Membuat Game Puzzle Menggunakan Ms. Excel 2007

Microsoft Excel (Ms. Excel) merupakan aplikasi spreadsheet canggih yang  bekerja dibawah sistem operasi windows.  Banyak kemudahan yang didapat dengan menggunakan Ms. Excel, seperti bekerja dengan daftar data, angka, perhitungan matematis, akuntansi, grafik dan lain-lain. Selain itu dengan fitur-fitur yang lengkap dari Ms. Excel, kita dapat membuat berbagai permainan-pemainan sederhana. Salah satunya adalah membuat permainan puzzle.

Puzzle merupakan permainan menyusun potongan-potongan gambar menjadi sebuah gambar utuh. Permainan puzzle ini selain menyenangkan, juga bersifat edukatif. Dengan bermain puzzle dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, melatih kesabaran, dan masih banyak manfaat lainnya.

Lalu bagaimana cara membuat permainan puzzle menggunakan Ms.Excel? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1
Siapkan Gambar utuh yang akan dijadikan potongan-potongan gambar. Ukuran gambar secukupnya saja, karena semakin besar ukuran gambar, maka akan semakin banyak potongan gambarnya. Pada Tutorial kali ini ukuran gambar yang digunakan adalah 500px  x 400px. Download gambar disini Toystory (967)

Langkah 2
Pada lembar kerja excel, ubah background dengan menggunakan gambar yang sudah disiapkan tadi, dengan cara klik tab Page Layout -> Background.

Kemudian akan muncul dialog box untuk memilih file gambar yang akan digunakan sebagai background. Pilih lokasi dimana kita menyimpan gambar, klik file gambar -> Insert.

Maka gambar background akan memenuhi seluruh lembar kerja

Langkah 3
Tentukan Jumlah potongan yang akan digunakan sebagai puzzle. Pada tutorial kali ini jumlah potongan yang akan digunakan adalah 4 x 4. Artinya kolom yang kita gunakan adalah 4 kolom dan baris yang kita gunakan adalah 4 baris.

Pada puzzle ini, kolom yang akan digunakan adalah kolom A-D, dan baris 1-4. Blok semua cell yang akan digunakan sebagai potongan puzzle, yaitu cel A1-A4, B1-B4,C1-C4 dan D1-D4, kemudian beri border.

Cara memberi bordernya adalah blok semua cell yang akan diberi border, klik tab home -> klik border -> pilih All Border.

Langkah 4
Atur lebar kolom A –  D sama besar. Karena lebar gambar tadi 500 px, maka masing-masing kolom diatur lebarnya 125 px.

Cara mengatur lebar kolom adalah  dengan mengklik nama kolom A sampai D, Kemudian arahkan mouse ke garis perbatasan antara kolom D dengan kolom E, klik mouse pada garis tersebut, tahan hingga muncul kotak keterangan width (lebar) kolom. Geser garis tersebut dengan tetap menahan klik mouse, hingga didapatkan ukuran lebar yang diinginkan, yaitu 125 pixel.

Lakukan hal yang sama dengan baris 1 – 4. Klik nomor baris 1 sampai 4. Kemudian klik garis perbatasan baris  4 dengan 5, tahan, kemudian atur tinggi baris. Karena ukuran tinggi gambar 400px, maka tinggi baris adalah 100px.

Berikut hasil pengaturan lebar dan tinggi cell :

Dari gambar di atas, didapatkan bawa cell yang kita gunakan adalah cell A1-A4, B1-B4, C1-C4, hingga D1-D4.

Buatlah daftar pertanyaan atau soal untuk masing-masing cell, yang jawabannya akan ditulis pemain di masing-masing cell, berdasarkan soal yang dibuat.

Berikut contoh pertanyaan yang akan dibuat :

Cell Soal Cell Soal
A1 20 x 50 C1 100/20
A2 Presiden pertama Indonesia C2 Ibukota Negara Jepang
A3 75 + 50 C3 7×7
A4 Hewan pemakan segala C4 Judul Film yang menjadi gambar latar
B1 40 x 30 D1 9 x 12
B2 Zat hijau daun D2 Ibukota Sumatera Selatan
B3 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10 D3 75 / 5
B4 O2 D4 Penemu Bola Lampu

Langkah 6
Ubah warna latar lembar kerja menjadi warna lain, untuk menyembunyikan potongan gambar. Caranya klik kotak yang berada di samping kiri nama kolom A.

Dengan mengklik kotak tersebut, maka seluruh cell pada lembar kerja akan terblok. Kemudian ubah warna latar dengan cara klik tab home -> klik format -> pilih format cells.

Kemudian akan muncul kotak dialog format cell. Pilih tab fill, dan pilih warna latar yang diinginkan, dengan mengklik salah satu warna yang tersedia.Pada puzzle ini, warna yang digunakan warna putih.

Berikut hasilnya

Langkah 7
Setelah semua cell pada lembar kerja berubah menjadi warna sesuai yang dipilih tadi, kemudian ketik soal yang dibuat pada cell dibawah area puzzle.

Langkah 8
Kemudian pada samping kanan tulis keterangan seperti berikut :

Atur sedemikian rupa agar terlihat rapi.

Langkah 9
Kemudian atur isian untuk masing-masing kotak sesuai dengan soal, agar jika jawaban ditulis dengan benar dikotak yang benar, gambar pada cell tersebut muncul.

Contohnya untuk cell A1, jawabannya adalah 1000. Maka blok cell A1, kemudian pada tab home -> klik Conditional Formatiing -> klik Highlight Cell Rules -> klik Equal To.

Langkah 10
Pada kotak Equal To, tulis jawabam pada kotak isian di kiri, kemudian klikkotak pilihan disebelah kanan, pilih Custom Format.

Langkah 11
Kemudian akan muncul kotak dialog format cell, pilih tab Fill -> pilih No color -> klik Ok -> kemudian klik ok lagi.

Lakukan hal sama untuk semua kotak pada area puzzle.

Langkah 13
Jangan lupa untuk menyimpan file puzzle ini dan simpan dengan nama sesuai keinginan, misalnya “puzlle game”.

Selesai dan Selamat Mencoba

Adelin

Ibu Adelin, adalah seorang dosen Sistem Informasi dan Manejemen Informatika STMIK dan POLTEK PalComTech

28 comments

  1. Mantap mb. :2thumbup :cendol

  2. Terimakasih ibu adelin, informasi anda sungguh sangat bermanfaat.

  3. Mantab Gan… :toast :sup2:

  4. aduh salah emot…maksudnya yg ini :2thumbup

  5. nice share bu, creativities never ending ! :cendols

  6. mangstap gan :thanks2 :supermaho

  7. nempang ngejunk sis… :angel

  8. Anindita Wicaksono

    bagus,,
    :)

  9. hatur nuhun bu,
    salam kenal

  10. puzzle.q gag jadii!! :(

  11. Klo yg gk pake soal tpi yg bisa di ubah ubah gimana ?

  12. Sip, makasih banyak bu

  13. terima kasih

  14. kenapa saya ga keluar gambarnya ??
    pdahal saya udh bkin pertanyaan sma jawaban yang bnr ??
    solusi

    • Antara jawaban yg ditulis pada cell dengan jawaban yg dibuat pada langkah 10 (Format cell that are EQUAL TO) harus sama persis. Kadang tidak sengaja terketik spasi pada jawaban, coba diperiksa lagi :)

  15. kok gambarnya ga keluar,padahal udah ikutin semua cranya?

    • Antara jawaban yg ditulis pada cell dengan jawaban yg dibuat pada langkah 10 (Format cell that are EQUAL TO) harus sama persis. Kadang tidak sengaja terketik spasi pada jawaban, coba diperiksa lagi :)

  16. Bu Adelin, saya ingin tanya mengenai security/ lock nya biar orang ga bisa akses jawaban dari conditional formatting gmana? soalnya kalo cell nya di klik lalu klik conditional formatting , pasti jawaban akan klihatan…Thx

  17. bu apa ada ya buku reverensi yang berkaitan dengan Membuat Game Puzzle Menggunakan Ms. Excel 2007 ini? terimakasih

  18. makasih banget mba, saya coba dulu yah..makasih infonya, semoga saya bisa jadi master excel nih mba…terima kasih referensinya…

  19. Adeline Systeam manajemen info yang berkaitan akuntansi.
    Lam Kenal Cowok Ganteng … cool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...