Flash Game Menangkap Apel dengan Action Script 2.0

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial Flash Game Menangkap apel dengan Action Script 2.0, untuk lebih jelas ikuti beberapa langkah berikut

Langkah 1

Buatlah sebuah file flash action script 2.0

.flash1

Langkah 2

Pada frame pertama, buatlah teks yang menjelaskan aturan permainan dan sebuah tombol play dengan instance name play_btn.

flash2

Langkah 3

Masukkan script berikut pada frame pertama tersebut

stop()
play_btn.onRelease = function(){gotoAndStop(2);}

Langkah 4

Pada frame kedua, buatlah dua buah variabel dynamic text dengan var waktu dan poin, sebuah objek movie clip dengan instance name keranjang, dimana didalam mc keranjang tersebut terdapat objek mc dengan instance name wadah.

flash3

Langkah 5

Masih pada frame 2, buat sebuah objek apel

 flash5

Kemudian convert objek apel menjadi Movie Clip, klik kanan objek tersebut dari jendela Library, pilih Linkage, conteng pilihan Export for Action Script. Hapus objek apel tersebut dari Stage & hanya terdapat pada jendela library saja.

flash4

Langkah 6

Ulangi langkah 5 untuk objek bom 

flash6

flash7

Langkah 7

Masukkan script berikut pada frame 2 tersebut.

fps = 0;
var waktu:Number = 20;
var poin:Number = 0;
timer = false;
onEnterFrame = function(){
	if(timer){
		//fungsi timer
		fps++;
		if (fps == 12){
			waktu -= 1;
			fps = 0;
		}
		//fungsi untuk objek apel
		if (random(5) == 3) {
			apelku = attachMovie("apel","apel"+getNextHighestDepth(),getNextHighestDepth(),{_x:random(550), _y:-20});
			apelku.onEnterFrame = function(){
				this._y += 20;
				if (this.hitTest(keranjang.wadah)){
					poin += 1;
					this.nextFrame();
					}
				if(_currentframe != 2){
					removeMovieClip(this);
				}
			}
		}
		//fungsi untuk objek bom
		if (random(10) == 5) {
			bomku = attachMovie("bom","bom"+getNextHighestDepth(),getNextHighestDepth(),{_x:random(550), _y:-60});
			bomku.onEnterFrame = function(){
				this._y += 20;
				if (this.hitTest(keranjang.wadah) and waktu > 0){
					gotoAndStop(3);
					ket = "GAME OVER";
					timer = false;
				}else if (waktu == 0){
					gotoAndStop(3);
					ket = "Anda mengumpulkan: "+poin+" Buah Apel";
					timer = false;
				}
				if(_currentframe != 2){
					removeMovieClip(this);
				}
			}
		}
	}
};
//fungsi untuk menggerakkan keranjang
keranjang.onEnterFrame = function(){
	timer = true;
	Mouse.hide();
	startDrag(this,true,49.5,380.5,545.5,380.5);
};

Catatan:

  • Animasi menggunakan frame rate default 12 fps, bila anda mengubah frame rate, misal 25 fps maka anda harus mengganti script if(fps==12) menjadi if(fps==25).
  • Nilai 49.5, 380.5, 545.5 dan 380.5 merupakan nilai batas kiri, atas, kanan dan bawah untuk objek keranjang. Nilainya dapat bervariasi sesuai dengan ukuran objek keranjang yang anda buat.

Langkah 8

Pada frame tiga, buat sebuah objek dynamic text dengan var poinAkhir dan sebuah tombol dengan instance name replay_btn.

flash8

Langkah 9

Masukkan script berikut pada frame 3 tersebut.

Langkah 10

Hasil akhir dapat dilihat sebagai berikut :

Eka Prasetya Adhy Sugara

Dosen Tetap Program Studi Desain Komunikasi Visual Politeknik PalComTech

Latest posts by Eka Prasetya Adhy Sugara (see all)

4 comments

  1. wa keren :2thumbup ,,, ni abis nangkap apel baru 25 apel :ngakak

  2. yang langkah 9 action script nya apaan kk ??

  3. Gan langkah 9 scriptnya mana ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...