Membuat Toko Online dengan Opencart

Halo PalComSter! Apa kabar semuanya? Pasti luar biasa kan?. Lama rasanya saya tidak ikut ‘nimbrung’ tutorial di student portal, kali saya akan kembali menyuguhkan tutorial dan tips menarik. Teman-teman tahu dengan CMS Opencart? Kalau belum tahu, baiklah saya akan menjelaskan …

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

Halo PalComSter! Apa kabar semuanya? Pasti luar biasa kan?.

Lama rasanya saya tidak ikut ‘nimbrung’ tutorial di student portal, kali saya akan kembali menyuguhkan tutorial dan tips menarik. Teman-teman tahu dengan CMS Opencart? Kalau belum tahu, baiklah saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Opencart. Opencart adalah aplikasi web berbasis CMS (Content Management System) yang cocok digunakan untuk berjualan di internet atau membangun toko online. Nah, bagi teman-teman yang mau berwirausaha mengembangkan website atau bisnis onlinenya, Opencart adalah solusi yang tepat untuk teman-teman terutama di PalComTech.

Teman-teman bisa mencoba terlebih dahulu di localhostnya masing-masing, sebelum nantinya benar-benar diupload pada hostingannya. Bagaimana cara menggunakan dan instalasi opencart di localhost? Simak tutorialnya dibawah ini.

Langkah 1

Download Opencart disini, usahakan download versi terbaru.

Screen shot 2014-11-04 at 10.22.22 PM

Langkah 2

Ekstrak file yang sudah didownload tadi, kemudian buka foldernya.

Screen shot 2014-11-04 at 9.49.01 PM

Sebaiknya ubah nama folder “upload” sesuai nama website Anda. Dalam hal ini saya mengubah nama folder tersebut dengan nama “belajar_opencart”.

Screen shot 2014-11-04 at 9.49.33 PM

Copy folder tersebut di localhost Anda, disini saya menggunakan aplikasi MAMP sama seperti XAMPP, jadi paste foder tersebut di folder “htdocs” pada MAMP atau XAMPP. Jika Anda menggunakan Appserv, paste di C:AppServ/www.

 Screen shot 2014-11-05 at 12.07.36 AM

Screen shot 2014-11-04 at 9.50.06 PM

Langkah 3

Buka folder “belajar_opencart” tadi, kemudian ubah nama file “config-dist.php” menjadi “config.php”.

Screen shot 2014-11-04 at 9.54.11 PM

Screen shot 2014-11-04 at 9.54.28 PM

Selanjutnya klik folder “admin”, sama seperti langkah sebelumnya, yaitu mengubah file dengan nama “config-dist.php” menjadi “config.php”.

 

Screen shot 2014-11-05 at 12.07.53 AM

Screen shot 2014-11-05 at 12.08.09 AM

 

Screen shot 2014-11-04 at 10.53.44 PM

 

Langkah 4

Siapkan dan buat database pada localhost Anda. Dalam hal ini saya membuat database baru dengan nama “belajar_opencart”.

siapkan database

Kemudian buka browser Anda, buka localhost dan pilih folder “belajar_opencart” dan masuk ke tahap instalasi. Untuk Anda yang menggunakan AppServ, ketikkan “localhost/belajar_opencart” pada browser Anda. Pada tahap instalasi awal, tampilannya seperti gambar dibawah ini, lalau klik “continue”.

Screen shot 2014-11-04 at 9.51.15 PM

 

Langkah 5

Scroll ke bawah dan klik “continue”

Screen shot 2014-11-04 at 9.51.34 PM

Hubungkan dengan localhost, isi data sesuai localhost Anda, pakailah username dan password localhost Anda. Jangan lupa untuk mengisi data username dan password administration. Setelah itu klik “continue”.

updateSelanjutnya akan muncul tampilan  seperti dibawah ini. Jangan lupa hapus folder dengan nama “install” yang ada ada folder “belajar_opencart” tadi.

Screen shot 2014-11-04 at 9.57.21 PM

Buka folder “belajar_opencart” pada localhost kemudian hapus folder “install”.

Screen shot 2014-11-04 at 9.58.00 PM

Screen shot 2014-11-04 at 9.58.09 PM

Nah, akhirnya instalasi Opencart pada localhost telah selesai. Berikut tampilan website menggunakan opencart. Setelah itu Anda bisa mengisi dan mengganti isinya sesuai toko online Anda.

Screen shot 2014-11-04 at 9.58.28 PM

Untuk mengakses halaman adminnya,  ketikkan “/admin” setelah folder atau nama website Anda pada localhost. Contoh:

  • Untuk MAMP: localhost:8888/namaweb/admin
  • Untuk AppServ: localhost/namaweb/admin

Screen shot 2014-11-04 at 11.48.30 PM

Screen shot 2014-11-04 at 11.23.50 PM

Screen shot 2014-11-04 at 9.58.43 PM

Berikut tampilan dashboard halaman admin. Bagaimana teman-teman? Tertarik menggunakan Opencart? Yuk, buka toko online kamu sekarang juga. Oh, iya mungkin nanti saya akan memberikan tutorial atau tips tentang menggunakan Opencart. Ditunggu ya, selamat mencoba. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Screen shot 2014-11-04 at 9.59.03 PM

Jhonsen

Jhonsen

Jhonsen adalah seorang Alumni STMIK PalComTech tahun 2015. Saat ini bekerja sebagai Desainer Grafis dan Jurnalistik Media Online di PalComTech
Jhonsen