Liputan Lomba Cerdas Cermat K3 STMIK-POLTEK PalComTech

“Kalah menang tetap happy”

Kata inilah yang diutarakan oleh para perwakilan STMIK-POLTEK PalComTech saat mengikuti lomba cerdas cermat antar kampus se-kota Palembang, Rabu kemarin (14/03). Lomba yang bertajuk K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ini diadakan oleh PT. Pertamina RU III (Persero) Palembang ini mengundang hal positif dari berbagai kalangan mahasiswa/i di Palembang.

Hari Pertama – Rabu (14/03)

Ada 10 Universitas  yang mengikuti lomba cerdas cermat ini, termasuk dari STMIK-POLTEK PalComTech Palembang. Dimana setiap Universitas diwakili oleh 9 mahasiswa untuk menjadi pesertanya. Lomba ini berlangsung pada pukul 08.00 WIB, tepatnya di gedung Arjuna Creation & Recreation. Sebelum lomba dimulai, terlebih dahulu dilangsungkan acara pembukaan, tidak lupa juga beberapa kata sambutan disampaikan oleh berbagai pihak dari PT. Pertamina RU III Palembang.

Tim STMIK-POLTEK PalComTech

Setelah kata sambutan dari pihak Pertamina, pembukaan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia lomba. Lalu acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah hiburan untuk para peserta. Pembagian hadiah tidak langsung diberikan kepada peserta, tetapi para peserta diberi tantangan terlebih dahulu untuk memperoleh hadiah tersebut. Tantangannya adalah para harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panitia.

Pertanyaan pertama berhasil dijawab oleh Gian Pratama salah satu peserta dari STMIK-POLTEK PalComTech. Gian pun berhasil mendapatkan hadiah hiburan berupa Flashdisk 2 GB. Pertanyaan berikutnya pun berhasil dijawab oleh peserta lain.

Gian Pratama mendapat hadiah hiburan

Usai panitia membagikan hadiah hiburan, barulah lomba dimulai. Suasana terasa menegangkan, tim STMIK-POLTEK PalComTech harus melawan peserta dari Universitas  dari STMIK MDP, Universitas Sriwijaya dan Universitas Bina Darma Palembang. Lomba berlangsung di gedung A, sedangkan para peserta lain juga melangsungkan lomba digedung B. Keempat tim saling berebut poin demi bisa menembus ke semi final dan memenangkan pertandingan.

Masing-masing Universitas di bagi menjadi 3 kelompok, dimana setiap kelompoknya beranggotakan 3 orang. Dibabak pertama setiap kelompok berhak menjawab pertanyaan yang terdapat di dalam amplop yang sudah dipilih oleh masing-masing kelompok. Dan jika pertanyaan didalam terdapat pada amplop tersebut tidak terjawab, maka kelompok lain berhak mengambil alih pertanyaan tersebut. Tetapi, jika pertanyaan tersebut masih  tidak terjawab maka kelompok yang mengambil pertanyaan tersebut akan dikurangi 5 poin.

Lalu dibabak kedua setiap kelompok harus berhadapan soal esay. Yakni setiap kelompok harus mejawab langsung pertanyaan yang langsung dibacakan oleh dewan juri. Terlihat setiap kelompok saling mengejar poin, perjuangan yang keras mereka tunjukkan demi mencapai poin tertinggi. Namun, dihasil akhir perlombaan, lomba ini dimenangkan wakil dari Universitas Sriwijaya. Dan diikuti oleh Universitas Bina Darma Palembang sebagai Runner-upnya.

Walaupun tim dari STMIK-POLTEK PalComTech belum berhasil menuju babak final, namun para peserta tidak patah semangat. Usai perlombaan lomba cerdas cermat, dimana dewan juri juga membagikan hadiah hiburan berupa Flasdik Sandisk 4 GB. Seperti biasa, para peserta harus menjawab yang dilontarkan dewan juri sebelum mendapatkan hadiahnya.

Dalam hal ini,  peserta dari STMIK-POLTEK PalComTech berhasil mendapatkan hadiah hiburannya. Yakni Ary Indah dan Fahmi, sejauh ini hadiah hiburan berhasil di dominasi oleh STMIK-POLTEK PalComTech. Setelah itu, peserta pun harus kembali kembali ke kampus masing-masing.  Semua peserta pulang bukan dengan tangan kosong, karena seluruh peserta juga di beri bingkisan langsung dari PT. Pertamina RU III Palembang.

Hari Kedua – Kamis (15/03)

Dihari kedua, tibalah saatnya acara penutupan lomba cerdas cermat. Penutupan dimulai pada pukul 14.00 WIB, seluruh peserta dan panitia berkumpul di gedung  Arjuna. Hasil akhir final telah didapat, pengumuman juarapun dimulai. Berikut hasil pengumaman juara lomba cerdas cermat K3 2012:

  • Juara I – Universitas Sriwijaya Palembang
  • Juara II – POLTEK Akamigas Palembang
  • Juara III – Universitas Taman Siswa

Setelah pengumuman juara, dewan juri mengadakan games seru berhadiah. Tim STMIK-POLTEK PalComTech PalComTech juga tidak ketinggalan mengikuti berbagai games yang diadakan dewan juri tersebut. Dedi dan Fahmi dengan sigap maju kedepan ketika games dimulai. Mereka pun berhasil mendapatkan hadiah hiburan berupa Flashdisk Unik 8 GB yang didapat oleh Fahmi, sedangkan Dedi mendapatkan 1 buah Headset keren.

Kemudian panitia mulai membagikan sertifikat untuk masing-masing peserta. Ini sebagai penghargaan mereka karena telah berjuang dan berpatisapasi dalam kegiatan ini. Usai pembagian sertifikat untuk masing-masing  peserta, acarapun pun dilanjutkan dengan do’a penutup , tanda bahwa perlombaan sudah berakhir.

Apa kata mereka?

Gian Pratama-TI (Kelompok 1)

“Seru! seru! seru!
Jawab pertanyaan, menangin hadiah hiburan dan teriak nggak abis-abis..
Kalah nomor 200, yang penting Happy & Berjuang! Ganbatte!”.

Ary Indah-TI(kelompok 2)

“Luar biasa bener, pertandingannya menegangkan, dengan pertandingan itu kita akan lebih tahu seberapa pentingnya K3 di sekitar kita. Terimakasih kepada mbak Ranny  sebagai pendamping dan All team tetap semangat dan senyum!”.

Icha Rostavia-MI (kelompok 3)

“Sedikit lagi tuh kami juara, namun keberuntungan belum memihak pada kami. pokoknya ini pengalaman yang mengasyikkan. Walaupun kalah, dibawa asyik aja!”

GALERI FOTO

5 comments

  1. Tetap Semangat PalComTech.. :2thumbup :toast

  2. nanti kita ikutan lagi yah lomba2 yang lain nya tetap semangat

  3. Memang Asyik… wlaupun mnegangkan… asyik.. asyik…. Iwak peyek….

  4. memang berkesan…
    walopun g jd juara tp tetap happy,,,
    salam iwak peyekk…:D

  5. apa tujuan PT. Pertamina RU III meangadakan lomba tersebut dan apakah tahun 2018 ini ada lomba lagi?
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...