Keseruan Seminar dan Workshop “Training of Broadcasting” by UKM PalComTech Broadcasting Club

Apakah  iya dunia radio bisa dibilang tren saat ini? Apa karena kesannya kerjaan penyiar radio itu gampang, tinggal cuap-cuap serta celoteh sambil muterin lagu kekinian? Bisa eksis dan dikenal banyak orang, pokonya super deh! tapi apa memang begitu dunia radio?

Mungkin selama ini, itulah kesan kamu yang hobi ngabisin waktu luangnya mendengarkan radio tentang penyiar radio. Pas lagi belajar di kamar, dalam mobil, hingga ketika persiapan pagi berangkat ke tempat aktivitas sambil denger lagu-lagu yang sedang hits ditambah dengan info-info menarik. Seru bukan…jadi kepengen ya…nyobain jadi penyiar radio? Ya…minimal pengen tahu kan bagaimana cara kerja seorang announcer.

Kamu punya banyak kesempatan kok. Kali ini UKM Broadcasting mengajak pembicara yang bernama Abdulla Arafah, SE dari Radio Trax.fm. di acara seminar ini kak rafa menjelaskan tentang semua tentang Penyiaran, mulai dari bagaimana cara menjadi penyiar, cara publik speaking yang baiuk, cara mencari announcer, cara membuat jadwal siaran dan masih banyak lagi. Ada juga sesi tanya jawab yang luar biasa antusias bagi para audience, pokonya seru banget deh!

Disini, kamu bisa tau langsung bagaimana cara kerja penyiar. Buktiin deh, apa mereka cuma cuap-cuap aja. Ternyata nggak. Begitu masuk ruang siaran, kamu bakal lihat banyak alat-alat elektronik canggih yang membingungkan hehe. Ada seperangkat komputer dengan program khusus, mixer, tape, cd player, mikrophone, dan masih banyak lagi.

Wuih…pusing kan…tapi kalau dipelajari, bisa kok. Apalagi sekarang ini sudah pada otomatis, tinggal searching aja di youtube. So simple guys

“Acara ini kita buat memang khusus untuk anak UKM Broadcasting dan kami pun tidak lupa mengajak UKM yang lainnya sebagai wadah pengetahuan mereka tentang dunia Broadcasting khususnya dibidang Radio.

Dengan ikut special program yang memang disuguhi buat kita yang masih sekolah, kamu bisa ngembangin bakat dan memutuskan apa akhirnya nanti bisa atau nggak jadi penyiar. Ada beberapa radio yang hanya mengundang anak sekolah untuk talk show, membahas problema remaja atau yang lagi tren di kalangan remaja. Ada juga Radio yang bakalan dibuat oleh UKM Broadcasting adalah Radio kampus yang berbasis Streaming, melalui sosial media seperti Instagram, facebook sampai YouTube. kita diberikan waktu buat nge-bacain kartu ucapan/atensi atau request lagu dari pendengar yang berada dikampus kita.

Selain itu kita juga diajari olah turornya langsung, buat materi siaran sehingga tampilan kita di udara benar-benar layaknya seorang penyiar radio. Hai…ternyata seorang penyiar itu memang harus punya wawasan yang luas banget, karena dia kan mesti membagikan informasi tentang segala hal yang lagi hangat di masyarakat kepada kita semua. Nah…cara dapatkan semuanya ini ya …mesti rajin membaca dan nyari info tersebut ke berbagai macam sumber. Asyik ya…bisa enjoy dengerin musik dan bikin kita makin pintar.

Jadi, nggak rugi deh kalau memang kamu punya bakat menjadi seorang penyiar, untuk aktif ngikutin acara seperti ini. Udah gitu juga bisa dijadikan ajang nambah teman bukan?

Sekian artikel acara kami, semoga bermanfaat untuk semuanya!! ^_^

Galeri Foto :

Divisi Kemahasiswaan

Divisi Kemahasiswaan

Merupakan divisi atau unit kerja yang berada dibawah Pembantu Ketua III bagian kemahasiswaan yang berperan strategis dalam pembentukan karakter dan kepemimpinan mahasiswa
Divisi Kemahasiswaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...