Pelatihan Penggunaan Learning Management System Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bagi Guru SMK Swakarya Palembang

Teknologi saat ini tidak hanya berfokus pada teknologi komunikasi saja tetapi juga berdampak pada teknologi edukasi. Perkembangan teknologi pada kegiatan edukasi sangat jelas sekali perbedaannya jika di bandingkan dengan era sebelumnya dimana teknologi sangat minim sekali digunakan dalam kegiatan edukasi, …

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

Teknologi saat ini tidak hanya berfokus pada teknologi komunikasi saja tetapi juga berdampak pada teknologi edukasi. Perkembangan teknologi pada kegiatan edukasi sangat jelas sekali perbedaannya jika di bandingkan dengan era sebelumnya dimana teknologi sangat minim sekali digunakan dalam kegiatan edukasi, dimana kegiatan belajar mengajar dan interaksi guru dan siswa dilakukan secara langsung. Sekarang dengan adanya teknologi memungkinkan guru dan siswa bisa berkomunikasi perihal materi atau bahan ajar yang disampaikan atau didiskusikan termasuk tugas-tugas sekolah yang dikerjakan oleh siswa atau diberikan oleh siswa. Di era sekarang guru diharuskan mengerti dan mahir dalam penggunaan TIK khususnya Learning Management System (LMS) yang merupakan media yang diberikan dalam penerapan TIK dalam dunia pendidikan. untuk memenuhi kebutuhan teknologi saat ini, dosen STMIK PalComTech melakukan kegiatan pelatihan yang merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

 Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama LPPM STMIK PalComTech dengan Guru SMK SWA Karya di kota Palembang, kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen Tetap Teknik Informatika Bapak Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom. dan Ibu Febria Sri Handayani Dosen tetap Sistem Informasi. Kegiatan ini berfokus pada bidang Teknologi Informatika dan sesuai dengan keilmuan yang dimiliki dan LMS yang di edukasikan kepada Guru-Guru SMK SWA Karya merupakan salah satu bentuk dari penerapan bidang ilmu Teknik Informatika. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi para Guru dalam penggunaan media LMS baik menggunakan media LMS yang sudah ada ataupun menerapkan media LMS pada institusi pendidikannnya sendiri yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran bagi Guru dan siswa. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggak 8 Maret 2018 ini diikuti oleh Bapak Ibu guru SMK Swakarya, pada pelatihan ini peserta mulai diperkenalkan dengan cara pembuatan akun dan penggunaan LMS, kemudian mulai mempelajari tentang cara mengunggah buku ajar ke library, membuat catatan, membuat pengumuman dan lain sebagainya.

Peserta yang terdiri dari para guru merespon kegiatan ini dengan sangat baik dan penuh antusias pada saat mengikuti kegiatan ini. Dengan penggunaan LMS dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kegiatan belajar mengajar menjadi sangat mudah dan mengasikan guru dan siswa tidak menjadi kaku yang selama ini hanya berfokus pada lembar-lembar tugas kerja. Dengan adanya LMS ini membuat guru dan siswa menjadi aktif, guru bisa memberikan tugas dari luar sekolah jika tidak sempat melakukan evaluasi materi di dalam kelas. Siswa menjadi lebih tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan karena pengumpulan tugas tidak harus di dalam kelas karena bisa mengumpulkan tugas dari rumah ke group kelas yang sudah di buat dan lain sebagainya.

Dengan diadakannya pelatihan ini, semoga PalComTech dapat membantu masyarakat sekitar untuk terus berkembang dan menjadi lebih maju dan baik lagi. Terima Kasih Bapak Ibu SMK Swakarya sudah menjadi Mitra dan bagian dari STMIK PalComTech, semoga manfaatnya bisa digunakan oleh Bapak Ibu Guru kedepannya.

Sampai Jumpa dengan kegiatan kami selanjutnya…..

 

LPPM Politeknik PalComTech

LPPM adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Berdiri dibawah naungan Direktur Politeknik PalComTech

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...