Mari Terapkan Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

Wah, sekarang ini zaman sudah berubah yah, belakangan semakin banyak saja kendaraan yang melintas di jalan – jalan. Banyak yang menggunakan kendaraannya dengan semaunya saja, tanpa memikirkan keadaan dan lingkungan serta peraturan lalu lintas yang ada. Kendaraan memiliki banyak tipe , warna, bentuk dan beragam pula minat para penggunanya. Pengguna kendaraan pun banyak juga ragamnya, dari anak – anak sekolah sampai yang bekerja.Dan para pengguna kendaraan harus mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Patuh lalu lintas jalan dengan baik dan benar itu tidak sulit, kalau kita tidak tahu bagaimana cara penerapan yang baik dan benar. Tapi kenapa masih banyak juga kita sebagai pengendara melalaikan tata tertib lalu lintas ini?.

Oleh karena itu, perlunya tertib lalu lintas harus ditanamkan sejak usia dini, karena melalui pendidikan sejak dini diharapkan akan dapat membentuk generasi muda yang  patuh akan hukum, khususnya patuh berlalu lintas. Pendidikan berlalu lintas sejak dini, akan sangat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa kita, karena dengan mengetahui peraturan lalu lintas. Tentunya, pelanggaran berlalu lintas akan dihindari.

Resiko berkendara menambah tingkat  kecelakaan yang tinggi

Untuk itu, upaya pendidikan dan sosialisasi tentang rambu-rambu lalu lintas harus terus dilakukan. Setidaknya, dalam satu minggu ada tiga kali pendidikan berlalu lintas dan pengenalan tentang rambu-rambu lalu lintas yang dapat dimulai dari siswa-siswi taman kanak-kanak.

Perlunya tertib lalu lintas dalam kehidupan

Selain murid dari tingkat TK , tingkat SD sampai ke tingkat SMA/SMK hingga ke mahasiswa juga harus  mendapatkan penjelasan dan sosialisasi aturan tentang rambu-rambu berlalu lintas dengan baik. Tidak hanya anak-anak sekolah saja yang harus mendapatkan pendidikan berlalu lintas tetapi organisasi mapun masyarakat umum atau non organisasi juga harus mendapatkan pendidikan berlalu lintas.

Perlunya sosialisasi lalu lintas pada anak usia dini

Dengan diadakan sosialisasi dan penjelasan tertib berlalu lintas ini diharapkan, pelajar dan masyarakat kita dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalulintas dengan benar. Dengan mematuhi rambu – rambu lalu lintas, akan dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Pentingnya perlengkapan kendaraan

Ayo teman-teman! kita patuhi peraturan tata tertib lalu lintas jalan dengan baik dan benar sejak dini. Dimulai dengan keseharian kita sebagai pengendara, tentunya kita harus  memiliki kendaraan dan perlengkapan yang baik  sebagai berikut :

  • Ikuti Peraturan Lalu Lintas yang ada di Daerah kita
  • Guanakan Helm yang Berstandar
  • Gunakan Kelengkapan Kendaraan dengan baik
  • Gunakan Sabuk Pengaman saat  Berkendara
  • Gunakan Jaket atau Pengaman untuk Diri Anda jika Berkendara Panjang
  • Selalu bawa Kelengkapan Data Diri dan Kendaraan
  • Jaga dan Rawatlah  Savety kendaraan dengan Baik

Bagaimana? sangat mudah bukan?. “Mari kita terapkan tertib lalu lintas sejak usia dini!”.

Luci Pefri Yumalinda

Luci Pefri Yumalinda, adalah staf Account Officer Palcomtech Jambi

7 comments

  1. nah, ini dia :toast mantaps.

  2. :thumbup
    oke itu mbak uci artikelnya……
    pesan yang baik buat semua orang…..

  3. mantaaaap…
    :thumbup: :2thumbup

  4. nah aku dak pnyo sim :malu2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...