Mengenal Tentang Li-Fi (Light Fidelity) by UKM PalComTech Open Source

Haii PalComster..

Apa kabar ? pasti luar biasa bukan…

Bertemu lagi bersama kami (UKM PalComTech Open Source )  pada kesempatan ini kami akan membahas artikel “Mengenal Tentang Li-Fi” baiklah  langsung saja kita simak artikelnya sebagai berikut.

Apa itu Li-Fi ?

Li-Fi (Light Fidelity) adalah : Sebuah teknologi komunikasi yang berkecepatan tinggi yang mirip dengan  Wi-Fi media komunikasi yang digunakan Li-Fi berupa cahaya. Li-Fi merupakan inovasi jaringan dari Wi-Fi,  Li-Fi diklam sebagai teknologi yang mampu mentransfer data dengan kecepatan 100 Gbps 10 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi dan  telah sukses di demostrasikan pada sepasang smartphone casio di Consumer Electronic Show tahun 2012 di Las Vegas. Istilah ini dicetuskan oleh Harald Haas merupakan sebuah bentuk komunikasi yang memanfaatkan cahaya tampak. Teknologi Li-Fi ini memakai beberapa warna pada cahaya LED jika warna-warna ini menyala bersama-sama maka akan menciptakan bangunan informasi yang sangat besar, namun saat ini hanya dengan penggunaan laser warna hijau dan laser warna merah secara bersama-sama sebuah data bisa dikirim pada kecepatan 1 Gbps bagaimana jika menggunakan banyak warna? Tentu saja kecepatanya akan mencapai berkali-kali lipat.

Bagaimana Cara kerja Li-Fi ?

Cara Li-Fi bekerja yaitu : anda membutuhkan dua sumber cahaya yang berada pada masing-masing ujung perangkat , sumber cahaya yang digunakan yaitu LED / detector foto (Light sensor).  Saat LED menyala cahaya sensor pada ujung perangkat lainnya akan mendeteksinya dan mengartikannya sebagai biner 1 dengan jumlah cahaya LED tertentu tadi sebuah pesan akan dikirimkan kemudian ditangkap detector cahaya pada perangkat lainnya. Jenis LED yang semikonduktor merupakan sifat berbeda dari jenis lampu lainnya dari sifat tersebut LED mampu beralih on dan off dalam beberapa nanodetik atau miliar detik.

Kelebihan Li-Fi

  1. Memudahkan siapa saja untuk mengakses internet dimana pun bahkan di wilayah terpencil sekalipun yang tidak bisa di jangkau oleh kabel optik.
  2. Dapat mengontrol kondisi lalu lintas dengan cara menempatkan teknologi baru ini ke LED Mobil
  3. Mampu mengurangi polusi elekromagnetik yang dihasilkan ooleh gelombang radio
  4. Li-Fi lebih murah dari pada Wi-Fi
  5. Li-Fi tak terbatas kapasitasnya .spektrum cahaya lifi adalah 10.000 kali lebih besar dari Wi-Fi
  6. Li-Fi menjanjikan kecepatan transfer yang lebih cepat dibandingkan Wi-Fi
  7. Pemancar LED yang ditempatkan secara merata sehingga koneksi di dalam ruangan tetap stabil
  8. Li-Fi mampu menyediakan konektivitas nirkabel dirumah tanpa takut terjadi kebocoran sinyal
  9. Karena cahaya tidak bisa menembus dinding,sehingga penggunaan Li-Fi lebih aman dari pada Wi-Fi

Kekurangan dari Li-Fi

  • LiFi memiliki range yang kecil, karena jarak antara receiver dengan transmitter harus dekat.
  • Karena cahaya tidak bisa menembus dinding, sehingga penggunaan Li-Fi hanya sebatas ruangan yang terdapat cahaya dari Li-Fi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenal tentang Li-Fi ,nah sekarang palcomster sudah tau bukan apa yang dimaksud dengan Li-Fi . sekian dulu artikel dari kami UKM PalComTech Open Source semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita, ketemu lagi di artikel kami selanjutnya

Salkomsel ^_^

Penulis :Yesi Wayan Syahfitri (UKM PalComTech Open Source)

Divisi Kemahasiswaan

Divisi Kemahasiswaan

Merupakan divisi atau unit kerja yang berada dibawah Pembantu Ketua III bagian kemahasiswaan yang berperan strategis dalam pembentukan karakter dan kepemimpinan mahasiswa
Divisi Kemahasiswaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares