Cara Membeli dan Memilih Tablet PC yang Cocok untuk Kita

Fungsinya yang beragam dan penggunaannya yang praktis membuat tablet PC sedemikian digandrungi. Peminat peranti ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Anda barangkali juga berminat untuk memiliki tablet PC. Namun, sebelum Anda membelinya, sebaiknya Anda menyimak tips memilih tablet PC berikut ini agar tidak salah pilih.

  1. Harga

Harga selalu berbanding lurus dengan kualitas. Saat ini, di pasaran memang banyak ditemukan tablet dengan harga murah. Akan tetapi, produk berharga murah umumnya kualitasnya juga kurang baik sehingga tidak dapat diandalkan. Masalah umum pada tablet murah, antara lain layarnya kurang jernih, tidak responsif terhadap sentuhan jari, dan daya prosesornya kurang.

Masalah-masalah seperti ini tentu sangat menjengkelkan. Jadi, lebih baik Anda membelanjakan uang lebih untuk tablet bermerek yang kualitasnya terjamin dan kinerjanya dapat diandalkan.

  1. Kebutuhan

Tablet PC memang memiliki banyak fungsi, untuk membaca dokumen e-paper (buku, majalah, koran), menonton film atau mendengar musik, bermain game, menggambar, mengedit foto, mengakses internet, dan sebagai alat komunikasi. Namun, Anda tidak harus membeli tablet dengan fitur yang sangat lengkap jika yang Anda butuhkan sebatas untuk browsing atau membuka email. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakan tablet untuk memutar video dan gaming, Anda harus memilih tablet dengan HD tinggi dan RAM minimal 1GB.

Selain spesifikasi, faktor lain yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih tablet terkait dengan kebutuhan adalah ukurannya. Jika Anda tampaknya akan menggunakan tablet untuk aktivitas membaca atau menonton video, sebaiknya Anda memilih yang berukuran besar. Sebaliknya, jika Anda akan sering menggunakan tablet untuk berkomunikasi, ukuran kecil adalah pilihan terbaik untuk Anda.

  1. Sistem opereasi

Ada dua pilihan sistem operasi (OS) untuk tablet, yaitu iOS dan Android. Perangkat Android adalah pilihan tepat jika Anda suka mencoba hal baru. Sedangkan, iOS alias iPad lebih sesuai untuk Anda yang tidak terlalu suka mencoba hal-hal baru sebab iOS memiliki layar sentuh yang intuitif

  1. Berat

Tablet yang terlalu berat tentu dapat menghambat penggunaan dan menganggu mobilitas Anda. Jadi, jangan lupa mempertimbangkan aspek ini ketika Anda hendak membeli tablet.

  1. Kualitas kamera

Salah satu fungsi penting tablet adalah untuk berfoto. Para pengguna peranti ini pun dipastikan menggunakan perangkat kamera pada tablet ini untuk berbagai kepentingan. Jadi, pastkan tablet yang Anda pilih memiliki kualitas kamera yang bagus untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Demikianlah tips memilih tablet PC agar Anda tidak salah membelinya dan bisa mendapatkan yang terbaik sesuai dengan kebuuthan.

Rino Saputro

Rino adalah seorang siswa PalComTech Prabumulih GSO17A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...