Cara Ampuh Uninstall Software Sampai ke Akarnya dari Menu Registry

Halo PalComSter dimanapun Anda berada, apa kabar semuanya? Pasti luar biasa kan?. Nah, nah kali ini kita akan membahas tutorial yang bertajuk uninstall. Ya, terkadang ada software yang masih ‘bandel’ ketika kita melakukan uninstall. Sebagian besar dari kita tentu sudah mengetahui cara membuang atau uninstal software maupun program dari komputer atau laptop yaitu dari menu control panel. Tetapi perlu diketahui,di saat kita uninstall sebuah program anda pasti berpikaran program itu sudah terhapus, sebenarnya registry program tersebut masih ada tertinggal di komputer.

Langkah 1

Nah di sini akan kita bahas cara menghapus program tersebut sampai ke akarnya melalui menu registry. Buka menu registry dengan mengetikkan ‘regedit’ pada pada start menu (windows 7 & windows 8). Untuk windows XP kita ketikkan di kolom ’run’.

Regedit start

Langkah 2

Kemudian akan muncul tab baru dengan nama Registry Editor, di sini lah akan kita hapus program yang masih tertinggal itu.

Registry editor

Langkah 3

Selanjutnya masuk ke dalam key “HKEY_LOCAL_MACHINE | SOFTWARE | Microsoft | Windows | CurrentVersion | Uninstall”. Di dalam key tersebut terdapat banyak entry yang terdiri atas deretan angka-angka. Untuk mengetahui program yang ingin dibersihkan, kita harus memeriksanya satu per satu.

Registry editor uninstall

Langkah 4

Klik setiap entry dan perhatikan sub entry bernama “Display Name”. Perhatikan nama yang tertera di sana. Nama tersebut merupakan nama yang tertera dalam list “Add/Remove Programs”. Jadi, jika Anda sudah menemukan nama program yang ingin dibersihkan, hapus entry tersebut. Contohnya, jika Anda meng-uninstall CorelDraw, Anda harus menghapus entry “{CE54DCE1-E00A-4D91-ACB9-A2D916C24051}” karena di dalam “Display Name”, entry memiliki nama “CorelDRAW(R) Grapichs Suite X5”.

delete registry

Setelah entry kita hapus, tutup program registry editor dan restart PC. Demikian lah cara menghapus program dari registry,mudah kan? Selamat mencoba ya, semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

Akhmad Wan Mukhlas

Dia adalah seorang Staff Teknisi PalComTech Baturaja. Ia dikenal orang yang ramah dan humoris, hobinya sehari-hari adalah berolahraga

2 comments

  1. Makasih gan, mudah mudahan berhasil.

  2. Thanksss,, it workss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...