapat melakukannya melalui tombol scroll. nah,  dengan cara ini prosesnya dapat berjalan lebih cepat dan praktis.

Nah itu tadi sedikit info tentang rahasia tombol pada scroll mouse, semoga bermanfaat. ^_^

Nanda Rezkiansyah

Nanda Rezkiansyah

Instruktur PalComTech Lahat materi ajar Teknisi Komputer
Nanda Rezkiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...