Membuat Conditional Formatting di Microsoft Excel

Hai Palcomster, apa kabar semuanya? Pasti luar biasakan?. Berjumpa lagi dengan saya, sebelum kita ke pembahsan, mungkin kita pernah ingin menandai Cell tertentu dalam pengolahan data di Exce sebagai penanda untuk nilai tertentu, misalnya dalam pengolahan data nilai siswa, Jika ada nilai siswa yang dibawah target kelulusan maka diberi warna merah agar lebih mudah mengetahui siswa tersebut lulus atau tidak, Nah disini kita akan membahas bagaimana cara membuat penanda yang dimaksud tersebut, yaitu menggunakan Conditional Formatting.

Conditional Formatting ini berguna untuk memberi penanda yang berupa warna tertentu berdasarkan nilai dari cell yang kita pilih dengan criteria masing masing. Untuk mengaktifkan Conditional Formatting dalam Excel, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1

Sebelum kita memulai menggunakan Conditional kita siapkan terlebih dahulu data yang akan kita tandai, contoh seperti data dibawah ini.

office_format

Langkah 2

Blok terlebih dahulu cell yang akan kita beri tanda, misalnya disini kita akan menggunakan Target, blok Cell F3 sampai dengan F7, seperti gambar dibawah ini.

office_format2

Langkah 3

Lalu aktif di tab menu home -> pilih Conditional Formatting -> New Rule.

office_format3b

Langkah 4

Pada Kotak dialog New Formatting Rule pilih Format only cells that contain, pada format only cell with atur menjadi equal to, lalu isikan “Tidak Lulus” seperti gambar dibawah ini.

office_format3

 

Langkah 5

Setelah itu klik format untuk memilih warna atau format lainnya sebagai penanda.

office_format4

Langkah 6

Pada kotak dialog format pilih Fill lalu klik warna merah apabila ingin memberikan warna merah.

office_format5

 

Langkah 7

Setelah diatur tekan tombol Ok, dan Ok kembali pada kotak dialog sebelumnya.

office_format6

office_format7

Fitria Rismawati

Fitri bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Palembang. Bidang materi yang diajarkan adalah office, desain, dan pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares