Partisipasi Mahasiswa STMIK-Poltek PalComTech Dalam Kegiatan Kopertis “Workshop Pembinaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Kopertis Wilayah II”

Kopertis Wilayah ll Palembang kembali mengadakan Workshop Pembinaan Mahasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi Swasta khususnya yang berada di  lingkungan Kopertis Wilayah II (Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka-Belitung dan Lampung), yang bertempat di Hotel Emilia Jl. Letkol Iskandar No. 28 (Komplek PIM) Palembang pada tanggal 6-7 September 2016.

Kegiatan yang diikuti oleh 1 Orang Perwakilan tiap-tiap PTS di lingkungan Kopertis Wilayah II, diantaranya STMIK Prabumulih, STMIK MDP Palembang, STISIPOL Dhanna Wacana Metro Lampung, STMIK Pringsewu Lampung, STKIES Muhammadiyah Palembang, Universitas Bandar Lampung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam, Universitas Muhammdiyah Palembang Bertujuan untuk Memahami sejarah perkembangan mahasiswa di Indonesia, Membangkitkan semangat mahasiswa dalam akademik dan berorganisasi serta Menciptakan mahasiswa yang cerdas dalam memahami situasi dan kondisi lingkungan. yang mana 1 orang perwakilan mahasiswa dari STMIK PalComTech yang diwakilkan oleh Aldo Karendra (Prodi Teknik Informatika) Sedangkan Politeknik PalComTech diwakili oleh Dia Lestari (Prodi Akuntansi).

Pembukaan berlangsung pada pukul 14.00 setelah diadakan makan siang bersama . Acara dibuka langgsung oleh Bapak Drs. Dedi Kusmayadi M.M. selaku perwakilan Kopertis Wilayah II , yang kemudian Bapak Ivana, SP, M.Si, selaku Wakil Dekan III FISIP Universitas Sriwijaya, memberikan materi pertamanya yang berjudul “Gerakan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Demokrasi Indonesia “ pada materi ini beliau menyampaikan bahwa Mahasiswa Adalah Aset Negara, dan juga merupakan ujung tombak kontradiksi yg membentuk sejarah Indonesia.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Prof Dr. Ir. H. Dedik Budianta, MS yang berjudul “Peranan Indonesia untuk Pembangunan Indonesia”, beliau meyampaikan bahwa pada saat ini kita berada pada jenjang era kompetisi, yg mana setiap mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam berkompetisi. Beliau menjelaskan apa itu mahasiswa sebenarnya, bagaimana karateristik mahasiswa yg seharusnya dan apa yg paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Beliau juga mengatakan bahwa mahasiswa harus memiliki bekal, yaitu :

  • Bisa bahasa inggris dan komputer
  • Disiplin (waktu, belajar dan organisasi)
  • Bekerja dalam kelompok (team work)
  • Berpikir kritis
  • Melatih etika
  • Ikut kegiatan ekstrakurikuler
  • Mencari ilmu sebanyak-banyaknya
  • Melatih soft skill

Materi ketiga dimulai pukul 19:30 Setelah Ishoma dan Makan Malam, Materi tersebut disampaikan oleh Bapak Drs.H. Joko Siswanto M.Si yg berjudul “KETRAMPILAN MENULIS ILMIAH POPULER DI KORAN”, beliau mengatakan bahwa kita harus cerdas dan kritis dalam memahami, mengetahui dan perduli dengan lingkungan sekitar kita. Demo dan sikap anarikis bukanlah hal yang baik dan patut untuk dilakukan oleh mahasiswa. Menulis merupakan salah satu jalan kita agar dapat di dengar orang lain, beliau mengatakan bahwa dari menulis kita dapat mengetahui tingkat intelekual/akademik kita.

Hari 2 ( 07 September 2016 )

Materi pertama pukul 08:00 setelah sarapan bersama, disampaikan oleh Ibu Prof. Ir. Filli Patama M.Sc.(Hons), Ph.D. Di sini beliau membagikan pengalaman beliau bagaimana beliau memulai sekolah sampai akhirnya menyelesaikan study S3 Di University Of Western, Sydney pada tahun 2000 di Bidang Studi Food Science. Beliau menceritakan tentang 14 Paten hasil Penelitian dan Ristek Award yg telah beliau peroleh. Selain itu jg beliau menjelaskan tentang bagaimana agar mahasiswa mampu menyelesaikan proses kuliah tepat waktu. Mulai dari motivasi dari luar dan dalam, tahapan pembelajaran, strategi, hingga integritas akademik yg menjadi landasan menuju prestasi.

Diharapkan setelah mengikuti workshop ini diharapkan Mahasiswa yang mengikuti pelatihan mampu mensosialisasikan tentang bagaimana menjadikan mahasiswa menjadi mahasiswa yg produktif, memiliki etos kerja dan mampu bersaing dengan dunia luar, juga memahami bahwa keberhasilan kita juga di pengaruhi oleh pribadi kita masing-masing dan lingkungan, motivasi, semangat, dan komunikasi merupakan salah satu kunci penting menuju kesuksesan.

Galeri Foto : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Shares