Simulasi Link Aggregation Menggunakan Protokol Etherchannel Pada Packet Tracer Part 1

Link agregasi adalah sebuah istilah di dalam jaringan komputer untuk menggambarkan berbagai metode bundling (menggabungkan) beberapa sambungan jaringan secara parallel untuk meningkatkan throughput dan mempertahankan satu jalur koneksi dengan konsep redundant, dan redundansi ini akan berjalan ketika kasus salah satu …

Review Overview

User Rating: 4.27 ( 11 votes)
0

Link agregasi adalah sebuah istilah di dalam jaringan komputer untuk menggambarkan berbagai metode bundling (menggabungkan) beberapa sambungan jaringan secara parallel untuk meningkatkan throughput dan mempertahankan satu jalur koneksi dengan konsep redundant, dan redundansi ini akan berjalan ketika kasus salah satu link mengalami kegagalan (fail over) di dalam suatu jaringan komputer.

Lebih lanjut pengembangan istilah yang digunakan untuk menggambarkan metode link aggregasi ini adalah termasuk penerapan pada port trunking, link bundling, Ethernet/NIC bonding, atau NIC teaming. Pegembangan Istilah-istilah ini tidak hanya mencakup standar IEEE sebelumnya yaitu pada standar penomoran 802.3ad atau pada standar link aggregasi yang terbaru yaitu, didefinisikan pada IEEE 802.1AX.

aggregation

Contoh Topologi Penerapan Link Aggregation antara Switch Layer 3 dan Server

EtherChannel adalah istilah untuk teknologi berbasis perangkat Cisco yang memungkinkan pembuatan link hingga delapan fisik ethernetlink, ke satu link logis. Pada awalnya teknologi ini disebut dengan Fast EtherChannel (FEC), atau saat teknologi Ethernet hanya tersedia di Fast Ethernet. Teknologi ini juga disebut Gigabit EtherChannel (GEC), atau lebih umum, hanya disebut dengan istilah Port Channel. Untuk vendor umum diluar perangkat Cisco istilah yang digunakan untuk link agregasi tersebut adalah Link Aggregation, atau disingkat dengan LAG.

Melalui protocol EtherChannel, kecepatan satu link tunggal Logis, sama untuk agregat kecepatan semua link fisik yang digunakan. Sebagai contoh, jika Anda membuat EtherChannel dari empat 100 Mbps Ethernet Link, maka EtherChannel akan memiliki kecepatan 400 Mbps.

aggregation2Interkoneksi teknologi Cisco EtherChannel, yang menghubungkan server, switch dan router

Simulasi perancangan etherchannel yang akan dibangun pada tutorial kali ini adalah, seperti topologi dibawah ini:

 aggregation3

Topologi perancangan simulasi etherchannel

Terlihat pada gambar diatas topologi didesain dengan model arsitektur jaringan hirarki, yaitu: access layer, distribution layer, dancore layer. Pada access layer perangkat-perangkat intermediary yang dimasukkan adalah beberapa switch layer 3 yang akan dihubungkan dengan teknologi VLAN, pada setiap switch layer 3 tersebut akan dikonfigurasi menjadi beberapa VLAN ID yang berbeda (InterVLAN). Kemudian pada distribution layer terdapat 3 buah switch layer 3 yang akan menjadi redundant link dan aggregate link yang mengarah pada switch central, lalupada core layer terdapat 3 buah router yang menjadi central penghubung link trunking untuk koneksi antara setiap switch layer 3 backbone.

Adapun topologi yang telah penulis rancang pada aplikasi packet tracer adalah seperti gambar dibawah ini:

aggregation4

Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya…

 

Zaid Amin

Zaid Amin adalah seorangDosen Tetap Prodi Teknik Informatika. Selain itu beliau juga Penerima Beasiswa Panduit Cisco Excellence Tahun 2008-2009 (1 dari 40 Penerima di Seluruh Dunia)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...