Animasi Perpindahan Objek Acak Pada Adobe Flash CS3

Halo semuanya, bagaimana kabarnya hari ini? Seperti biasa tentunya ya nggak. Luarrrr Biasa. Okedeh, hari ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat animasi perpindahan posisi objek secara acak dengan program Adobe Flash CS3 dan menggunakan Action Script 2.0. Baiklah, langsung saja kita TKP, oke.

Langkah 1

Buatlah objek symbol Movie Clip, sebagai contoh saya akan membuat objek buah jeruk dan mengubahnya menjadi symbol Movie Clip. Kemudian letakkan objek symbol Movie Clip ini di atas Stage. Dan jangan lupa beri nama pada bagian Instance Name objek symbol Movie Clip kali ini (Instance Name=jeruk).

sp-1

Langkah 2

Berikutnya buatlah objek symbol Movie Clip yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan objek symbol Movie Clip sebelumnya (mc jeruk) ke posisi random yang diinginkan. Kali in buat saja sebuah objek symbol Movie Clip berupa garis panjang dan letakkan dibawah Stage.

sp-2

Langkah 3

Baiklah semua objek telah dipersiapkan dan kini saatnya kita beralih ke script. Pilih symbol Movie Clip jeruk dan tekan tombol F9 untuk masuk ke panel edit script. Pada panel script Actions-Movie Clip mc jeruk berikan script:

onClipEvent(enterFrame){
this._y+=20;
}

Langkah 4

Berikutnya berikan script Actions-Movie Clip juga pada objek symbol Movie Clip garis mc balik dengan tujuan meletakkan posisi objek symbol Movie Clip jeruk ditempat yang berbeda secara acak nantinya. Untuk itu berikanlah script berikut:

onClipEvent(enterFrame){
if(this.hitTest(_root.jeruk)){
_root.jeruk._y=-100;
_root.jeruk._x=random(500);
}
}

Langkah 5

Langkah yang satu ini hanya langkah akhir dari tutorial ini. Yup, untuk mencoba animasi ini, selanjutnya tekanlah tombol CTRL + ENTER. Coba lihat posisi animasi jeruknya, selalu pindah ke posisi yang berbeda setelah melewati Stage. Yup, bagaimana semuanya dengan animasi kali ini. Dicoba ya dan jangan lupa untuk terus berkarya dengan animasi yang luar biasa tentunya yo. Oke, sampai disini dulu ya dan jumpa lagi di artikel saya berikutnya oke, see you.

Hasil akhir

Terry Irawan

Terry bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Baturaja. Bidang materi yang diajarkan adalah teknisi dan desain grafis (swishmax, autocad, flash).

One comment

  1. Terimakasih sudah berbagi, Artikel yang bagus dan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...