Cara Menonaktifkan Security Warning untuk Mengaktifkan Macro Microsoft Excel Secara Otomatis

Hai teman-teman se-PalComTech anget! Ketemu lagi dengan saya (Febria) di tutorial akademik PalComTech edisi April 2014. Materi yang kita bahas kali ini mengenai cara menonaktifkan security warning untuk mengaktifkan macro pada MS.Excel secara otomatis. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa setiap penambahan …

Review Overview

User Rating: 3.47 ( 3 votes)
0

Hai teman-teman se-PalComTech anget! Ketemu lagi dengan saya (Febria) di tutorial akademik PalComTech edisi April 2014. Materi yang kita bahas kali ini mengenai cara menonaktifkan security warning untuk mengaktifkan macro pada MS.Excel secara otomatis. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa setiap penambahan atau penerapan fasilitas dalam produk microsoft office selalu membutuhkan konfirmasi lebih lanjut dari user. Sebagai contoh, di MS. Excel kali ini kita akan menggunakan fasilitas macro untuk membuat aplikasi terapan MS.Excel. Nah, masalahnya setiap macro yang kita tambahkan dalam aplikasi yang dibuat menggunakan MS.Excel harus mendapatkan konfirmasi lebih lanjut dari user yang menggunakan aplikasi tersebut. Setiap kali aplikasi tersebut diaktifkan, kita harus meng-klik tombol “enabled  content” yang tampil dilayar awal, seperti tampilan berikut:

Screen shot 2014-05-23 at 8.06.11 AM

Untuk menonaktifkan security warning tersebut, mari kita ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1

Klik Office Button kemdian Pilih Excel Option.

Screen shot 2014-05-23 at 8.06.16 AM

Langkah 2

Pilih Trust  Center. Lalu Klik tombol Trust Center Settings.

Screen shot 2014-05-23 at 8.06.24 AM

Langkah 3

Pilih Macro Settings. Kemudian aktifkan Check Box Trust access to the VBA project object model. Lalu klik Radio Button Enable all macros (not recommended;potentially dangerous code can run).

Screen shot 2014-05-23 at 8.06.30 AM

Langkah 4

Pilih Message Bar. klik Radio Button Never show information about blocked content. Klik tombol OK.

Screen shot 2014-05-23 at 8.06.38 AM

Setelah langkah-langkah diatas sukses dilakukan, maka silahkan coba untuk membuka file macro excel yang telah anda buat. Atau bisa ikuti tutorial macro excel pada edisi tutorial akademik lainnya. Selamat mencobanya!.

Febria Sri Handayani

Beliau merupakan dosen di STMIK PalComTech yang mengajar khusus pada mata kuliah pemprograman

3 comments

  1. Kegunaan dari enable this content pada option itu apa ya……?

    • enable this content gunanya untuk mengaktifkan fasilitas macro yang di nonaktifkan (disable) otomatis oleh MS. Office. hal ini biasanya akan muncul jika lembar kerja kita mengalami pengaturan tertentu atau menggunakan tambahan macro.

      terima kasih

  2. amjad catur iput

    kenapa setelah Kompi di nonaktifkan, dan buka kebali excel, macro posisi disable kemabali.
    setelah di enable-kan lagi jalan file macronya, dicoba kompi di restrart maka macro kembali disable lagi. gimana solusinya? terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares