Photography 101 : Bagian-bagian Kamera DSLR

Hai Palcomster selamat membaca artikel “Photography 101”, artikel ini saya khususkan untuk berbagi pengetahuan bagi para penggemar fotografi. Pada kesempatan ini saya akan membahas bagian-bagian inti dari sebuah kamera dSLR. Terutama pada bagian mekanikal kamera yang digunakan untuk menangkap gambar …

Review Overview

User Rating: 4.8 ( 2 votes)
0

Hai Palcomster selamat membaca artikel “Photography 101”, artikel ini saya khususkan untuk berbagi pengetahuan bagi para penggemar fotografi. Pada kesempatan ini saya akan membahas bagian-bagian inti dari sebuah kamera dSLR. Terutama pada bagian mekanikal kamera yang digunakan untuk menangkap gambar yang dapat dilihat pada berikut ini:

dslrBagian Kamera dSLR

Point 1 light path

Panah kuning menunjukkan jalan masuk cahaya ke lensa kamera menuju ke view finder dan sensor. Pada saat membidik gambar cahaya akan dibiaskan oleh cermin yang membentuk sudut (3). menuju  pentaprism/pentamirror (5) dan diteruskan ke view finder (7). Pantulan sudut yang lain dari cermin akan memantulkan cahaya menuju ke sensor auto focus (8).

Point 2 element Lensa

Lensa terdiri dari berbagai jumlah elemen yang terbuat dari kaca, plastik, atau bahan lain. bilah-bilah kaca ini tetap di tempat, atau dapat bergerak dalam kaitannya untuk mendapatkan fokus, memperbesar gambar (zooming), atau dalam lensa image stabilized, lensa dapat bergerak untuk mengimbangi gerakan kamera.

Point 3 Mirror

Mirror adalah komponen yang dapat bergerak membuka dan menutup. Mirror dibuat agar dapat mengarahkan sebagian besar cahaya ke atas menuju view finder dan eksposur meter, dan sebagian cahaya lagi ke bawah menuju komponen auto focus.

Point 4 Focus Screen

Focus screen akan dilewati cahaya saat membidik gambar, focus screen membantu fotografer untuk menentukan titik focus yang diinginkan.

Point 5 pentaprism/pentamirror

Komponen optik ini biasanya terbuat dari kaca padat yang disebut pentaprism, atau struktur berongga yang terbuat dari cermin yang disebut pentamirror. Permukaan reflektif membalikkan gambar dari layar fokus lensa yang diterima dari lensa /cermin yang lebih rendah baik lateral dan vertikal, sehingga dapat menghasilkan tampilan pembacaan yang tepat.

Point 6 exposure meter

Pada kebanyakan kamera dSLR, exposure meter mendeteksi cahaya yang melewati jalan menuju view finder, menggunakan sebuah array dari titik-titik dalam bingkai yang berkisar 12 pixel sampai dengan 2.000 pixel, tergantung pada spesifikasi kamera. Bacaan exposure meter mungkin melibatkan kecerahan, atau menangkap informasi warna hijau/merah/biru untuk memungkinkan kamera membuat keputusan berdasarkan paparan matriks point.

Point 7 Viewfinder

Jendela optik  ini menunjukkan gambar yang ditampilkan pada layar fokus. Termasuk penyesuaian diopter yang memungkinkan sepenuhnya atau sebagian kompensasi untuk pengguna dengan kacamata. Beberapa view finder memiliki shutter yang dapat ditutup untuk menjaga cahaya agar tidak mempengaruhi exposure meter (6).

Point 8 autofocus sensor

Beberapa cahaya dari lensa dipantulkan ke sensor ini, dengan menggunakan bilah-bilah lensa (biasanya 3-51 bilah, tergantung pada lensa) untuk memisahkan bagian-bagian gambar untuk membentuk titik auto focus atau zona yang berbaris, di range finder, untuk memungkinkan fungsi deteksi auto focus.

Point 9 shutter/sensor

Tirai vertikal yang dapat membuka (9) berturut-turut untuk menciptakan celah untuk cahaya dari lensa dapat mencapai sensor ketika cermin utama membuka ke atas. Sensor (9,) berisi photo sites peka cahaya yang merekam gambar dan menyebarkannya ke pemrosesan sinyal chip kamera analog-to-digital, dan kemudian ke kartu  memori untuk penyimpanan.

Alfred Tenggono

AlfredTenggono adlah seorang Dosen Tetap Program Studi Teknik Informatika. Fotografi adalah salah satu hobinya, selain itu ia juga hobi dalam mengutak-atik jaringan komputer

One comment

  1. Artikelnya sangat menarik & bermanfaat :2thumbup :babyboy1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...