Cara membuat Curriculum Vitae yang Efektif dan Menarik

Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang memberikan penjelasan secara ringkas mengenai siapa diri Anda, hal apa saja yang telah Anda raih, bagaimana relevansi pengalaman yang Anda dapatkan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, serta alasan-alasan lain yang membuat Anda menjadi orang yang tepat untuk mengisi posisi sebuah pekerjaan dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Kegunaan dari curriculum vitae oleh para pelamar kerja untuk menuliskan kemampuan serta kompetensi yang dimiliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

artikel-13

Lalu apa saja yang harus dicantumkan dalam curriculum vitae ? Yang perlu kita masukkan pada curriculum vitae, yaitu :

  1. Data pribadi, bagian ini berisi tentang data-data pribadi Anda, seperti nama, nomor kontak, handphone, alamat, serta identitas pribadi. Sangat penting untuk selalu mencantumkan kontak Anda seperti email atau nomor telepon Anda, hal ini di lakukan untuk memudahkan perusahaan menghubungi Anda jika kriteria Anda sesuai dengan apa yang di butuhkan.
  2. Pendidikan, pada bagian ini Anda bisa mengisi latar belakang pendidikan Anda mulai dari pendidikan dasar sampai ke jenjang perguruan tinggi. Tuliskan juga pendidikan non formal yang pernah Anda ikuti.
  3. Pengalaman Kerja, bagian ini Anda harus menuliskan secara detail apa yang Anda kerjakan di tempat kerja yang lama, posisi Anda, dan job desc yang Anda lakukan.
  4. Ketrampilan yang Dimiliki, pada bagian ini sebaiknya Anda bisa mengisi dengan kemampuan nyata yang dimiliki seperti terampil dalam menggunakan aplikasi komputer, menguasai dua bahasa, dan lain-lain.
  5. Training apa saja yang telah diikuti, masukkan daftar pelatihan apa saja yang pernah Anda ikuti selama ini, dan juga berikan keterangan tentang perkembangan dan wawansan yang Anda miliki.
  6. Kegiatan ekstrakulikuler, bagian ini akan memberikan gambaran perusahaan tentang aktivitas Anda di masyarakat

Bagaimana cara membuat CV yang efektif dan menarik ?

Agar CV kita lebih efektif dan menarik, CV yang kita buat haruslah :

  1. Rapi dan Mudah dibaca, kerapian membuat CV menggambarkan bahwa Anda adalah seorang yang disiplin, tertib, dan teratur. Buatlah CV agar mudah dibaca gunakan jenis huruf yang baik, ukuran normal dan spasi jangan terlalu rpat serta gunakan ejaan dan gaa bahasa yang sesuai.
  2. Memberikan informasi lengkap, sajikan informasi dengan ringkas dan lengkap dan memudahkan orang yang membacanya untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan.
  3. Disajikan secara ringkas, cobalah menuliskan informasi penting tenang diri Anda secara mendetail ke dalam 1-2 halaman.
  4. Konsistensi karir, maksudnya adalah bila Anda bekerja dalam suatu posisi tertentu secara konsisten.
  5. Karir progresif, jenjang karir Anda di perusahaan lama akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut Anda menjadi bagian dari mereka.
  6. Achievement, cantumkan prestasi apa saja yang telah Anda raih dalam tiap jabatan yang diisi sebelumnya.
  7. Custom made, yang dimaksudkan adalah membuat sebuah curriculum vitae sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk membuat curriculum vitae Anda lebih efektif dan menarik agar Anda dapat segera langsung diterima saat melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat!!

Penulis : Krisna Islami (Sistem Informasi) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares