Manfaat Buah “Karamunting”

Screen shot 2013-05-03 at 9.33.24 AMApakah PalComster tau dengan buah khas yang satu ini.?

Orang kampung saya menyebut nya “Karamunting” agak penasaran , kira-kira dalam bahasa Indonesia namanya apa ya ?. Coba cek di google, dan ternyata dalam Bahasa Indonesia namanya juga “Karamunting.  Pernah dengar kata karamunting sebelumnya ? apa itu Karamunting ? berikut adalah informasi tentang karamunting hasil searching dari om google :

Karamunting (Melastoma malabathricum) adalah tumbuhan yang tumbuh liar pada tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup, seperti di lereng gunung, semak belukar, lapangan yang tidak terlalu gersang. Tumbuhan ini biasanya ditemukan sampai pada ketinggian 1.650 m . Ciri-ciri termasuk dalam kelompok perdu, daun tunggal, bangun elips memanjang sampai lonjonng, duduk daun berhadapan bersilang, permukaan daun berambut bila diraba terasa kasar, pangkal daun membulat, tepi daun rata, ujung daun meruncing. Bunga termasuk bunga majemuk berwarna ungu kemerah-merahan, buahnya dapat dimakan mempunyai biji berukuran kecil.

Screen shot 2013-05-03 at 9.33.03 AM

Karamunting ini banyak ditemukan di kampung saya… kalaulah boleh bernostalgia sejenak, berburu buahnya sewaktu saya masih kecil merupakan sebuah kesenangan tersendiri, bagaimana tidak pohon-nya yang hanya setinggi orang dewasa, tidak perlu memanjat untuk mendapatkan buahnya, dengan hanya berjinjit sedikit maka buah karamunting pun sukses dipetik… lebih serunya kalau dilakukan rame-rame, bermodalkan kantong kresek kecil, semuanya bersaing untuk mendapatkan buah paling banyak… walaupun ujung-ujungnya tidak termakan semuanya.

Screen shot 2013-05-03 at 9.33.13 AM

Namanya buah Karamunting. Hhm… nama nya sedikit aneh tapi rasanya enak . Waktu kecil saya dan teman-teman sering sekali mencari buah karamunting  di semak-semak di kebun kakek, Entah mengapa kali ini saya ingat dan kangen dengan buah yang satu ini. Di kebun kakek banyak sekali tumbuhan Karamunting yang tumbuh dengan sendirinya dan ada juga yang di tanam, tumbuhan ini kata kakek, tersebar di seluruh sumatra selatan, yang pastinya dari Palembang  sampai Lampung.

Setelah saya cari informasih tentang buah tersebut, ternyata banyak sekali manfaat yang di dapat dari tumbuhan / buah karamunting tersebut. Menurut artikel yang pernah saya baca, Karamunting ini bisa untuk menetralkan racun dan mengobati luka. Kalau tentang manfaatnya ini, saya memang baru tahu dari berbagai sumber blog/website.

 Berikut manfaat buah Karamunting :

1. Hemostasia

Buah Karamunting menunjukkan efek hemostatik dalam saluran pencernaan bagian atas dan melawan Metrorrhagia penyebab pendarahan pada wanita. Akar Karamunting juga bisa meningkatkan jumlah trombosit, meningkatkan tingkat fibrinogen, dan otot kontrak pembuluh darah halus.

2. Efek adaptif

Buah Karamunting meningkatkan tingkat hemoglobin dan jumlah sel darah merah. Hal ini juga meningkatkan antianoxic, rasa dingin dan kemampuan melawan kelelahan organisme.

3. Anti-bakteri

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah Karamunting dan ekstrak akar menghambat Staphylococcus aureus penyebab nanah. Karamunting juga menghambat E. coli dan Staphylococcus aureus.

Dan itulah manfaat buah Karamunting untuk kehidupan kita. Oh ya, PalComster kalau di daerah PalComster buah “karamunting” di sebut buah apa.? Ayo berpartisipasi untuk berkomentar :).

15 comments

  1. Dulu sering liat tanaman ini, sekarang udah jarang.

    Nice info arman.

    :thumbup

  2. di tempat kami ini jarang,, adanya hanya di hutan, :hn

  3. rasany khas sekali…pernah cicip waktu aq kecil… ohhh ternyata namanya Karamunting…baru tau saia :ngakak …skrg uda gk pernah terlihat lg…

    • kalau kepingin makan buah karamunting silahkan datang ketempat ku…
      Desa Talang Seleman
      Kecamatan Payaraman
      Kabupaten Ogan Ilir
      Provinsi Sumatera Selatan
      Hp. 08238084xxxx
      kode pos 30664

  4. d Riau jga ada kok buah itu,,,,, :ngakak :maafaganwati :thumbup

  5. di balikpapan, kalimantan timur juga nama nya karamunting. dan ini juga mengingatkan masa kecil saya.

  6. Biasa klo makan ini gigi jd ungu,sayangnya skrng buah karamunting sulit ditemui di balikpapan.pdhl sy ingin mengenalkan pada anak saya ….

  7. ditempat saya masih ad kok namanya juga karamunting tp saya & teman2 bilangnya kerabunting, karena kalo sudah masak berwarna hitam seperti beruk bunting, kalo mau datang aj ke bangka khususnya sungailiat, no telp 087882907882, heheh

  8. ferdinand pakpahan

    Kalau di Tapanuli (sumut) namanya Haramonting..

  9. Saya bisa menyediakan dalam jumlah banyak (ton). Jika ada agen/ perusahaan yg siap memampung buah karimunting dalam jumlah banyak hubungi saya di 081288777186.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...