STMIK PalComTech Lolos KRCI Regional 1 Sumatera

Kontes Robot Cerdas Indonesia adalah ajang bergengsi perguruan tinggi se-Indonesia di bidang robotika. KRCI dibagi menjadi 3 divisi, yaitu divisi beroda, berkaki, dan divisi expert battle. Tahun 2010 ini STMIK PalComTech untuk pertama kalinya mengikuti ajang tahunan dari Direktorat Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat – Direktorat Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional dan sebuah hasil yang cukup memuaskan yaitu lolos seleksi bertanding di regional Sumatera untuk divisi beroda.

Seleksi pertama yang harus dilewati oleh tim R-Project yang beranggotakan Alfred, Farhan, dan Hendra serta pembimbing bapak Ahmad Rifai ini adalah seleksi proposal bentuk robot yang akan dirancang. Ternyata proposal tersebut berhasil lolos, dan setiap tim diberi kesempatan 1 bulan untuk merancang dan membuktikan lewat rekaman video perkembangan robot tersebut bisa memadamkan api. R-Project berhasil membuktikan, dan berhasil lolos ke regional Sumatera.

Akhirnya pada tanggal 28 April – 1 Mei yang lalu R-Project tim mengikuti seleksi regional Sumatera di Pangkal Pinang – Bangka Belitung, dimana tuan rumah pada tahun 2010 ini ditunjuk Politeknik Manufaktur Timah Sungai Liat yang merupakan juara regional 1 Kontes Robot Indonesia 2009. Tempat yang dipakai sendiri adalah GOR Depati Bahrein, Kacang Pedang karena berada di pusat kota Pangkal Pinang yang mudah dijangkau oleh peserta. Acara sendiri dibuka pada tanggal 30 April oleh wakil gubernur Bangka-Belitung bersama Dirjen DP2M dan walikota Pangkal Pinang.

Sayangnya pada kesempatan ini, R-Project belum bisa berbicara banyak. Pengalaman bertanding di tahun-tahun sebelumnya yang dimiliki oleh tim-tim lain membuat R-Project harus puas terhenti di regional Sumatera divisi beroda. Divisi beroda sendiri akhirnya diwakili oleh tim Barelang III dari Politeknik Batam, 4MEe dari Politeknik Bengkalis, dan Satoe Rasa dari Universitas Internasional Batam.

Tentunya pengalaman pertama yang sudah bisa berhasil lolos regional Sumatera menjadi pelajaran penting bagi STMIK PalComTech untuk terus berinovasi lebih baik lagi agar dapat berbicara banyak pada kompetisi tahun depan.

Media Center

Media Center

Media Center merupakan sarana komunikasi dan interaksi warga belajar PalComTech.
Media Center

Latest posts by Media Center (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...