GAMES PERKAYA KOSAKATA BARU DALAM BAHASA INGGRIS

PalComTers, hal yang paling penting dalam belajar bahasa inggris adalah bagaimana cara menambah kosakata baru agar kita tidak mudah lupa dan mudah bosan dalam mencoba hal baru karena kosakata dalam memperlancar kita dalam belajar bahasa inggris terutama dalam percakapan. Salah satu trik yang bisa digunakan dalam menambah kosakata baru adalah dengan “Game”. Disini ada beberapa alternatif game yang bisa digunakan dalam memperkaya kosakata kamu yaitu:

1. “How Many Words Do you Get” Game

Permainan ini adalah permainan yang sistemnya hanya menggunakan spidol dan papan tulis. Bagaimana cara memainkan game ini, yuk kita lihat langkah-langkahnya:

  1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian bagi papan tulis dengan cara membuat garis vertikal sesuai dengan jumlah kelompok.
  2. Tulis kata di papan tulis. CONTOH : AMERICAN
  3. Guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk membuat kata baru dari kata yang telah ditulis sebanyak-banyaknya dan memberikan batas waktu dalam membuat kata-kata tersebut. CONTOH: AMERICAN=AIR, CAN, RICE, AM, DAN LAIN-LAIN
  4. Bagi kelompok yang dapat membuat kata paling banyak, maka kelompok tersebut menjadi pemenangnya.

2.“Broad Race“ Game

Permainan ini digunakan untuk mengulang kosakata yang telah dipelajari dan bisa digunakan untuk semua usia. Adapaun langkah-langkah permainan ini yaitu:

  1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diberi spidol berwarna.
  2. Bagi papan tulis menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah kelompok, buatlah garis vertikal dan tulis topik di papan tulis.
  3. Siswa menulis kata dari topik tersebut sebanyak-banyaknya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  4. Setiap kelompok akan mendapatkan poin jika kata yang ditulis sesuai dengan topik dan ejaan yang benar.
  5. Bagi kelompok yang mendapatkan poin terbanyak, maka kelompok tersebut menjadi pemenangnya.

3. “Anagram” Game

Anagram game adalah jenis permainan dengan cara mengubah kata menjadi kata lain. Siswa diminta untuk mengotak-atik huruf sehingga menemukan kosakata baru. Game ini bertujuan untuk membuat memori tentang kosakata baru dalam tempo yang lebih tahan lama dan mengingat kosakata yang sebelumnya telah dipelajari. Contoh katanya : Heart menjadi Earth, listen menjadi silent.

PalComTers, demikianlah beberapa contoh game yang dapat memperkaya kosakata kamu dalam belajar bahasa Inggris dan bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa membantu para guru dalam mengajarkan siswa dalam belajar bahasa inggris menjadi lebih mudah. Terima Kasih. Sampai Jumpa.

 

Dian Eva Lestari

Dian Eva Lestari

Eva adalah seorang Tutor SpeakOut & BAAK PalComTech Opi Mall
Dian Eva Lestari

Latest posts by Dian Eva Lestari (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...