Cara Menghapus Profile Wi-Fi Network di Windows 8 dan 8.1

Apa kabar PalComSter! Marhaban ya Ramadhan! Biasanya jika kamu sering connect ke jaringan Wi-Fi, maka jaringan Wi-Fi yang pernah di-connect tersebut juga akan tersimpan dalam bentuk profile, tujuannya tentu saja untuk memudahkan pengguna jika ingin kembali connect ke jaringan Wi-Fi …

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

Apa kabar PalComSter! Marhaban ya Ramadhan!

Biasanya jika kamu sering connect ke jaringan Wi-Fi, maka jaringan Wi-Fi yang pernah di-connect tersebut juga akan tersimpan dalam bentuk profile, tujuannya tentu saja untuk memudahkan pengguna jika ingin kembali connect ke jaringan Wi-Fi tersebut tanpa harus memasukkan passwordnya lagi (apabila jaringan Wi-Fi tersebut menggunakan password).

Di Windows 7,  untuk memanajemen/menghapus profile Wi-Fi Network yang sudah pernah di-connect, masih bisa dilakukan melalui Control Panel > Network and Sharing Center > Manage wireless networks.

Namun, di Windows 8 dan 8.1, sayangnya setting tersebut dihilangkan dari Control Panel. Sehingga, pengguna akan mengalami kesulitan jika ingin memanajemen/menghapus profile Wi-Fi Network yang sudah pernah di-connect. Profile Wi-Fi yang sudah tersimpan tersebut akan terus menumpuk dan tentu saja akan mengganggu, apalagi jika jaringan Wi-Fi tersebut sudah berganti SSID ataupun password-nya. Untuk itu, ini dia ada tips yang bisa dilakukan untuk menghapus profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah connect di Windows 8 dan Windows 8.1, atau istilahnya, forget Wi-Fi network.

Langkah 1

Jalankan Command Prompt dengan Run as Administrator, caranya klik kanan Command Prompt lalu klik Run as administrator, atau bisa dengan menekan shortcut Windows + X lalu klik Command Prompt (Admin).

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.39 AM

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.46 AM

Membuka Command Prompt dengan Run as Administrator

Langkah 2

Setelah terbuka, ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

Code:

 netsh wlan show profiles

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.51 AM

Perintah di atas berguna untuk menampilkan profile jaringan Wi-Fi apa saja yang sudah pernah di-connect. Untuk menghapus profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut, ketikkan perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

Code:

netsh wlan delete profile name=profile_name

NB: profile_name (yang diberi warna merah tersebut) bisa kamu ganti dengan nama SSID profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut. Jika berhasil, akan muncul pesan konfirmasi seperti di bawah ini:

Profile “profile_name” is deleted from interface “Wi-Fi”.

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.56 AM

Langkah 3

Dan jika kita ingin menghapus semua profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut, ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter:

Code:

netsh wlan delete profile name=* i=*

Screen shot 2014-07-01 at 7.54.01 AM

Begitu lah cara menghapus profil Wi-fi Network di windows 8 dan 8.1. Sampai disini dulu tutorialnya, sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Semoga bermanfaat!.

Akhmad Wan Mukhlas

Dia adalah seorang Staff Teknisi PalComTech Baturaja. Ia dikenal orang yang ramah dan humoris, hobinya sehari-hari adalah berolahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...