Fun Game Solusi Belajar Bahasa Inggris

Siapa bilang belajar bahasa inggris hanya dengan materi pembelajaran saja? Banyak alternative metode yang bisa digunakan didalam kelas, salah satunya adalah dengan permainan. Game yang kita kenal adalah suatu permaian atau sebagai alat untuk pembelajaran bahasa Inggris. Tidak heran banyak siswa merasa senang ketika belajar bahasa inggris dengan game. Nah, ada salah satu game yang bisa kamu jadikan referensi dalam metode pengajaran bahasa inggris yaitu.

A creative story

Mungkin asing bagi Anda mendengar game yang satu ini,game ini membantu siswa berimajinasi dengan sebuah cerita. Game ini juga meningkatkan keahlian berbicara, dan mendengarkan. Bagaimana prosedurnya? Kita bisa lihat langkah-langkahnya secara langsung.

  1. Guru akan membacakan sebuah cerita, kemudian siswa akan meneruskan imajinasi mereka.
  2. Anda bisa menyiapkan pena sebagai alat penentu giliran siswa. Anda bisa menceritakan cerita yang tekenal seperti Malin kundang, dan nanti guru akan membacakan bagian awalnya saja dan kemudian akan dilanjutnya oleh siswa sesuai imajinasi mereka
  3. Kemudian pena dioperkan ke siswa lainnya sembari menghitung,pada hitungan kelima siswa akan diinstruksikan untuk berhenti mengoper pena.
  4. Siswa yang mendapatkan pena akan melanjutkan cerita sesuai dengan imajinasinya, dan tidak memaksanakan siswa untuk tetap pada alur cerita.
  5. Setelah itu, Anda bisa lakukan hal yang sama dengan mengoper ke temannya lainnya sampai selesai.Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita, maka ia akan dihukum untuk melakukan hal positif atau hukuman lainnya.

Word Mapping

Alternatif lainnya kalian bisa gunakan game yang satu ini, yaitu word mapping. Word mapping adalah permainan dimana siswa menyebutkan sebuah kata, dan mengembangkan kata-kata yang berhubungan satu sama lainnya. Siswa akan mencari kata turunan tanpa menggunakan kamus. Word mapping sangat bermanfaat untuk menambah kosakata siswa sehingga mempermudah mereka dalam belajar bahasa Inggris. Untuk prosedurnya bisa lihat di bawah ini.

  1. Anda bisa menyiapkan kata-kata turunan sebanyak-banyaknya.
  2. Guru membagi ke dalam kelompok kecil minimal 3 orang, dan menginstruksikan untuk menyiapkan kertas, dan pena.
  3. Siswa menuliskan kata turunan sebanyak-banyaknya selama 5 menit.
  4. Kelompok yang paling banyak kata turunannya,maka kelompok tersebut yang akan menang.

Permainan tersebut Anda bisa terapkan dalam proses belajar mengajar dan menjadi alternative metode buat Anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika kamu suka dengan artikel ini, berikan komentar kamu dan share artikel ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...