Apa itu ISBN? Apa Sih Fungsinya?

Palcomster pasti sering donk melihat 13 digit angka di belakang buku yang kita baca sebagai ISBN, pasti ada sebagian yang belum mengetahui apa itu ISBN dan apa fungsinya. Jadi diartikel kali ini mba (yanti) ingin berbagi informasi buat palcomster. Pertama-tama kita cari tahu dulu apa sih kepanjangan dari ISBN, ISBN merupakan kepanjangan dari International Standard Book Number. Tujuan dari pemberian ISBN tersebut adalah untuk mengidentifikasi terbitan buku dari setiap penerbit maupun distributor. ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London. Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia dan KDT (Katalog Dalam Terbitan). Adapun fungsi ISBN menurut Perpustakaan Nasisonal adalah seperti dibawah ini:

  1. Memberikan identitas terhadap suatu buku
  2. Mencegah terjadinya kekeliruan dalam pemesanan buku
  3. Sarana promosi bagi penerbit karena informasi pencantuman ISBN disebarkan oleh Badan Nasional ISBN Indonesia di Jakarta, maupun Badan Internasional yang berkedudukan di London

Sekarang koleksi apa saja sih yang bisa diberikan ISBN? Koleksi yang bisa diberikan ISBN adalah buku peta, film, video dan audiobooks pada kaset,CD dan DVD. Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat ya untuk menambah wawasan kita semua.

LPPM STMIK PalComTech

LPPM adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Berdiri dibawah naungan Ketua STMIK PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...