FAQ

BAAK

BAAK

BAAK & BAU

1. Bagaimana saya dapat mengetahui informasi – informasi yang ada di STMIK-POLTEK PalComTech?

Jawab : Anda cukup mengakses di  www.palcomtech.com -> student portal  untuk mengetahui informasi-informasi terupdate di STMIK/POLTEK PalComTech. Alamat website ini dapat Anda akses dimanapun meskipun Anda berada di luar Palembang dan tidak hanya memakai komputer, anda juga dapat memakai gadget lainnya seperti smartphone.

Permalink.

2. Bagaimana caranya untuk mengakses informasi melalui smartphone yang berbasis Android?

Jawab: Caranya sangat mudah lho ^-^, Anda tinggal mendownload dan install PalComTech for Android langsung dari play store.

Permalink.

3. Kelebihan apa yang saya dapatkan dengan mendownload aplikasi for Android tersebut?

Jawab: Kamu akan mendapatkan info terbaru dari berbagai portal PalComTech, mulai dari Student Portal, PMB Portal, Career Centerdan e-library. Jadi, kamu bisa lebih dekat dengan PalComTech dan lebih cepat mendapatkan info-info terbaru dari PalComTech. So, kamu tetap terhubung bersama PalComTech dimana saja dan kapan saja.

Permalink.

4. Bagaimana saya dapat mengetahui mengenai aktivitas perkuliahan per semester baik semester ganjil, semester genap maupun semester pendek?

Jawab :  untuk mengetahui perkuliahan yang berlangsung selama satu tahun di STMIK-POLTEK PalComTech, Anda dapat mendownload Kalender Akademik di www.palcomtech.com -> student portal. Di halaman home, sisi kanan student portal, terdapat banner Kalender Akademik. Kamu tinggal klik banner tersebut dan download Kalender Akademik terupdate pada tahun yang berjalan serta seluruh aktivitas yang ada di perkuliahan telah dijadwalkan di Kalender Akademik.

Permalink.

5. Dimanakah saya mendapatkan info pembatalan/cancel kelas ?

Jawab : Info pembatalan kelas dapat dilihat di student portal dengan mengetik kata kunci “info pembatalan kelas” di kolom search.

Permalink.

6. Saya mahasiswa angkatan baru dan belum tau NIM saya, dimanakah saya bisa mendapatkan infonya ?

Jawab : Untuk mengetahui NIM atau NPM mahasiswa, anda bisa langsung melihat di worksheet anda sendiri.

Permalink.

7. Bagaimana bila saya belum mendapatkan Id Card ?

Jawab : untuk mendapatkan idcard anda dapat merequestnya di bagian BAAK. Caranya sangat mudah hanya dengan mengisi form request dan mengumpulkan foto berwarna ukuran 4X6 (1 Lembar) di bagian BAAK.

Permalink.

8. Kapan saya mendapatkan Id Card yang telah saya request ?

Jawab : Periode pencetakan Id Card 1 kali dalam 1 Bulan, apabila Id Card request terbaru sudah dicetak maka akan diinformasikan di student portal dan kamu bisa mengambil Id Card di divisi BAAK. So, pastikan Anda sudah mengumpulkan foto yachh.

Permalink.

9. Apabila saya ada mata kuliah yang cancel atau tidak ada jadwal perkuliahan, apakah saya bisa menggunakan fasilitas kelas ?

Jawab : Bisa, anda tetap dapat menggunakan fasilitas kelas bila ada mata kuliah yang cancel atau tidak ada jadwal perkuliahan. Anda dapat melihat jadwal free class yang disediakan di  www.palcomtech.com -> student portal, search aja dengan keyword “free class” ato klik aja di banner nya yang berjudul “Jadwal Free Class”

Permalink.

11. Bagaimana Prosedur untuk izin tidak mengikuti perkuliahan ?

Jawab : Apabila Anda tidak bisa mengikuti perkuliahan dikarenakan sakit atau ada kegiatan diluar kampus maka Anda dapat melampirkan surat permohonan izin yang diserahkan langsung kepada Dosen yang mengajar.

Permalink.

12. Bagaimana prosedur untuk mengajukan Cuti Kuliah ?

Jawab : Anda dapat mendownload dan mengisi form Surat Permohonan Cuti Kuliah di www.palcomtech.com -> student portal -> support -> download. Print dan isi Surat Permohonan Cuti Kuliah tersebut kemudian  Anda dapat ajukan ke Kaprodi. Bila disetujui, maka Kaprodi akan memberikan 2 lembar memo izin cuti kuliah yaitu memo yang ditujukan kepada Keuangan dan kepada BAAK. Selanjutnya anda menuju keuangan untuk melakukan registrasi pengajuan Stop Out, lalu menyerahkan Surat Permohonan Cuti Kuliah, memo izin cuti kuliah dari kaprodi dan kuitansi pembayaran registrasi cuti kuliah ke BAAK untuk mendapatkan Surat Keterangan Cuti.

Periode cuti dapat dilihat di kalender akademik, selama kegiatan belajar mengajar, pengajuan cuti dapat dilakukan untuk semester berikutnya. Cuti tidak dapat dilakukan untuk 2 (dua) semester berturut-turut dan cuti maksimal hanya dapat diajukan 2 (dua) kali selama kuliah di PalComTech (S1 = 4 tahun, D3 = 3 tahun).

Permalink.

13. Bagaimana prosedur untuk pindah sesi belajar ?

Jawab : Mengajukan pindah sesi belajar dapat dilakukan dengan cara mendownload di www.palcomtech.com -> student portal -> support -> download. Print dan isi form Surat Permohonan Pindah Sesi Belajar, kemudian diajukan ke Kaprodi. Bila disetujui, maka Kaprodi akan memberikan 2 lembar memo izin pindah sesi belajar yaitu memo yang ditujukan kepada Keuangan dan kepada BAAK . Apabila Anda Pindah Sesi Ke Kelas Malam, maka anda menuju keuangan untuk melakukan registrasi pengajuan Pindah Sesi Belajar Malam, lalu menyerahkan Surat Permohonan Pindah Sesi Belajar, memo izin pindah sesi belajar dari kaprodi dan kuitansi pembayaran registrasi pindah sesi (jika pindah ke sesi malam) untuk mendapatkan jadwal kuliah sesuai yang diajukan.
Pindah sesi belajar dapat dilakukan selama masih ada kuota di sesi tersebut dan pindah sesi belajar tidak dapat dilakukan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Permalink.

14. Apa yang harus saya lakukan apabila jadwal kuliah saya belum ada ?

Jawab : Sebaiknya Anda segera melaporkannya ke bagian BAAK. Kemungkinan ada administrasi yang belum diselesaikan atau melewati masa jatuh tempo, sehingga pada saat penginputan mata kuliah nama Anda tidak dapat diinput dari system.

Permalink.

15. Mengapa saya tidak mendapatkan jadwal kuliah, padahal saya sudah melakukan pembayaran administrasi ?

Jawab : Kemungkinan ada keterlambatan jatuh tempo pembayaran sehingga worksheet anda secara otomatis terkunci dan belum bisa dilakukan penginputan mata kuliah, sebaiknya anda segera melaporkannya ke bagian BAAK.

Permalink.

16. Apa yang harus saya lakukan apabila nama saya tidak tercantum di absen manual dosen ?

Jawab :Bila nama kamu tidak ada di absensi manual, kamu bisa langsung konfirmasi ke BAAK.Kita akan membantu untuk pengecekan lebih lanjut dan ada kemungkinan kamu menyusun jadwal setelah proses absensi dicetak.

Permalink.

17. Apa yang harus saya lakukan apabila saya tidak bisa membuka Worksheet ?

Jawab : Sebaiknya anda segera melaporkannya ke bagian Keuangan untuk dicek. Umumnya dikarenakan adanya proses administrasi yang belum diselesaikan sehingga secara otomatis worksheet anda terkunci.

Permalink.

19. Bagaimana saya dapat mengetahui apakah saya Lulus OPDIK atau tidak ?

Jawab : Untuk informasi hasil OPDIK, dapat Anda cek di www.palcomtech.com -> Student Portal. Anda dapat melakukan pencarian di kolom search dengan keyword “OPDIK”.

Permalink.

18. Apa yang harus dilakukan apabila saya lupa password Worksheet ?

Jawab : Anda dapat meminta bantuan ke Bagian Keuangan untuk mereset ulang password Anda.

Permalink.

20. Kapan Dimulainya Jadwal Kuliah Seminar Motivasi ?

Jawab : Jadwal Seminar Motivasi dapat dilihat di Student Portal dan di worksheet anda sendiri.

Permalink.

21. Apakah ada pergantian jadwal kuliah seminar motivasi, apabila saya tidak mengikuti seminar motivasi pada periode yang telah ditetapkan?

Jawab: Tidak ada pergantian jadwal kuliah Seminar Motivasi. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya update terus ya informasi yang ada di student portal dan ikutin jadwal yang udah ditetapkan.

Permalink.

22. Mengapa saya tidak diizinkan mengikuti ujian akhir semester ?

Jawab : Kemungkinan pertama yaitu jumlah kehadiran Anda kurang dari 80% (telah melebihi dari 3 kali tidak mengikuti perkuliahan) dan/ atau kemungkinan kedua yaitu adanya administrasi yang belum diselesaikan sehingga Anda tidak dapat mengikuti ujian.

Permalink.

23. Berapa banyak pertemuan dalam semester ganjil atau genap untuk setiap mata kuliah?

Jawab: Setiap mata kuliah ada 14 kali pertemuan yang udah termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Permalink.

24. Pada pertemuan ke berapa UTS dan UAS dilaksanakan?

Jawab: Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan pada pertemuan ke-7 (tujuh) dan Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan pada pertemuan ke-14 (empat belas).

Permalink.

25. Apa yang harus saya lakukan apabila saya belum bisa melakukan pembayaran administrasi dan agar saya dapat mengikuti ujian ?

Jawab : Apabila Anda belum melakukan pelunasan biaya administrasi sebaiknya segera lapor atau konfirmasi ke bagian Keuangan untuk pengecekan pembayaran.

Permalink.

26. Berapa Jumlah minimal IPK untuk mengajukan PKL, dan bagaimana prosedur pengajuannya ?

Jawab : IPK minimal untuk mengajukan PKL adalah 2,85 dan sudah menempuh 80 SKS tanpa nilai D dan E (untuk D3), 114 SKS tanpa nilai D dan E (untuk S1). Prosedurnya sebagai berikut :

Pendaftaran PKL
    Ambil Memo ke BAAK
    Melakukan pembayaran ke Keuangan (biaya PKL)
    Membawa fotokopi kuitansi biaya PKL + nama dan alamat perusahaan ke BAAK
    Mencetak form topik dan judul PKL dari web portal (support)
    Konsultasi topik dengan kaprodi
Masa PKL & Pengajuan Judul
    Konsultasi judul dengan pembimbing dan mengajukan judul ke kaprodi
    Mengecek jadwal bimbingan di web
Mengikuti Bimbingan Terstruktur PKL sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
Pengumpulan Berkas2 Ujian PKL
    Mencetak form pengajuan ujian dari web portal (support)
    Mengisi form pengajuan ujian
    Mengumpulkan form pengajuan ujian PKL ke BAAK beserta persyaratannya
Pengumuman Jadwal Ujian melalui web portal
Ujian PKL

Permalink.

27. Kriteria Tempat Untuk Melakukan PKL yang seperti apa ?

Jawab : Minimal CV yang memiliki struktur organisasi, mempunyai beberapa unit komputer dan minimal sudah berjalan selama 3 tahun. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melakukan konsultasi kepada Kaprodi sesuai dengan program studi Anda.

Permalink.

28. Apakah boleh apabila saya mengambil tempat PKL di sekolahan ?

Jawab : Boleh, minimal SMA yang terakreditasi. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melakukan konsultasi kepada Kaprodi sesuai dengan program studi Anda.

Permalink.

29. Kapan batas akhir pengumpulan Surat balasan PKL/Riset ke divisi BAAK?

Jawab : Surat balasan PKL/Riset dikumpulkan bersamaan dengan pengumpulan berkas ujian PKL/Skripsi ke bagian BAAK.

Permalink.

30. Bila dalam 1 minggu, saya belum mendapatkan surat balasan PKL/Riset. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab : Anda dapat melakukan follow up kembali untuk mendapatkan kepastian dari tempat PKL/Riset tersebut. Bila tidak ada kepastian, maka Anda dapat meminta surat penolakan dari tempat PKL/Riset agar Anda dapat mengajukan kembali tempat PKL/Riset di tempat lain.

Permalink.

31. Bila tempat PKL/Riset tersebut tidak memberikan kepastian dan tidak memberikan surat penolakan. Apa yang sebaiknya harus saya lakukan?

Jawab : Anda dapat meminta kembali surat pengajuan yang pernah diberikan dari STMIK/POLTEK PalComTech dari tempat PKL/Riset tersebut . Kemudian serahkan kepada BAAK untuk dapat diproses pembuatan surat pengajuan PKL/Riset di tempat yang baru.

Permalink.

51. Apakah jadwal kelas kuliah yang pernah dicancel akan diganti dengan waktu lain?

Jawab : Kelas kuliah yang dicancel akan diganti pada saat minggu tenang UTS dan/ atau minggu tenang UAS. Jadwal pergantian dapat di cek di student portal.

Permalink.

32. Berapa jumlah mahasiswa yang diperbolehkan dalam satu perusahaan tempat PKL/Riset ?

Jawab : Maksimal 3 orang untuk satu perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesamaan judul PKL/Riset.

Permalink.

33. Apakah Judul PKL Kami Boleh Sama ?

Jawab : Setiap Mahasiswa tidak boleh memiliki Judul PKL yang sama.

Permalink.

34. Apabila saya ditolak untuk PKL/Riset, apakah saya bisa mengajukan di tempat lain ?

Jawab :  Bisa, maksimal diberi 3 kali kesempatan untuk mengajukan surat permohonan di bagian BAAK. Namun, tetap mengikuti jadwal pengajuan PKL/Riset yang telah ditetapkan di Kalender Akademik. Bila melewati batas tanggal yang telah ditentukan, maka BAAK tidak dapat memproses pengajuan tempat PKL/Riset tersebut.

Permalink.

35. Mengapa tempat PKL/Riset tidak ditentukan dari Kampus ?

Jawab : agar mahasiswa memiliki keleluasaan dalam memilih tempat PKL sehingga mahasiswa dapat menyesuaikan dengan lokasi, jadwal, dan waktu. Kamu dapat mengakses website career center untuk kesempatan magang yang ditawarkan oleh perusahaan atau kamu juga bisa langsung ke career center untuk menanyakan perihal kesempatan magang yang ada.

Permalink.

36. Berapa lama batas waktu PKL dan Riset di perusahaan ?

Jawab : batas waktu untuk PKL dan Riset di perusahaan minimal 1 (Satu) Bulan

Permalink.

37. Apa syarat untuk pengajuan Skripsi/LTA ?

Untuk pengambilan mata kuliah Skripsi/LTA, mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

Nilai IPK ≥ 2,96

  1. Telah lulus ujian PKL
  2. Lulus Mata Kuliah Metodologi Penelitian
  3. * Telah menempuh 124 SKS tanpa nilai D & E untuk S1
  4. * Telah menempuh 93 SKS tanpa nilai D & E untuk D3
  5. TOEFL minimal 350 point dengan dibuktikan sertifikat asli
  6. Sertifikat minimal 5 (lima) buah dengan syarat 3 (tiga) sesuai dengan program studi dan 2 (dua) buah berupa soft skill

Permalink.

52. Apabila saya sudah tidak ada mata kuliah lagi dan hanya menempuh skripsi apakah saya masih wajib melakukan pembayaran semester ?

Jawab : Iya, walaupun Anda sudah tidak ada mata kuliah, anda tetap harus melakukan pembayaran semester. Khusus untuk angkatan 1 sampai dengan angkatan 11, anda dapat meminta memo untuk pembayaran setengah di bagian BAAK.

Permalink.

38. Apa syarat untuk pengajuan Skripsi/LTA baik yang individu maupun berkelompok?

Jawab : Untuk Skrispi / LTA secara individu diperbolehkan untuk mahasiswa dengan IPK > 3,30 dan mahasiswa yang IPK nya ≤ 3,30 wajib Skripsi/LTA secara per kelompok dengan jumlah anggota kelompok maksimal 3 orang.

Permalink.

53. Selama satu semester kemarin, saya nggak aktif kuliah tapi saya nggak melapor cuti atau stop out, bagaimana akademik dan administrasi nya?

Jawab : untuk akademiknya berarti Anda dinyatakan gagal semester dan Anda tetap wajib menyelesaikan administrasi.

Permalink.

39. Bagaimana cara menentukan kelompok untuk Skripsi/LTA ?

Jawab : Anggota kelompok ditentukan sendiri oleh mahasiswa pada saat pengajuan topik ke Ka.Prodi.

Permalink.

40. Bagaimana prosedur pengajuan Skripsi/LTA?

Jawab : Prosedurnya adalah sebagai berikut :

Pendaftaran Riset LTA/Skripsi
     Ambil Memo ke BAAK
     Melakukan pembayaran ke keuangan (biaya Skripsi/LTA)
     Membawa fotokopi kuitansi biaya skripsi/lta + nama dan alamat perusahaan ke BAAK
     Mencetak form topik dan judul LTA/Skripsi dari web portal (support)
     Konsultasi topik dengan kaprodi
Masa Riset & Pengajuan Judul
      Konsultasi judul dengan pembimbing dan mengajukan judul ke kaprodi
      Mengecek jadwal bimbingan di web
Mengikuti Bimbingan Terstruktur PKL sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
Pengumpulan Berkas2 Ujian Komprehensif LTA/Skripsi
      Mencetak form pengajuan ujian dari web portal (support)
      Mengisi form pengajuan ujian
      Mengumpulkan form pengajuan ujian Komprehensif ke BAAK beserta persyaratannya
Pengumuman Jadwal Ujian melalui web portal
Ujian Komprehensif LTA/Skripsi

Permalink.

54. Berapa jumlah keseluruhan sks yang ditempuh Stmik dan Poltek?

Jawab : untuk stmik jumlah keseluruhan 148 sks yang wajib ditempuh dan untuk poltek jumlah keseluruhan 117 sks yang wajib ditempuh.

Permalink.

55. Kenapa sekarang seluruh form harus download sendiri, padahal dulu bisa minta sama baak langsung?

Jawab : itu untuk memudahkan mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak harus datang ke kampus. Form dapat didownload dimana saja baik di rumah, tempat kamu nongkrong maupun di luar kota.

Permalink.

56. Kapan pengumpulan absensi dan nilai PKL dari perusahaan?

Jawab : Pengumpulannya pada saat mengajukan ujian PKL

Permalink.

41. Apa yang harus saya lakukan apabila jadwal bimbingan terstruktur saya bertabrakan dengan jadwal kerja saya ?

Jawab : Anda dapat konsultasikan langsung kepada dosen pembimbing Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

Permalink.

57. Mengapa Nilai PKL saya belum masuk ke worksheet ?

Jawab : Nilai PKL dan seminar PKL mahasiswa akan diinput setelah mahasiswa tersebut telah mengikuti ujian PKL sampai dengan mengumpulkan Buku dan CD PKL ke BAAK, namun apabila nilai PKL atau seminar PKL belum masuk ke worksheet anda sebaiknya anda segera melapor ke bagian BAAK.

Permalink.

42. Apa yang harus saya lakukan apabila nama saya tidak tercantum di absen bimbingan terstruktur ?

Jawab : Sebaiknya anda segera melaporkannya ke bagian BAAK untuk dilakukan crosscek data.

Permalink.

58. Saat ini saya masih mengikuti bimbingan skripsi terstruktur, apakah di semester berikutnya saya masih harus bayaran semester ?

Jawab : kamu tidak lagi melakukan pembayaran semester di semester selanjutnya, tetapi apabila dalam ujian skripsi anda gagal atau tidak lulus maka anda wajib melakukan pembayaran biaya semester selanjutnya dan mengulang proses bimbingan LTA/Skripsi dari awal kembali sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Permalink.

59. Apabila seminar PKL atau sidang (Kompre) LTA/Skripsi saya gagal, apa yang harus saya lakukan?

Jawab :  Apabila seminar PKL atau sidang LTA/Skripsi kamu gagal , maka kamu wajib mengulang proses bimbingan PKL atau LTA/Skripsi dari awal kembali sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Permalink.

43. Dimanakah saya dapat mendownload form konsultasi bimbingan PKL/LTA/Skripsi ?

Jawab : Untuk mendownload form konsultasi bimbingan pkl/skripsi dapat Anda akses di Student Portal dengan dengan cara mendownload di www.palcomtech.com -> student portal -> support -> download. Lalu Anda dapat pilih form yang Anda butuhkan.

Permalink.

44. Apa syarat yang harus saya penuhi untuk mendapat Surat keterangan lulus sementara dan Transkrip nilai sementara ?

Jawab : Anda harus telah dinyatakan lulus ujian komprehensif dan melengkapi semua persyaratan wisuda, mengumpulkan buku laporan skripsi dan cd skripsi serta telah menyelesaikan keseluruhan administrasi.

Permalink.

60. Bagaimana dengan pembayarannya apabila seminar PKL atau sidang (Kompre) LTA/Skripsi saya gagal?

Jawab : Apabila kamu gagal, maka kamu wajib menyelesaikan administrasi kembali sesuai dengan periode pengajuan PKL atau LTA/Skripsi.

Permalink.

61. Berapa kali kesempatan mahasiswa dalam mengikuti seminar PKL atau kompre LTA/Skripsi?

Jawab : Seminar PKL atau kompre LTA/Skripsi hanya dilakukan satu kali. Bila kamu gagal, maka wajib mengulang proses bimbingan dari awal kembali sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. So, pastikan kamu siap untuk menjalankan seminar atau kompre nya yach.

Permalink.

62. Kalau pembayaran wisuda dilakukan sekaligus sewaktu skripsi/LTA, bisa nggak?

Jawab : Bisa, untuk biaya wisuda disesuaikan dengan periode wisuda yang akan dilakukan.  Kamu juga bisa melakukan DP (Down Payment) terlebih dahulu untuk pembayaran wisudanya.

Permalink.

63. Bagaimana caranya untuk mendapatkan KHS?

Jawab : Pencetakan KHS dilakukan dengan Sistem Printing On Demand yaitu pencetakan dilakukan sesuai dengan Permintaan (Request). So, kamu dapat melakukan request terlebih dahulu untuk pengambilan KHS kamu di BAAK.

Permalink.

45. Bagaimanakah caranya agar saya mendapatkan surat keterangan lulus sementara dan transkrip nilai sementara ?

Jawab : Download dahulu form pengajuan surat keterangan kuliah di student portal kemudian di print dan diiisi lalu serahkan ke bagian BAAK untuk di proses dan kemudian jam 14.00 WIB keesokan harinya surat tersebut sudah bisa diambil di bagian BAAK.

Permalink.

64. Jika Saya Request KHS, Kapan saya dapat mengambilnya ?

Jawab : KHS dapat diambil pada pukul 14.00 keesokan harinya pada hari kerja setelah request dilakukan.

Permalink.

66. Bila KHS saya hilang, apakah saya dapat merequest KHS kembali ?

Jawab : bila KHS kamu hilang, kami akan bantu dengan pencetakan KHS Duplicate, namun kamu harus menyelesaikan administrasi terlebih dahulu di bagian keuangan. Caranya kamu melakukan request pencetakan KHS kembali (KHS Duplicate) di BAAK disertai dengan kuitansi pembayaran. Nah, untuk sekali ini, kamu kudu simpan baik-baik ya.

Permalink.

67. Bagaimana jika ID Card saya hilang ?

Jawab : Jika ID Card hilang, kamu bisa merequest untuk cetak ulang id card di divisi baak dengan menyelesaikan administrasinya terlebih dahulu di bagian Keuangan.

Permalink.

68. Berapa SKS maksimal untuk mengikuti Semester Pendek (SP) ?

Jawab : Untuk Semester Pendek (SP)  kamu bisa mendapatkan maksismal 12 SKS.

Permalink.

69. Mengapa worksheet saya tidak bisa di buka di luar PalComTech

Jawab :  dikarenakan adanya pengamanan atau security system online, maka untuk saat ini worksheet belum dapat dibuka di luar area PalComTech.

Permalink.

70. Apabila dalam setengah semester saya dikirim tugas keluar kota dari perusahaan tempat saya bekerja selama kurang lebih satu bulan, bagaimana agar saya bisa tetap ikut ujian akhir semester ?

Jawab : dalam perkuliahan di setiap matakuliah kamu diberikan toleransi maksimal 3 kali pertemuan untuk ketidakhadiran namun apabila telah melebihi dari 3 kali pertemuan maka kamu dianggap gagal dan tidak bisa mengikuti ujian akhir semester.

Permalink.

71. Berapa banyak hardcopy Laporan PKL atau Laporan LTA/Skripsi dikumpulkan ke BAAK?

Jawab : pengumpulan hardcopy laporan PKL atau laporan LTA/Skripsi untuk semua jurusan cukup 2 (dua) buku saja, yaitu 1 (satu) buku untuk perpustakaan (yang dikumpulkan di BAAK) dan 1 (satu) lagi untuk mahasiswa yang bersangkutan.

Permalink.

72. Apa warna buku untuk hardcopy laporan PKL atau laporan LTA/Skripsi STMIK atau Poltek ?

Jawab : Cover laporan PKL maupun laporan Skripsi untuk prodi TI berwarna Cokelat dan SI berwarna Hijau, sedangkan untuk prodi MI baik laporan PKL maupun laporan LTA covernya berwarna Merah, AK berwarna orange dan DKV berwarna biru.

Permalink.

73. Masih berlakukah syarat untuk mengikuti ujian Proposal dengan mengikuti seminar proposal sampai dengan 8x pertemuan?

Jawab : syarat tersebut tidak berlaku lagi, namun kamu tetap n kudu mengikuti semua prosedur yang ada selama bimbingan terstruktur. Untuk lebih jelasnya mengenai skripsi/lta atau pkl kamu dapat membacanya di panduan yang dapat diunduh di student portal.

Permalink.

74. Bagaimana caranya jika ingin meminjam buku di perpustakaan?

Jawab : hanya dengan menyerahkan ID Card kamu kepada petugas perpustakaan sampai batas peminjaman buku di Perpustakaan.

Permalink.

75. Mengapa kalau meminjam buku di Perpustakaan harus menggunakan ID Card?

Jawab : Peminjaman buku perpustakaan hanya dikhususkan untuk mahasiswa PalComTech dan Id Card itu adalah identitas diri kamu sebagai mahasiswa PalComTech.

Permalink.

76. Berapa Eksemplar buku yang bisa di pinjam di Perpustakaan ?

Jawab : kamu bisa meminjam maksimal 1 Eksemplar untuk satu kali peminjaman

Permalink.

77. Berapa lama batas waktu untuk peminjaman buku di perpustakaan ?

Jawab : kamu diberikan waktu selama 3 hari untuk satu kali peminjaman buku. So, manfaatkan baik-baik yach waktunya.

Permalink.

78. Bagaimana bila saya melewati batas waktu peminjaman buku?

Jawab : bila kamu ingin meminjam buku yang sama kembali. Kamu dapat melapor kepada petugas perpustakaan untuk memperpanjang waktu peminjaman buku. Agar kamu gak kena denda. Perpanjangan peminjaman buku diberikan kesempatan hanya satu kali, agar teman-teman kamu yang lain juga mendapatkan kesempatan untuk membaca buku tersebut.

Permalink.

79. Apakah laporan skripsi/LTA boleh dipinjam?

Jawab: laporan skrispi/LTA hanya boleh dibaca di dalam ruangan perpustakaan saja.

Permalink.

80. Apa saja syarat untuk menjadi Member Career Centre ?

Jawab : Kamu cukup mengisi Formulir dengan melengkapi Pas Photo ukuran 3×4 (1 Lembar) dan bisa langsung di serahkan ke bagian Career Centre.

Permalink.

81. Apakah Career Centre juga terbuka untuk Umum ?

Jawab : Yups benar sekali, Career Centre juga terbuka untuk umum. Bila ada temen, saudara atau keluarga kamu yang mau memasukkan curicullum vitae (CV) nya, silahkan langsung dibawa ke divisi career centre.

Permalink.

82. Berkas apa saja yang harus dilengkapi untuk melamar pekerjaan ?

Jawab : Cukup melampirkan Curriculum Vitae (CV), Fotocopy Identitas, Foto berwarna 3×4, Ijazah dan Sertifikat Terakhir

Permalink.

83. Jika ingin melamar pekerjaan, cara berpakaian yang rapi itu yang bagaimana sih agar Perusahaan cepat menerima calon pelamar tersebut ?

Jawab : Jika kamu cewek : memakai Make-Up, rambut tersisir rapi, Baju kemeja, Rok pendek sebatas dengkul atau rok panjang (untuk yang berjilbab) dan sepatu High Heel.

Jika kamu Cowok:  Rambut rapi sebaiknya tidak panjang dan tidak di cat warna, Baju kemeja, Celana kain Panjang sebaiknya berwarna hitam, Sepatu vantofel Hitam.

Permalink.

84. Jika mengikuti Walk In Interview dari perusahaan yang diadakan di Kampus STMIK-Poltek PalComTech, apakah langsung diterima kerja oleh perusahaan tersebut?

Jawab : diterima atau tidaknya kamu, itu tergantung dari kebutuhan perusahaan tersebut. Tentunya kamu harus mengikuti keseluruhan tes yang sudah ditentukan oleh perusahaan tersebut seperti tes tertulis, tes seleksi wawancara, dsb. Jangan patah semangat, yang penting kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik.

Permalink.

85. Apakah mahasiswa jurusan Sistem Informasi, juga mendapatkan mata kuliah Seminar Teknologi?

Jawab : iya, karena di kurikulum baru (khusus untuk angkatan 11 keatas) juga ada mata kuliah Seminar Teknologi pada jurusan Sistem Informasi, namun untuk kurikulum lama tidak ada pada jurusan Sistem Informasi, hanya ada di jurusan Teknik Informatika.

Permalink.

86. Dimanakah saya bisa mendapatkan info jadwal mengajar dosen ?

Jawab :  kamu  dapat mengakses jadwal belajar mengajar untuk semester yang berjalan  di student portal -> jadwal belajar semester yang berjalan atau kamu bisa search dengan kata kunci jadwal belajar ato juga kamu dapat langsung klik di banner yang berjudul “denah KBM”. mudah khan ^0^

Permalink.

87. Bagaimana caranya bila saya mau mengikuti program MGM (Member Get Member) ?

Jawab : caranya mudah koq, segera ajak temen, sodara, tetangga kamu untuk daftar di palcomtech. Kemudian beritahu kepada petugas AO kata kunci “MGM” dan terakhir kamu tinggal tanda tangan di form pendaftaran mahasiswa baru temen kamu. Nah sekarang tinggal kamu mengambil bonus nya di bulan depan. Mudah khan.. so segera ikuti program MGM…

Permalink.

88. Apakah ada syaratnya untuk mengikuti program MGM ?

Jawab : syaratnya mudah koq, yang penting kamu adalah mahasiswa/siswa aktif yang kuliah di PalComTech ataupun alumni PalComTech.

Permalink.

89. Bila saya mahasiswa STMIK PalComTech mengajak temen saya mendaftar di program proffesional 1 tahun PalComTech. apakah saya tetap bisa mengikuti program MGM ?

Jawab : tentu dong. Kamu tetep berhak mendapatkan bonus MGM meskipun temen kamu mendaftar dan aktif di proffesional 1 tahun PalComTech.

Permalink.

90. Kapan pencairan bonus MGM (Member Get Member) ?

Jawab : MGM dibagikan setiap bulannya. Untuk informasi kapan kamu bisa mengambil bonus MGM, dapat mengaksesnya di student portal.

Permalink.

91. Dimana saya dapat mengambil bonus MGM ?

Jawab : kamu bisa mengambil bonus MGM di loket keuangan pada pukul 09.00 s.d 15.30

Permalink.

92. Apakah ada batas waktu untuk pengambilan bonus MGM ?

Jawab : Batas pengambilan bonus MGM ditunggu paling lambat 2 bulan dari periode pencairan dana, bila lewat dari batas ketentuan maka MGM hangus.

Permalink.

93. Bolehkah pengambilan bonus MGM diwakilkan oleh teman/saudara?

Jawab : Sebaiknya kamu mengambilnya sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemalsuan identitas.

Permalink.

94. Bagaimana caranya apabila saya ingin merubah pembayaran dari program cicilan ke semester?

Jawab : caranya mudah, kamu bisa langsung ke keuangan untuk meminta diubah dari program cicilan ke semester

Permalink.

95. Berkas – berkas apa saja yang perlu dilengkapi saat pengajuan ujian PKL ?

Jawab : Berkas – berkas yang wajib kamu lengkapi adalah sbb :

  • laporan pkl 2 rangkap masing-masing dalam map kuning dikumpul ke baak, 1 rangkap dalam map kuning untuk mahasiswa. Cover map kuning diberi label berisi nama, prodi, npm dan jenis ujian
  • Form konsultasi bimbingan PKL yang asli
  • Surat pernyataan ujian diatas materai
  • Form nilai asli dari perusahaan tempat pkl dilaksanakan (ditandatangi oleh pembimbing dari tempat pkl dan dibubuhi cap perusahaan)
  • Form absensi asli dari perusahaan tempat pkl dilaksanakan (ditandatangi oleh pembimbing dari tempat pkl dan dibubuhi cap perusahaan)
  • Surat Balasan PKL
  • Form Topik & Judul PKL yang telah disetujui oleh KaProdi, Pembimbing dan Puket 1.

Permalink.

96. Saat ujian PKL, seragam apa yang wajib saya pakai ?

Jawab : Seragam pada saat ujian (cowok : kemeja putih, jaket palcom, celana bahan warna hitam, sepatu hitam, cewek : kemeja putih, jaket palcom, rok hitam, sepatu hitam). Ingat yach, membawa flasdisk/bahan yang akan diuji dan siapkanlah dirimu dengan sebaik – baiknya (minimal 1 (satu) jam sebelumnya sudah stand by di kampus STMIK/POLTEK PalComTech.

Permalink.

97. Dimana saya bisa mengetahui nilai dan revisi apa saja yang wajib saya perbaiki setelah ujian PKL ?

Jawab : setelah ujian PKL, dosen penguji langsung memberitahukan LULUS atau TIDAK nya kamu di ruang ujian dan nilai yang kamu dapatkan serta form revisi sebagai acuan perbaikan laporan PKL kamu.

Permalink.

98. Apakah saya masih bisa melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing setelah Ujian PKL untuk perbaikan laporan PKL?

Jawab : kamu tetap dapat melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing untuk melakukan revisi laporan PKL. So, setelah ujian segera temui dosen pembimbing mu untuk melakukan revisi laporan PKL.

Permalink.

99. Apakah form revisi asli perlu dikumpulkan kembali ke BAAK ?

Jawab : Form revisi asli tidak perlu dikumpulkan ke BAAK cukup dilampirkan saja di Buku Laporan PKL. Tentunya setelah kamu menyelesaikan revisi yach, dan telah disetujui oleh dosen pembimbing dan dosen penguji.

Permalink.

100. Berkas – berkas apa saja yang perlu dilengkapi saat pengajuan Sidang LTA/Skripsi ?

Jawab : Berkas – berkas yang wajib kamu lengkapi adalah sbb :

  • laporan skripsi/lta 2 rangkap masing-masing dalam map kuning dikumpul ke baak, dan 1 rangkap dalam map kuning untuk mahasiswa. Cover map kuning diberi label berisi nama, prodi, npm dan jenis ujian
  • Form bimbingan yang aslitelah diisi dan ditandatangani oleh dosen pembimbing
  • Surat pernyataan ujian skripsi/LTA diatas materaidapat didownload di student portal
  • Surat balasan riset dari perusahaan/instansi tempat dilakukan riset yang menyatakan mahasiswa yang bersangkutan diizinkan untuk melakukan riset
  • Form topik dan judul skripsi/LTA yang telah disetujui oleh Pembimbing, kaprodi dan puket 1.
  • Form Revisi Ujian Proposal yang telah ditandatangani dosen pembimbing
  • Persyaratan wisuda seperti buku sumbangan, ijazah SMA yang dilegalisir (cap basah), kuisioner alumni, form pendaftaran wisudawan, pas photo untuk laki-laki memakai jas, untuk perempuan memakai kebaya (ukuran 4×6=2 3×4=2), dan transkrip 1 tahun.
  • BAAK mengecek kelulusan opdik mahasiswa tsb

Permalink.

101. Bagaimana caranya bila saya mau mendapatkan informasi mengenai biaya apa saja yang wajib saya bayarkan selama kuliah di STMIK/POLTEK PalComTech ?

Jawab : kamu langsung aja ke keuangan untuk mendapatkan semua informasi mengenai pembiayaan yang wajib kamu bayarkan selama kuliah di STMIK/POLTEK PalComTech

Permalink.

102. Apabila saya telah membayar biaya PKL/skripsi/LTA, apakah saya masih harus membayar biaya ujian PKL/sidang LTA/Skripsi ?

Jawab : kamu gak perlu membayar biaya ujian PKL/Skripsi/LTA lagi. Cukup membayar biaya PKL/Skripsi/LTA saja.

Permalink.

103. Bagaimana prosesnya apabila Ijazah dan Transkrip nilai rusak/hilang?

Jawab : Apabila Ijazah/Transkrip rusak/hilang itu tidak bisa dicetak ulang, karena pencetakan tersebut hanya dilakukan satu kali. Solusinya, BAAK hanya bisa memberikan fotocopyan ijazah dan transkrip tersebut sebanyak masing-masing satu lembar. Dengan catatan harus menyertakan surat keterangan hilang dari Kepolisian.

Permalink.

104. Bagaimana caranya untuk mendapatkan surat keterangan kuliah ?

Jawab : download terlebih dahulu form pengajuan surat keterangan kuliah di student portal, kemudian print dan diiisi lalu diserahkan ke bagian BAAK untuk di proses dan kemudian jam 14.00 wib keesokan harinya pada hari kerja, surat tersebut sudah bisa diambil di bagian BAAK.

Permalink.

105. Berapa kali Saya bisa mengajukan surat keterangan kuliah ?

Jawab : pengajuan surat keterangan kuliah dapat dilakukan sebanyak satu kali dalam satu semester.

Permalink.

106. Bagaimana apabila dalam satu semester Saya perlu surat keterangan kuliah lebih dari satu ?

Jawab : Apabila dalam satu semester ada memerlukan surat keterangan kuliah lebih dari satu anda dapat mengcopy-nya kemudian surat tersebut dapat dilegalisir.

Permalink.

107. Bagaimanakah caranya mengajukan legalisir ?

Jawab : Fotocopy terlebih dahulu berkas yang akan dilegalisir kemudian anda registrasi terlebih dahulu dengan membayar biaya administrasi legalisir di bagian keuangan lalu kwitansi pembayaran biaya legalisir dan berkas yang akan dilegalisir anda serahkan ke bagian BAAK untuk kemudian di proses dan kemudian jam 14.00 wib keesokan harinya pada hari kerja, legalisir tersebut sudah bisa anda ambil dibagian baak.

Permalink.

108. Apabila Saya telah Ujian Kompre dan telah mennyerahkan buku dan CD laporan, apakah saya sudah bisa mendapatkan transkrip nilai dan ijazah untuk melamar kerja ?

Jawab : Untuk ijazah dan transkrip nilai hanya bisa diambil setelah wisuda.Tapi Anda akan dibantu dengan diberikannya surat keterangan lulus sementara dan transkrip nilai sementara.

Permalink.

109. TOEFL itu apa sich?

Jawab : TOEFL merupakan singkatan dari “Test of English as a Foreign Language” yaitu tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes ini dikembangkan dan diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berkedudukan di Amerika Serikat dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964.

Permalink.

110. Apakah TOEFL itu wajib ?

Jawab : Iya, karena TOEFL atau setara dengan TOEFL adalah salah satu syarat pengajuan Ujian Komprehensif.

Permalink.

111. Mengapa kita harus mengikuti TOEFL ?

Jawab : Selain sebagai syarat wajib untuk pengajuan berkas ujian Skripsi, TOEFL juga bermanfaat untuk melamar kerja dan pengetahuan serta wawasan Bahasa Asing.

Permalink.

112. Bagaimana caranya untuk mengikuti TOEFL?

Jawab : Anda dapat melakukan registrasi pembayaran di bagian keuangan dengan membayar administrasi kemudian untuk info jadwalnya dapat anda akses di student portal.

Permalink.

113. Dimanakah tempat tes bahasa inggris (TOEFL atau setara dengan TOEFL) yang diakui oleh STMIK-Politeknik PalComTech?

Jawab: Sesuai dengan edaran dari Ketua/Direktur STMIK-Politeknik PalComTech, Tempat tes bahasa inggris yang diakui oleh STMIK-Politeknik PalComTech adalah Lembaga Bahasa Unsri.

Permalink.

115. Jika saya udah ikut TOEFL atau setara dengan TOEFL, apa yang saya dapatkan?

Jawab : Anda akan mendapatkan sertifikat yang telah dilampirkan score hasil tes TOEFL atau setara dengan TOEFLanda. Sertifikat dapat diambil di bagian BAAK. Informasi pengambilan sertifikat akan diinformasikan di student portal.

Permalink.

116. Apakah nanti Sertifikat asli hasil TOEFL atau setara dengan TOEFL dikumpulkan ?

Jawab : Tidak, pada saat pengajuan ujian komprehensif, Anda cukup mengumpulkan fotokopian-nya saja dan menunjukkan sertifikat aslinya ke bagian BAAK.

Permalink.

117. Berapa lama masa berlaku sertifikat TOEFL atau setara dengan TOEFL?

Jawab : Sertifikat TOEFL atau setara dengan TOEFL berlaku sampai 6 bulan.

Permalink.

118. Bagaimana bila sertifikat tersebut sudah lewat dari masa berlaku?

Jawab : Apabila sertifikat tersebut sudah lewat dari masa berlaku, sertifikat tersebut masih berlaku dan dapat diajukan sebagai persyaratan pengajuan ujian skripsi/LTA selama mahasiswa tersebut aktif perkuliahan.

Permalink.

119. Bagaimana bila sertifikat TOEFL atau setara dengan TOEFL hilang?

Jawab : Apabila sertifikat TOEFL atau setara dengan TOEFL hilang maka Anda wajib daftar ulang dan mengikuti tes TOEFL atau setara dengan TOEFLkembali.

Permalink.

120. Bila saya mempunyai sertifikasi lain selain TOEFL atau setara dengan TOEFL, apakah dapat digunakan?

Jawab : Bisa, tapi sertifikat TOEFL atau setara dengan TOEFLpada lembaga bahasa unsri tetap wajib ada.

Permalink.

121. Berapa banyak sertifikat seminar yang wajib saya ikuti untuk syarat pengajuan skripsi/LTA?

Jawab : Minimal 5 (lima) sertifikat seminar sebagai prasyarat pengajuan ujian komprehensif. Namun, ada baiknya kita dapat meluangkan waktu untuk mengikuti seminar atau workshop yang ada untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita yang tidak hanya didapat di bangku kuliah ^-^

Permalink.

122. Mengapa kita harus mengikuti seminar?

Jawab : Seminar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang akademik maupun non-akademik dan kepribadian mahasiswa tersebut serta menambah wawasan mahasiswa.

Permalink.

123. Apakah Sertifikat ASLI yang dikumpulkan pada saat pengajuan skripsi?

Jawab : Tidak, pada saat pengajuan ujian komprehensif, Anda cukup mengumpulkan fotokopian-nya saja dan menunjukkan sertifikat aslinya ke bagian BAAK.

Permalink.

124. Apa saja persyaratan untuk mengikuti wisuda?

Jawab :

  • Pasfoto warna 3×4 (3 lembar) dan 4×6 (3 lembar)
  • Ijazah SMA/SMK yang telah dilegalisir CAP BASAH
  • Buku sumbangan, tahun terbit minimal 2 tahun sebelum tahun wisuda
  • Mengumpulkan form wisudawan dan form kuisioner yang telah diisi. Form wisudawan dan form kuisioner dapat didownload di student portal.

Permalink.

125. Apa sajakah yang biasanya ditanyakan oleh dosen penguji pada saat ujian komprehensif Skripsi atau LTA ?

Jawab : Biasanya dosen penguji akan menanyakan perihal Skripsi/LTA yang ditulis oleh mahasiswa yang melakukan presentasi baik dari latar belakang, permasalahan, kerangka pemikiran, ketajaman analisa dan manfaat atau kegunaan kepada pihak-pihak terkait dari skipsi/LTA yang kamu buat. So pastikan kamu menguasai laporan yang kamu buat yach, berikut juga referensi dari laporan kamu.. CEMUNGUD ^0^

Permalink.

126. Mengapa sekarang ada ujian proposal?

Jawab: proposal dan ujian proposal dilakukan kembali untuk membantu mengarahkan mahasiswa dalam pembuatan skripsi/LTA, sehingga pada saat ujian komprehensif kamu gak kagok lagi dan kamu udah ada arahan untuk hasil karya maupun penulisan skripsi/LTA kamu. So, lebih enak kan sekarang. (pilih mana hayo, saat kompre bingung atau saat proposal udh ada arahan ;p )

Permalink.

47. Kapan Semester Pendek dibuka pendaftarannya ?

Jawab : Semester pendek dilakukan 2 (dua) kali dalam satu tahun, yaitu setelah semester ganjil atau semester genap berakhir. Pendaftaran dan Jadwal Perkuliahan Semester Pendek dapat dilihat di kalender akademik.

Permalink.

48. Apa yang harus saya lakukan apabila saya ingin mengganti judul PKL/LTA/Skripsi saya ?

Jawab : Untuk pergantian judul, Anda harus mengajukan ulang judul baru ke pembimbing dan kaprodi lalu akan disetujui oleh pembantu ketua 1. Kemudian  form yang asli diserahkan ke bagian BAAK pada saat pengajuan ujian. Namun, tetap memperhatikan jadwal pengajuan judul ya, yang dapat anda lihat di kalender akademik.

Permalink.

49. Mengapa Jadwal Bimbingan terstruktur saya belum ada ?

Jawab : Kemungkinan ada kelengkapan administrasi yg kurang sehingga nama Anda belum bisa diinput, dan sebaiknya Anda segera mengkonfirmasikannya ke bagian BAAK.

Permalink.

50. Berapa kali batas izin saya untuk tidak mengikuti bimbingan terstruktur PKL/LTA/Skripsi ?

Jawab : Minimal kehadiran yaitu 80%, untuk bimbingan PKL hanya bisa izin untuk tidak mengikuti bimbingan terstrutktur sebanyak maksimal 2 kali dan untuk bimbingan LTA/Skripsi hanya bisa izin untuk tidak mengikuti bimbingan terstruktur sebanyak maksimal 3 kali, apabila melebihi maka Bimbingan dinyatakan Gagal. So, guys yang rajin yach ikut bimbingannya, agar kita bisa memastikan bahwa laporan yang kita buat itu udah okay ^*^

Permalink.

127. Bagaimana penilaian pada Bimbingan Terstruktur Skripsi/LTA?

Jawab : kehadiran bimbingan terstruktur dan kelayakan skripsi/LTA yang kamu buat merupakan salah satu penilaian bagi dosen pembimbing untukmerekomendasi kelayakan kamu mengikuti ujian Komprehensif. So, yang serius yach ^-*

Permalink.

128. Saya mahasiswa semester 2 (dua), apakah di semester depan saya dapat mengikuti Semester pendek ?

Jawab : Bisa, minimal kamu telah menempuh 2(dua) semester, kamu dapat mengikuti semester pendek. Lihat kalender akademik ya untuk jadwal request maupun pendaftaran semester pendeknya.

Permalink.

129. Saya mahasiswa angkatan 12, apakah saya dapat mengambil mata kuliah semester pendek untuk semester atas?

Jawab : Iya bisa, untuk mahasiswa angkatan 12 dan 12 keatas dapat mengikuti Semester Pendek untuk memperbaiki nilai pada semester 1, 2, atau mengambil matakuliah semester 3 keatas yang sesuai kurikulum serta prasyarat pada matakuliah tersebut.

Permalink.

130. Apa sich kurikulum itu?

Jawab : Kurikulum adalah kumpulan matakuliah yang diberikan kepada peserta didik secara teoretis maupun praktik selama mengikuti suatu proses pendidikan.

Permalink.

131. Apa sich SKS itu?

Jawab: SKS merupakan singkatan dari Satuan Kredit Semester. Setiap mata kuliah memiliki bobot SKS berbeda. Ada mata kuliah yang berbobot dua, tiga, maupun empat SKS. Dalam satu semester maksimal 24 SKS.

Permalink.

132. Bagaimana cara menghitung total sks yang sekarang ditempuh?

Jawab: caranya mudah, kamu tinggal menghitung total jumlah sks pada matakuliah yang kamu tempuh. Misal pada semester ini kamu mendapatkan matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer (4 SKS) dan Agama (2 SKS), maka semester ini kamu mendapatkan total 6 SKS.

Permalink.

133. Bagaimana caranya dapat mengetahui total SKS yang didapat untuk semester depan?

Jawab: Untuk mengetahui total SKS yang didapat di semester depan yaitu kamu harus tau dulu berapa IP semester kamu, nah kalo sudah tau baru silakan lihat tabel di bawah ini yaa..

IP Range SKS
>=3.00 24 sks
>=2.75 /sd <3.00 21 sks
>=2.5 s/d <2.75 18 sks
>2.00 s/d <2.5 15 sks
<2.00 12 sks

Permalink.

134. Apa sich indeks prestasi itu?

Jawab: Indeks Prestasi adalah total nilai selama satu semester dengan range 0,00 s.d 4,00.

Permalink.

135. Apa bedanya Indeks Prestasi Semester (IP) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)?

Jawab: IP adalah indeks prestasi kamu untuk semester yang berjalan. Sedangkan IPK adalah indeks prestasi dari total keseluruhan semester yang telah kamu tempuh.

Permalink.

136. Bagaimana cara menghitung Indeks Prestasi Semester?

Jawab : Indeks Prestasi Semeter dapat di hitung dengan cara Jumlah bobot nilai (keseluruhan SKS x NA) dibagi dengan Jumlah SKS yang ditempuh.

Permalink.

137. Bagaimana cara menghitung Indeks Prestasi Kumulatif ?

Jawab : Indeks Prestasi Kumulatif dapat dihitung dengan cara Jumlah Bobot nilai (keseluruhan SKS x NA) dibagi Jumlah Total SKS.

Permalink.

138. Bagaimana caranya saya melihat jadwal kuliah diworksheet mahasiswa (euniversity)?

Jawab : Anda bisa Login terlebih dahulu di worksheet euniversity, lalu di bagian Akademik, Anda klik ‘Jadwal Belajar’ kemudian akan muncul jadwal belajar kamu untuk semester yang sedang aktif.

Permalink.

139. Bagaimana caranya saya melihat kurikulum yang berlaku di worksheet mahasiswa (euniversity)?

Jawab : Anda bisa Login terlebih dahulu di worksheet euniversity, lalu di bagian Akademik, Anda klik ‘Kurikulum’ kemudian akan muncul mata kuliah sesuai kurikulum untuk setiap semesternya.

Permalink.

140. Bagaimana caranya saya melihat materi yang diajarkan setiap pertemuannya di worksheet mahasiswa (euniversity)?

Jawab : Anda bisa Login terlebih dahulu di worksheet euniversity, lalu di bagian Akademik, Anda klik ‘Kurikulum’ kemudian akan muncul mata kuliah sesuai kurikulum untuk setiap semesternya. Lalu klik pada matakuliah tersebut, maka akan muncul materi yang diajarkan setiap pertemuannya.

Permalink.

141. Bagaimana caranya untuk melihat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk setiap materi yang ditempuh di worksheet mahasiswa (euniversity)?

Jawab : Anda bisa Login terlebih dahulu di worksheet euniversity, lalu di bagian Akademik, Anda klik ‘Kurikulum’ kemudian akan muncul mata kuliah sesuai kurikulum untuk setiap semesternya. Lalu klik pada RPP untuk matakuliah yang diingikan.

Permalink.

142. Dimanakah saya dapat melihat nilai mata kuliah yang telah saya tempuh ?

Jawab : Anda bisa Login terlebih dahulu di worksheet euniversity, lalu di bagian Akademik, Anda klik “Data nilai”.

Permalink.

143. Apabila saya mau melihat detil nilai yang telah saya tempuh. Dimanakah saya dapat mengaksesnya?

Jawab : Anda bisa Login terlebih dahulu di worksheet euniversity, lalu di bagian Akademik, Anda klik “nilai” maka akan muncul detil nilai dari nilai tugas kelas, tugas mandiri, uts, uas sampai dengan nilai akhirnya.

Permalink.

144. Nilai mata kuliah “Praktek Basis Data”saya adalah B, tapi Semester ini saya mengikuti perbaikan. Jika pada saat perbaikan mata kuliah tersebut saya mendapatkan nilai C, nilai saya jadi bagaimana. Apakah tetap pada Nilai B atau nilai C yang saya dapat ?

Jawab : Nilai yang akan diambil adalah nilai yang terbesar. Jadi bukan nilai C yang kamu dapat, tetapi tetap pada nilai B. Tapi sayang kan, klo udah perbaikan tapi kamu malahan mendapatkan nilai lebih kecil, so mumpung masih ada waktu, kejar agar kamu bisa dapat nilai A, agar IPK kamu bisa terangkat.

Permalink.

145. Saya semester akhir dan mata kuliah saya sudah habis, tapi mengapa di Worksheet saya masih banyak mata kuliah belum di ambil.

Jawab : Jika di worksheet kamu terdapat Kode ST11 atau TI11 abaikan saja, karena systemnya sedang dalam proses perbaikan.

Permalink.

146. Syarat apa saja yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti ujian proposal?

Jawab : kamu cukup menyiapkan file untuk Presentasi yg berupa Power point dengan membawa berkas proposal, menyerahkan form proposal yg telah diisi oleh mahasiswa, dan untuk penampilannya, wajib memakai baju kemeja putih dan celana/rok hitam. Dan yang paling penting adalah kamu mempersiapkan diri untuk penguasaan materi, ada baiknya kamu juga membawa data pendukung.

Permalink.

147. Apakah ujian proposal mempengaruhi kelulusan Skripsi/LTA?

Jawab : Ujian proposal wajib diikuti oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian komprehensif.

Permalink.

149. Bagaimana caranya saya mengetahui siapa Dosen Pembimbing Akademik?

Jawab : untuk mengetahui Dosen Pembimbing Akademik mahasiswa dapat melihat berita di Student Portal mengenai jadwal bimbingan dosen pembimbing akademik.

Permalink.

150. Kapan jadwal saya dapat bertemu Dosen Pembimbing Akademik?

Jawab : Jika kamu sudah mengetahui Dosen Pembimbing akademik kamu, di jadwal tersebut sudah tertera Jadwal Dosen Pembimbing akademik baik Hari dan waktu nya. Misalnya Dosen pembimbing akademik kamu Ibu Adelin, S.T hari Kamis jam 15.00 – 16.00 WIB. Maka di Jam-jam tersebut kamu bisa bertemu dengan Dosen pembimbing akademik.

Permalink.

151. Apakah saya boleh memilih sendiri siapa Dosen Pembimbing Akademik?

Jawab : Untuk Dosen pembimbing akademik ditentukan langsung oleh STMIK-Politeknik PalComTech.

Permalink.

Akademik

Akademik

Akademik & Kemahasiswaan

1. Bisakah kita mendaftar secara online menjadi mahasiswa baru di STMIK PalComTech Palembang?

Jawab :
Tentu saja bisa anda dapat mendaftar menjadi mahasiswa baru dengan mengakses http://pmb.palcomtech.com/register/

Permalink.

2. Kampus STMIK PalComTech Palembang bisa diakses lewat mana?

Jawab :

Kampus kami terletak diwilayah yang sangat strategis. Dilewati angkutan umum dari berbagai daerah asal.

Permalink.

3. Bagaimana fasilitas yang di milik Kampus STMIK PalComTech Palembang?

Jawab :
Fasilitas yang kami punya sangat memadai diantaranya adalah gedung kampus milik sendiri, laboratorium penunjang kuliah, akses hotspot gratis, sarana parkir, sarana ibadah, serta ATM BCA & ATM BNI yang masih dalam satu lokasi.

Permalink.

4. Program Studi apa saja yang ada di Kampus STMIK PalComTech Palembang?

Jawab :

Program Studi Teknik Informatika  & Program Studi Sistem Informasi

Permalink.

5. Apa perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi?

Jawab :
Untuk melihat perbedaannya bisa dengan mengakses http://pmb.palcomtech.com/2010/08/teknik-informatika-s1/ & http://pmb.palcomtech.com/2010/08/sistem-informasi-s1/

Permalink.

6. Berapa lama masa studi untuk Program Sarjana?

Jawab :

Normalnya, mahasiswa bisa menyelesaikan studi di STMIK PalComTech Palembang dalam waktu 8 semester. Akan tetapi mahasiswa juga bisa menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih pendek maupun lebih lama, tergantung prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.

Permalink.

7. Apakah STMIK PalComTech Palembang menerima Mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain?

Jawab :

STMIK PalComTech Palembang menerima mahasiswa pindahan dengan mengikuti ketentuan yang ada.

Permalink.

8. Apakah Program Sarjana Reguler ini sudah terakreditasi?

Jawab :
Program Studi Teknik Informatika sudah terakreditasi B & Program Studi Sistem Informasi sudah terakreditasi C.

Permalink.

9. Di mana lokasi perkuliahannya?

Jawab :

Perkuliahan dilakukan di PalComTech Basuki Rahmat Palembang & PalComTech Sudirman Palembang.

Permalink.

11. Apakah tersedia beasiswa bagi Mahasiswa yang diterima?

Jawab :
Terdapat beberapa beasiswa dari Pemerintah bagi yang diterima, seperti PPA, BBM, dll.

 

Permalink.

12. Berapa lama seorang Mahasiswa S1 atau D3 dapat mengambil cuti akademik?

Jawab :

Seorang mahasiswa S1 dapat mengambil cuti akademik sebanyak-banyaknya 4 semester dan sekurang-kurangnya 1 semester, dengan catatan bahwa cuti tersebut tidak boleh diambil lebih dari dua semester berturut-turut. Untuk mahasiswa D3 dapat mengambil cuti akademik sebanyak-banyaknya 2 semester, dan sekurang-kurangnya 1 semester

Permalink.

14. Apakah pengurusan cuti akademik dapat diwakilkan atau diurus oleh orang lain?

Jawab :
Pengurusan cuti akademik dapat diwakilkan atau diurus oleh orang lain, dengan ketentuan semua persyaratan untuk pengurusan cuti akademik telah lengkap.

Permalink.

15. Apakah pengrurusan cuti akademik itu sulit dan memerlukan waktu yang lama?

Jawab :

Pengurusan cuti tidak sulit dan hanya memerlukan waktu satu hari jika semua persyaratan telah dibawa dan terpenuhi.

Permalink.

16. Apakah saya masih dapat mengurus cuti akademik jika pengurusan cuti akademik sudah berakhir?

Jawab :

Tidak bisa, karena pengurusan cuti akademik ada batas akhirnya.

Permalink.

17. Saya tidak dapat mengikuti UTS satu hari karena sakit tapi tidak dirawat di rumah sakit, bisakah saya mengikuti ujian susulan?

Jawab :
Tidak bisa. Karena Ujian Susulan dipertimbangkan akan diadakan untuk mahasiswa yang mempunyai alasan yang sangat khusus, yaitu :

  1. Mahasiswa yang bersangkutan sakit dan dirawat di rumah sakit
  2. Mahasiswa yang orang tua atau saudara sekandungnya meninggal dunia
  3. Mahasiswa menunaikan ibadah haji atau umroh

Permalink.

18. Kemarin saya tidak dapat mengikuti UAS karena salah mencatat jadwal UAS, bolehkah saya mengikuti ujian susulan?

Jawab :

Tidak boleh, karena alasan anda tidak termasuk salah satu alasan untuk mahasiswa yang dapat mengajukan ujian susulan.

Permalink.

19. Saya merasa bisa mengerjakan ujian dengan baik, tetapi mengapa nilai di KHS tidak memuaskan?

Jawab :

Nilai tidak hanya ditentukan apakah anda merasa bisa atau tidak bisa mengerjakan ujian tetapi penilaian obyektif dari dosen yang bersangkutan. Ka.Prodi. & BAAK bisa membantu untuk melihat nilai UTS, UAS maupun nilai Penunjang secara transparan, tetapi seandainya masih tidak puas silahkan menghubungi dosen yang bersangkutan.

Permalink.

20. Dosen saya mengatakan bahwa tidak akan ada nilai jelek di kelas ini tetapi mengapa nilai saya tidak seperti yang dikatakan oleh Dosen tersebut?

Jawab :
Nilai ditentukan tidak berdasarkan apa yang dijanjikan oleh dosen anda, tetapi didasarkan pada nilai yang diinput oleh dosen tersebut. Jadi yakinlah pada kemampuan anda bukan pada janji dosen anda.

Permalink.

21. Ketika pertamakali mengambil mata kuliah tertentu nilai saya D, kemudian saya mengulang mendapat nilai E. Mengapa bisa begitu dan nilai mana yang masuk dalam transkrip?

Jawab :

Biasanya mahasiswa yang mengulang merasa tidak perlu mengikuti kuliah lagi untuk matakuliah yang diulang. Pemahaman seperti itu salah. Jadi seandainya anda mengulang ikuti perkuliahan dengan baik sehingga nilai akan menjadi lebih baik. Nilai yang masuk transkrip adalah nilai terbaik, dan tidak mungkin nilai E masuk ke transkrip

Permalink.

22. Apa kiat-kiat belajar, sehingga lulus dengan baik dari jurusan?

Jawab :

Banyak membaca buku dan majalah terkait IT. Jadikanlah membaca itu sebagai hobby kita.  Berlatih dan kuasai benar pemrograman dan bahasa pemrogramannya. Manfaatkan perpustakaan dengan baik. Manfaatkan informasi dari internet, terutama informasi/resources materi kuliah, paper, riset dari universitas-universitas terkenal baik dalam maupun luar negeri ataupun dari lembaga-lembaga riset. Tingkatkan lama waktu belajar di rumah (minimal sehari 5 jam).

Permalink.

23. Apakah ada usaha-usaha jurusan dalam rangka menjamin lulusannya akan siap pakai dan mudah mendapatkan kerja?

Jawab :

Senantiasa mengupdate kurikulum setiap empat tahun sekali dengan memperhatikan kebutuhan pasar/dunia kerja. Senantiasa mengupdate tema-tema penelitian penulisan ilmiah dan skripsi Mahasiswa. Menggiatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan, penelitian, departemen pemerintah dan industri, sehingga wawasan dan pengalaman serta pengetahuan civitas akademi terus meningkat. Mengupayakan peningkatan kemampuan (skills) dan inovasi dalam hal pemrograman dari mahasiswa melalui lomba pembuatan Software ataupun tugas/proyek dalam perkuliahan dan praktikum.

Permalink.

24. Berasal dari perguruan tinggi manakah Dosen Pengajar yang ada di STMIK PalComTech?

Jawab :

Dosen STMIK PalComTech berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti:
Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Bina Nusantara dan universitas lainnya.

Permalink.

25. Mahasiswa  Datang Terlambat?

Jawab :

Pada dasarnya mahasiswa diharapkan datang tepat waktu, atau sebelum perkuliahan dimulai. Demikian juga dosen diwajibkan untuk dapat datang tepat waktu. Batas toleransi atas keterlambatan mahasiswa adalah 15 menit tentu saja dengan alasan yang dapat diterima

Permalink.

26. Apakah diperlukan memo ketika mahasiswa  datang terlambat ?

Jawab :

Tidak, yang  dapat menentukan  mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan pada saat itu adalah dosen yang bersangkutan. Jadi mahasiswa harus meminta izin masuk kepada dosen yang bersangkutan.

Permalink.

27. Kuliah kosong atau kelas cancel ?

Jawab :

kuliah kosong dapat diganti dengan kesepakatan mahasiswa dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang jelas jumlah pertemuan perkuliahan tetap 16 kali pertemuan.

Permalink.

28. Saya mengikuti kegiatan di luar kampus. Bagaimana kebijakan absen?

Jawab :

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk tidak hadir sebanyak 20% karena syarat minimal kehadiran adalah  80%.  Oleh karenanya mahasiswa agar bijak dalam ‘menggunakan’ 20% yang dimaksud. Tentu saja jika mungkin, kehadiran 100% akan lebih baik bagi mahasiswa.

Permalink.

29. Absensi mempengaruhi nilai?

Jawab :

Absensi digunakan oleh  BAAK untuk menilai dapat tidaknya mahasiswa mengikuti ujian dan bukti kehadiran mahasiswa jika orang tua mahasiswa mengkonfirmasi kehadiran mahasiswa di kampus.   Oleh karenanya, kehadiran yang penuh dalam perkuliahan tidaklah relevan diajukan untuk mempertanyakan nilai akhir dalam KHS yang kurang dalam suatu mata kuliah.

Permalink.

30. Saya merasa nilai saya kurang. Dapatkah saya meminta tugas tambahan untuk mendongkrak nilai?

Tidak. Pada dasarnya setiap mahasiswa mendapat perlakuan yang sama dalam penilaian. Sedangkan komponen penilaian untuk Nilai Akhir Semester (NAS) adalah berdasarkan tipe mata kuliah :

  1. Jika tipe mata kuliah adalah praktek maka persentase Nilai Tugas Dan Take Home (NATUM) adalah 40%,  persentase  Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) adalah 25%, sedangkan persentase Nilai Tugas Akhir (UAS) adalah 35%.
  2. Jika Tipe Mata Kuliah adalah Teori, Persentase Nilai Tugas dan Take Home (NATUM) adalah 40%, Persentase Nilai Tugas adalah  25%, Persentase Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) : 30, dan Persentase Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) adalah 45%.

Permalink.

31. Mahasiswa yang aktif di kelas akan mendapat nilai lebih?

Jawab :

Tidak selalu demikian. Tidak mudah bagi saya untuk menghafal sedemikian banyak nama mahasiswa. Lagipula jika demkian, akan banyak rekayasa keaktifan ‘asal bertanya’ demi mendapat nilai yang baik. Dosen berharap mahasiswa menyadari bahwa keaktifan di dalam kelas akan berimbas positif pada mahasiswa sendiri, jadi tujuannya bukan semata-mata mendapat reward nilai lebih dari  Dosen. Namun sebagai dosen saya menganjurkan agar mahasiswa aktif dalam perkuliahan. Dari pengalaman yang sudah-sudah beberapa mahasiswa yang memang aktif dan melontarkan gagasan-gagasan dan pemikiran yang baik di kelas memang mendapat nilai lebih. Namun bukan satu dua kali dijumpai mahasiswa yang aktif di kelas ternyata sangat kurang performanya di atas kertas ujian yang pada akhirnya berujung pada nilai yang kurang maksimal dalam KHS.

Permalink.

32. Metode Perkuliahan : Ceramah atau Diskusi atau Praktek?

Jawab :

Ketiganya. Ceramah digunakan untuk menjelaskan suatu hal, sedangkan diskusi saya lakukan untuk mengetahui umpan balik dari mahasiswa. Kalau praktek tentu saja dong karena sesuai slogan kita dengan 100% praktek, 100% internet.  Dosen menyadari bahwa bukanlah sebagai orang yang maha pintar dalam kehidupan akademia. Oleh karena itu bisa saja mahasiswa lebih mengetahui dari dosen sehingga bisa melakukan koreksi atau pembanding.

Permalink.

33. Apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam Perkuliahan?

Jawab :
Pada prinsipnya ada dua tipe mahasiswa yang amat tidak disukai dalam perkuliahan.

  1. Mahasiswa yang berbicara sendiri di dalam kelas.
  2. Mahasiswa yang hanya diam, tak memiliki gairah untuk terlibat dalam diskusi dan tidak mendapat apapun kecuali absen ketika mengikuti kuliah.

Permalink.

34. Model ujian?

Jawab :

Model ujian banyak tergantung pada dosen dan mata kuliah apa dan tipe mata kuliah yang bersangkutan serta sifat ujiannya.  Ada yang berupa ujian praktek, ujian lisan, ujian  essai, ujian  pilihan ganda, dan lain-lain.  Misalnya model ujian dengan  penalaran. Mahasiswa harus berargumen (argue=pendapat). Oleh karena itu dalam menjawab pertanyaan saya tidak cukup hanya mengatakan “Tidak Setuju” atau “Setuju”, namun mahasiswa juga harus mampu menunjukkan hal yang melatarbelakangi pendapatnya secara komprehensif. Oleh karenanya   nilai yang didapat mahasiswa adalah seberapa  jauh  ia bisa mengajukan  reason untuk jawabannya. Pada dasarnya tidak ada jawaban Benar atau Salah, namun reasoning yang kuat atau lemah. Kalau mahasiswa  mengajukan pendapat sekalipun bertentangan dengan arus pendapat umum namun kuat dalam reasoning nilai yang didapat bisa jadi tinggi. Sebaliknya jika mahasiswa mengajukan jawaban yang merupakan arus utama  namun  tidak bisa mengajukan reasoning yang baik bisa jadi akan mendapat nilai yang rendah. Reason adalah kata kunci untuk berhasil dalam ujian tersebut.

Permalink.

35. Ujian open book?

Jawab :

Open book adalah salah satu model ujian yang baik, sepanjang jawaban memang tidak secara eksplisit ada di buku. Ujian open book sangat baik digunakan karena mahasiswa menjadi berfikir dan tidak sekedar menghafal. Kelemahan dari ujian ini adalah mahasiswa malas berfikir dan malas belajar karena ia menganggap semua pertanyaan yang nantinya keluar dalam ujian pasti akan bisa ia jawab, dengan mengandalkan apa yang tertulis di buku/catatan perkuliahan. Padahal pertanyaan yang diajukan membutuhkan pemikiran atas apa yang tersurat dalam catatan. Karena merasa bahwa semua jawaban ada pada buku, mahasiswa yang tidak mengerti arah pertanyaan biasanya akan “mencari selamat” dengan menulis jawaban sebanyak-banyaknya sebagaimana tertulis dalam buku. Yang terjadi kemudian adalah bahwa jawaban mahasiwa seringkali tidak nyambung dengan pertanyaan. Hal ini membuat sulit dalam penilaian dan tujuan evaluasi tidak tercapai. Oleh karenanya saya setakat ini belum pernah menggunakan model ini. Namun tak menutup kemungkinan jika suatu saat mungkin akan saya terapkan.

Permalink.

36. Bagaimana kebijakan mengenai Ujian Susulan?

Jawab :

Ada setidaknya dua hal yang harus diperhatikan untuk ujian susulan. Beritahu dosen sesegera mungkin bahwa anda tidak mengikuti ujian disertai dengan alas an dan bukti yang kuat. Hal ini akan mempermudah dosen untuk mengatur waktu yang tepat untuk ujian susulan. Penuhi prosedur dan syarat-syarat administratif yang sudah ditetapkan mengenai ujian susulan. Jangan melampaui deadline ujian susulan. Kerapkali mahasiswa menghubungi dosen jauh hari setelah batas waktu ujian susulan berakhir. Harap diketahui, dosen selalu menolak permohonan yang melampaui batas waktu dengan alasan apapun.

Permalink.

37. Anda selalu memberi tugas?

Jawab :

Tergantung pada bagaimana penerimaan mahasiswa untuk materi yang saya sampaikan di kelas dan yang jelas jumlah  komponen nilai untuk  tugas kelas yang diinput 5 buah dan take home 5 buah.

Permalink.

38. Bagaimana seharusnya mengerjakan tugas?

Jawab :

Yang terpenting adalah kerjakan oleh anda/kelompok anda sendiri, dan tidak terlambat dalam menyerahkannya ke dosen. Ingat kerjakan tugas anda secara maksimal.

Permalink.

39. Bagaimana dengan mahasiswa yang menjiplak dan atau mencontoh atau bahkan sama persis dengan teman lainnya?

Jawab :

Tugas akan benar-benar dosen periksa & amati, dan jika memang terbukti saling copy paste, atau patut diduga diambil secara mentah dari situs internet, majalah, Koran atau buku, dosen  tidak akan memberikan nilai, alias kosong, dan  hal ini bukan satu kali terjadi. Saya tidak akan menanyakan siapa mengcopy siapa. Jika cukup terbukti maka nilai akan kosong. Patut diingat, plagiarism adalah hal yang tercela dalam dunia akademik.

Permalink.

40. Saya bekerja, atau tidak tahu adanya tugas, sehingga pada saat deadline saya tidak mengumpulkan tugas?

Jawab :

Tugas selalu diumumkan dengan terbuka melalui blog dosen atau bahkan facebook, dan yang resmi melalui perkuliahan. Intinya, tugas selalu cukup disosialisasikan. Adalah kewajiban mahasiswa untuk memantau perkuliahan jika mahasiswa memang tidak bisa mengikuti perkuliahan. Dengan demikian, bekerja, tidak masuk kuliah karena sakit, dll bukanlah alasan untuk tidak mengetahui adanya tugas, sehingga menjadi pembenar untuk tidak mengerjakan tugas. Dispensasi tidak mengerjakan tugas karena sakit hanya diterima jika mahasiswa menghubungi pengajar SEBELUM deadline tugas, mengabarkan kondisi yang tak memungkinkan. Alasan sakit setelah deadline tidak akan diterima.

Permalink.

41. Apakah dosen bisa ditemui di rumah untuk urusan akademik?

Jawab :

Pada dasarnya dosen  tidak membawa urusan akademik hingga ke rumah. Keduanya adalah domain yang berbeda. Mahasiswa melakukan appointment untuk bertemu dengan dosen hanya di kantor/kampus.

Permalink.

42. Apakah Dosen menerima dan membalas SMS dari mahasiswa?

Jawab :

Dosen akan  menerima dan membalas SMS dari mahasiswa dalam  hal yang berkaitan dengan akademik. Tetapi kami tidak selalu akan membalas SMS anda, lebih baik jika anda menemui kami secara langsung.

Permalink.

43. Apakah mahasiswa dapat berkomunikasi mengenai hal akademik via akun pribadi Facebook dengan Dosen?

Jawab :

Boleh. Dosen  akan menerima komunikasi via akun pribadi di Facebooknya untuk hal akademik entah itu tugas, tanya jawab kuliah, maupun konsultasi kuliah lainnya. Namun sekali lagi, komunikasi soal hal-hal yang bersangkut paut dengan akademik bukan melalui fasilitas pesan ke akun pribadi yang pribadi pula sifatnya.

Permalink.

44. Apakah Dosen menerima email dari Mahasiswa?

Jawab :

Dosen bisa menerima email dari mahasiswa. Mahasiswa bisa berkomunikasi dan berkonsultasi mengenai hal-hal perkuliahan dengan dosen melalui alamat email tersebut.

Permalink.

46. Bagaimana Rentang IPK dan jumlah SKS maksimum yang boleh diambil mahasiswa ?

Lihat tabel di bawah ini:

Rentang IPK

Jumlah SKS maksimum

3.00 – 4.00

24

2.50 – 2.99

21

2.00 – 2.49

18

1.50 – 1.99

15

< 1.50

<12

Permalink.

47. Bolehkah mahasiswa melakukan pindah program studi, misalnya dari program SI ke TI, dan bagaimana dengan mata kuliah yang sudah ditempuh sebelumnya?

Jawab :
Boleh dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Mahasiswa minimal berada di semester 2 dan maksimal di semester 4
  2. Mata kuliah yang telah ditempuh akan dikonversi berdasarkan mata kuliah yang ada di program studi yang dituju.
  3. Mata kuliah yang bisa dikonversi adalah mata kuliah yang nilainya minimal B.

 

 

Permalink.

48. Apakah absensi bimbingan terstruktur mempengaruhi bisa atau tidaknya mengikuti ujian komprehensif?

Jawab :
Ya, salah satu komponen penentuan untuk mengikuti ujian komprehensif adalah jumlah kehadiran, dengan minimal kehadiran 80%.
PKL : total pertemuan 12x ; jumlah pertemuan minimal 10x

LTA dan Skripsi : total pertemuan 16x ; jumlah pertemuan minimal 12x

Permalink.

49. Berapa menitkah toleransi keterlambatan masuk kelas dalam proses belajar?

Jawab

Toleransi keterlambatan masuk kelas dalam proses belajar adalah 15 menit. Jika mahasiswa terlambat lebih dari 15 menit maka mahasiswa tersebut tidak bisa absen.

Permalink.

50. Kapan semester pendek (SP) dibuka?

Jawab :

Semester pendek dibuka setiap selesai UAS semester genap, setiap tahunnya. Untuk lebih jelasnya dapat diakses melalui kalender akademik pada web portal.

Permalink.

LPPM

LPPM

LPPM

1. Apa kepanjangan dari LPPM ?

LPPM adalah singkatan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Permalink.

2. Apakah fungsi dari LPPM STMIK-Politeknik?

LPPM berfungsi untuk mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan penelitian baik yang didanai dari lingkungan internal STMIK-Politeknik PalComTech maupun dari pihak luar. Penelitian yang dikembangkan meliputi penelitian ilmiah murni, teknologi yang dapat membantu peningkatan dan pengembangan teknologi informasi di masyarakat,  dan ilmu pengetahuan di Indonesia. LPPM STMIK-Politeknik PalComTech juga melaksanakan administrasi penelitian dan menerbitkan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian.

Permalink.

3. Jurnal ilmiah apa saja yang dikelola dan dipubilkasikan oleh LPPM STMIK-Politeknik PalComTech ?

LPPM STMIK-Politeknik PalComTech mengelola jurnal ilmiah yang berisikan kumpulan tulisan ilmiah hasil penelitian. Jurnal ilmiah tersebut bernama TEKNOMATIKA (STMIK PalComTech), singkatan dari Teknologi dan Informatika, dan JENIUS (Politeknik PalComTech), singkatan dari Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi.

Permalink.

4. Apakah TEKNOMATIKA dan JENIUS sudah memiliki ISSN dan tujuan dari publikasi berbentuk jurnal ini ?

Ya, TEKNOMATIKA dan JENIUS sudah memiliki ISSN yang terdaftar pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). TEKNOMATIKA dan JENIUS diterbitkan secara berkala oleh LPPM setiap 4 bulan sekali. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil kajian/riset kepada para akademisi, praktisi, peneliti, mahasiswa, dan lain-lain yang tertarik pada riset teknologi informasi maupun ekonomi dan akuntansi.

Permalink.

5. Apakah pengurusan JJA (Jenjang Jabatan Akademik) Dosen juga difasilitasi di LPPM ?

Ya, Dosen dapat mengkonsultasikan apa saja yang diperlukan dalam pengurusan JJA, LPPM akan membantu dalam administrasi JJA dan pengajuan JJA ke Kopertis Wilayah II Palembang, memonitoring perkembangan pengurusan sampai dengan SK JJA diterima oleh dosen yang bersangkutan.  (pengurusan JJA yang dibantu oleh LPPM hanya sebatas asisten ahli sampai lektor, sedangkan lektor kepala sudah menggunakan online yang disediakan Kopertis Wilayah II Palembang dan pengajuan berkas ke DIKTI Jakarta)

Permalink.

6. Apakah pengurusan sertifikasi dosen juga difasilitasi oleh LPPM ?

LPPM akan membantu sebatas konsultasi dan penyediaan administrasi yang diperlukan dan tersedia di LPPM oleh karena sertifikasi dosen pelaksanaannya bersifat online

Permalink.

7. Apakah pengurusan beasiswa untuk mahasiswa  juga dilakukan oleh LPPM ?

Ya, khusus mahasiswa LPPM membantu penginformasian dan pengurusan beasiswa PPA (Penunjang Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) serta beasiswa lainnya yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah II Palembang dan DIKTI.

Permalink.

8. Apakah pengurusan beasiswa untuk dosen dalam rangka studi lanjut dilakukan oleh LPPM ?

Ya, LPPM akan membantu dosen-dosen yang akan mengajukan beasiswa BPPS, Beasiswa Kemitraan (S3) yang diberikan oleh Pemda Provinsi SUMSEL, Beasiswa Yayasan, dan lain sebagainya.

Permalink.

9. Apakah tugas LPPM juga berkaitan dengan pengiriman mahasiswa sebagai peserta untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh DIKTI atau Kopertis Wilayah II ?

Ya,  LPPM melaksanakan pengiriman mahasiswa untuk kompetisi NUEDC (National University English Debating Championship), Mahasiswa Berprestasi, PKM, ONMIPA (Olimpiade Nasional MIPA), pelatihan-pelatihan bidang akademik dan lain sebagainya.

Permalink.

10. Apakah mahasiswa boleh mengajukan diri untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah II ataupun DIKTI ?

Tentu saja boleh asalkan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan, LPPM kemudian akan menyeleksi mahasiswa yang akan dikirim untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Permalink.

11. Apakah LPPM juga melakukan  pengurusan untuk kegiatan-kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh pihak luar dan atau bekerjasama dengan pihak luar ?

Ya,  seperti dengan Bank Indonesia, berbagai perguruan tinggi di Provinsi SUMSEL dan perguruan tinggi lainnya di luar Provinsi, instansi/dinas pemerintahan, perusahaan, dan lain sebagainya.

Permalink.

12. Bagaimana caranya saya mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan LPPM ?

Informasi bisa didapat melalui student portal (untuk mahasiswa) dan corporate portal (untuk dosen).

Permalink.

13. Apakah LPPM mengelola pendanaan yang berkaitan dengan kegiatan penelitian untuk dosen ?

Tidak, LPPM hanya mencari dan menginformasikan sumber-sumber dana/skim pembiayaan yang dapat menunjang kegiatan penelitian dosen pada periode tahun berjalan. Sumber dana yang tersedia bagi dosen peneliti antara lain : dana yayasan, hibah Kopertis Wilayah II Palembang, hibah DIKTI, dana Pemda Provinsi SUMSEL dan masih banyak lagi.

Permalink.

14. Bagaimana jika mahasiswa tertarik untuk melaksanakan penelitian, apa yang harus dilakukan ?

LPPM akan merekomendasikan dosen pendamping yang akan membantu mahasiswa tersebut dalam melaksanakan kegiatan penelitian sampai dengan publikasi hasil penelitian. Jika pada saat itu, ada program pendanaan penelitian mahasiswa (baik internal maupun eksternal) maka mahasiswa berhak mengajukan permohonan dana penelitian tersebut.

Permalink.

15. Apa sajakah yang harus dilakukan oleh Dosen untuk mengajukan penelitian  berdana yayasan ?

Pelaksanaan kegiatan penelitian berdana yayasan adalah program kerja tahunan dari Divisi LPPM.  LPPM akan menginformasikan kegiatan ini melalui corporate portal. Dosen dapat mengajukan proposal penelitian jika memenuhi syarat. Proposal-proposal yang masuk akan diseleksi apakah telah memenuhi persyaratan administrasi atau tidak.  Jika memenuhi maka peserta akan dihubungi dan  diminta untuk mempresentasikan proposal tersebut dan dinilai oleh tim juri.  Jika penilaian proposal anda terbaik maka anda berhak mendapatkan pendanaan yayasan untuk penelitian anda dan berkewajiban untuk menyelesaikan penelitian tersebut tepat waktu sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Permalink.

16. Apakah mahasiswa boleh mempublikasikan hasil penelitiannya (LTA dan atau Skripsi) dalam bentuk jurnal ilmiah ?

Mahasiswa bahkan wajib mempublikasikan hasil LTA atau Skripsi dalam bentuk jurnal ilmiah  (dianjurkan secara online) sesuai dengan peraturan Kopertis Wilayah II dan DIKTI yang berlaku mulai tahun 2011.  LPPM akan membantu dengan memberikan pelayanan konsultasi penulisan jurnal ilmiah (melalui training) dan akan mempublikasikan hasil LTA atau Skripsi mahasiswa ke dalam web portal PalComTech dan web portal jurnal Kopertis Wilayah II.

Permalink.

17. Bagaimana bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPM ?

Bentuk kegiatannya adalah sesuai dengan program kerja Divisi LPPM seperti : pelatihan kepada guru-guru sekolah dan siswa, Penyuluhan kepada masyarakat di tingkat kelurahan atau kecamatan,  in house training, penyuluhan kepada kelompok  atau organisasi tertentu (UMKM-K, kelompok tani, dan lain sebagainya).

Permalink.

18. Bagaiman prosedur Dosen yang ingin mengajukan kegiatan pengabdian masyarakat secara mandiri ?

Dosen dapat mengajukan surat untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ke LPPM dan LPPM akan memproses dengan mengeluarkan surat tugas dan jika kegiatan pengabdian masyarakat telah selesai dilakukan maka Dosen wajib menyerahkan bukti atau dokumentasi pelaksanaan kegiatan ke LPPM untuk dijadikan sebagai Arsip.

Permalink.

19. Apakah jurnal ilmiah TEKNOMATIKA dan JENIUS hanya untuk mempublikasikan hasil penelitian Dosen PalComTech saja ?

Tidak, jurnal ilmiah TEKNOMATIKA dan JENIUS terbuka bagi siapa saja yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya. Dosen dari perguruan tinggi lain pun dapat mengajukan tulisan untuk dimuat pada jurnal ilmiah TEKNOMATIKA dan JENIUS.

Permalink.

20. Apakah Dosen PalComTech boleh mengajukan publikasi pada jurnal ilmiah di luar jurnal ilmiah yang dikelola oleh LPPM ?

 

Tentu saja boleh, bahkan LPPM akan membantu merekomendasikan tulisan Dosen tersebut agar bisa dimuat pada jurnal ilmiah tertentu. Semakin luas publikasi yang dilakukan oleh seorang dosen maka akan semakin baik pula pengakuan pihak luar atas kemampuannya sebagai dosen dalam penelitian. LPPM sangat menyarankan jika Dosen dapat mempublikasikan pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.

 

Permalink.

21. Bagaimana jika Dosen ingin mengajukan tulisan untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah TEKNOMATIKA dan atau JENIUS.

 

Dosen dapat menyerahkan tulisan yang ingin dipublikasikan satu bulan sebelum periode terbit. Tulisan diserahkan dalam bentuk softcopy (bisa dalam bentuk CD atau melalui email) dan hardcopy. Tulisan Anda selanjutnya akan direview oleh Tim Reviewer LPPM. Jika tulisan dinyatakan layak akan tetapi diperlukan perbaikan maka Anda perlu memperbaiki tulisan tersebut dan menyerahkannya kembali ke LPPM tepat waktu. Namun apabila tulisan dinyatakan tidak layak maka  LPPM tidak akan melakukan proses lebih lanjut.

 

Permalink.

22. Jika tulisan dinyatakan layak untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah TEKNOMATIKA atau JENIUS, bagaimana proses selanjutnya ?

Jika tulisan dinyatakan layak, maka selanjutnya adalah membayar biaya administratif sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh LPPM. Pembayaran dapat dilakukan di Customer Service STMIK dan Politeknik PalComTech. Setelah itu silahkan tunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak LPPM apabila jurnal telah selesai cetak/telah terbit.

Permalink.

23. Bagaimana jika jurnal ilmiah telah selesai cetak/telah terbit ?

 

Apabila jurnal ilmiah TEKNOMATIKA dan JENIUS telah terbit maka LPPM akan menghubungi setiap kontributor jurnal untuk melakukan pengambilan jurnal. Pengambilan dapat dilakukan di LPPM dengan menunjukan bukti kwitansi pembayaran biaya administratif. Setiap penulis masing-masing akan mendapatkan 2 eksemplar jurnal ilmiah.

 

Permalink.

24. Apakah LPPM memfasilitasi penelitian dosen yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah II dan DIKTI ?

Tentu saja, LPPM akan membantu dalam bentuk technical support kepada dosen yang mengajukan penelitian DIPA kopertis atau DIPA DIKTI dalam bentuk : konsultasi format penulisan dan syarat-syarat administrasi penelitian lainnya (surat pengantar penelitian), pengiriman berkas penelitian, pada saat presentasi proposal dan  presentasi hasil penelitian, dan lain sebagainya.

Permalink.

Keuangan

Keuangan

Keuangan

1. Kapan  saja pembayaran semester dilakukan?

Jawab : pembayaran persemester dilakukan setiap bulan januari dan juli paling lambat tanggal 5.

Permalink.

2. Kapan batas waktu pembayaran spp dan persemester?

Jawab : batas waktu pembayaran spp dan persemester itu setiap tanggal 5 per bulan

Permalink.

3. Bagaimana jika saya terlambat bayaran?

Jawab : jika kamu terlambat bayaran maka mulai terhitung denda tanggal 6 setiap bulannya yaitu sebesar Rp 2.000,-/hari. Oleh karena itu, jangan terlambat bayaran yach, kan sayang dendanya bisa untuk makan bakso ^-*

Permalink.

4. Bila sudah habis matakuliah apakah masih harus melakukan pembayaran uang semester?

Jawab : apabila sudah habis matakuliah dan sudah mendapat memo habis matakuliah dari BAAK maka kamu cukup membayar setengah dari pembayaran full, dikarenakan kamu masih aktif di dalam proses akademik/kegiatan kampus.

Permalink.

5. Bagaimana bila saya masih ada perbaikan nilai?

Jawab : apabila kamu masih ada perbaikan nilai maka kamu wajib membayar full uang semesteran kamu.

Permalink.

6. Bagaimana sistem pembayaran untuk sistem cicilan bila sudah habis matakuliah?

Jawab : Khusus yang cicilan bila sudah habis matakuliah dan sudah melunasi pembayaran cicilan semester berjalan, maka kamu cukup membayar 3 bulan sekaligus dari biaya spp (tidak dicicil lagi)

Permalink.

7. Bagaimana proses bila ID Card saya hilang atau rusak?

Jawab : jika id card hilang maka kamu dapat merequest untuk pencetakan ID Card kembali dengan menyelesaikan administrasi  di AO sebesar Rp 25.000,- (lima puluh ribu) dan memberikan kwitansi pembayaran ke bagian BAAK untuk dicetak ulang.

Permalink.

8. Berapa biaya legalisir ijazah?

Jawab : Legalisir ijazah selembar hanya  @Rp500,- (lima ratus rupiah), maksimal request legalisir ijazah 20 (dua puluh) lembar per hari.

Permalink.

9. Apabila saya tidak aktif kuliah, bagaimana prosedur pembayaran saya?

Jawab : apabila kamu tidak aktif kuliah sebaiknya melapor untuk mengajukan cuti terlebih dahulu, karena bila kamu tidak melapor cuti maka pembayaran semester tetap berjalan.

Permalink.

10. Berapa biaya cuti?

Jawab : Biaya untuk mengajukan cuti Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah)

Permalink.

11. Berapa biaya untuk mengajukan berhenti?

Jawab : bila ingin mengajukan berhenti dan sudah mendapat memo persetujuan dari kaprodi maka mahasiswa tersebut wajib menyelesaikan seluruh pembayaran hingga batas terakhir semester yang sudah dijalankan, apabila sudah lunas maka hanya membayar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk biaya berhenti.

Permalink.

12. Bagaimana jika saya mau merubah sistem pembayaran cicilan ke persemester?

Jawab : jika mau merubah sistem cicilan ke persemester cukup melunasi kewajiban cicilan sebelumnya apabila belum lunas (1 semester itu total nya 6 kali cicil), jika sudah lunas maka tinggal bayar biaya semester aja langsung di AO.

Permalink.

13. Apa sich benefitnya bila saya pindah dari cicilan ke persemester?

Jawab : benefitnya tentu aja biaya persemester lebih murah dari cicilan.selain itu, kamu juga bisa mengikuti program gebyar hadiah dan promo lainnya (promo tersebut hanya berlaku untuk pembayaran persemester). So..buruannn pindah sistem pembayaran kamu menjadi persemester…

Permalink.

14. Untuk angkatan 6 dan 7 khusus yang sistem cicilan kapan saja melakukan pembayaran registrasi?

Jawab : Khusus angkatan 6 dan 7 melakukan pembayaran registrasi Rp 200.000,-/semester .

Permalink.

15. Bagaimana jika mahasiswa ingin pindah jadwal perkuliahan dari pagi ke malam ?

Jawab : Apabila ingin pindah jadwal dari pagi ke malam bila sudah mendapat memo dari kaprodi maka kamu bisa langsung ke ao untuk menyelesaikan administrasi sebesar  Rp 200.000,-  (dua ratus ribu).

Permalink.

16. Bila ingin ikut semester pendek berapa biaya yang harus dibayar dan berapa maximal sks yang boleh diambil di semester pendek?

Jawab : untuk tahun 2012 ini biaya semester pendek Rp 125.000,-/sks, jumlah maximal sks yang dapat diambil 12 sks.

Permalink.

17. Apabila mahasiswa tidak mengikuti ospek, apakah ada biaya untuk mengikuti ospek tahun berikutnya?

Jawab : Biaya untuk keterlambatan mengikuti ospek Rp 50.000/orang, oleh karena itu ikuti ospek yang telah dijadwalkan untuk kamu, update terus info di www.palcomtech.com -> student portal…Jangan sampai kamu ketinggalan informasi… ^-*

Permalink.

18. Berapa biaya PKL ?

Jawab : untuk mengajukan PKL kamu cukup menyelesaikan administrasi Biaya PKL sebesar Rp 650.000,-  (enam ratus lima puluh ribu rupiah) untuk tahun 2012

Permalink.

19. Berapa biaya Skripsi ?

Jawab : untuk mengajukan skripsi kamu cukup menyelesaikan administrasi Biaya Skripsi Rp 1.950.000,- (satu juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) untuk tahun 2012

Permalink.

20. Bagaimana jika mahasiswa sedang menjalani bimbingan skripsi apakah masih harus membayar biaya semester periode juli 2012?

Jawab : bagi yang sedang menjalani bimbingan skripsi tidak perlu membayar biaya semeter periode juli 2012, jika tidak lulus ujian skripsi atau gagal bimbingan maka kamu wajib membayar biaya semester periode juli 2012, ditunggu paling lambat tgl 5 oktober 2012

Permalink.

21. Bagaimana jika mahasiswa sedang menjalani bimbingan PKL apakah masih harus membayar biaya semester periode juli 2012?

Jawab : bagi yang sedang menjalani bimbingan PKL  tetap menyelesaikan administrasi biaya semeter periode juli 2012, dikarenakan proses perkuliahan masih berjalan.

Permalink.

22. Apa kegunaan dari Surat kontrak pembayaran?

Jawab : Supaya kamu tau nih biaya apa saja yang ada selama kuliah di STMIK PalComTech

Permalink.

23. Mulai angkatan berapa digunakan Surat Kontrak Pembayaran ?

Jawab : Surat kontrak pembayaran mulai digunakan untuk angkatan 12 yaitu yang masuk perkuliahan di 01 oktober 2012.

Permalink.

24. Apakah pembayaran semester bisa dibayarkan menggunakan mesin EDC ?

Jawab : kalau kalian punya atm ataupun kartu kredit bisa melakukan pembayaran spp menggunakan mesin EDC

Permalink.

25. Apakah pembayaran semester bisa dibayarkan via transfer atm ataupun setor tunai ke bank?

Jawab : tentu saja kamu bisa membayar biaya kuliah via transfer atm ataupun setor tunai melalui bank dan jangan lupa bukti transfernya diserahkan ke bagian AO untuk dilakukan penginputan sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan pembayaran.

Permalink.

26. Apakah masih berlaku denda bila tidak mengambil KHS ?

Jawab : Tidak ada lagi denda untuk pengambilan KHS. Untuk pencetakan KHS kamu bisa melakukan request ke bagian keuangan

Permalink.

27. Bila saya sudah pernah mengambil KHS namun KHS saya hilang atau rusak. Bagaimana prosesnya?

Jawab : Apabila kamu sudah pernah ambil dan KHS kamu hilang atau rusak maka untuk pencetakan kembali KHS, kamu dapat merequest KHS Duplicate dengan menyelesaikan administrasinya terlebih dahulu langsung di keuangan.

Permalink.

28. Berapa biaya administrasi pencetakan ulang KHS?

Jawab : biaya administrasi pencetakan ulang KHS sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah). soo…. disimpan baik-baik KHS nya…. jangan sampe hilang or rusak ya

Permalink.

29. Dimana saya dapat melakukan pembayaran untuk semua proses perkuliahan yang ada?

Jawab : untuk semua proses pembayaran administrasi pembayaran, kamu dapat langsung ke divisi keuangan.

Permalink.

30. Dimana saya dapat meminta informasi mengenai pembayaran yang telah saya lunasi?

Jawab : kamu dapat langsung ke ao untuk mengetahui pembayaran apa saja yang telah kamu lunasi.

Permalink.

Perpustakaan

Perpustakaan

Perpustakaan

1. Bagaimana jika saya ingin mengetahui buku yang ada di Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Untuk mengetahui koleksi yang di miliki oleh Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech anda dapat mengakses katalog online Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech  http://library.palcomtech.ac.id

Permalink.

2. Mohon info jam buka Perpustakaan STMIK POLTEK PalComTech ?

Jam Layanan Perpustakaan STMIK POLTEK PalComTech, Pada hari Senin sampai dengan Jum’at= Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB dan pada hari Sabtu = Pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB

Permalink.

7. Buku apa saja yang sering dipinjam oleh mahasiswa di perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Buku Yang Pengarangnya Hanif Al Fatta, Andri Kristanto, Jogiyanto, Wagito, Hendrayudi, Sugeng Winarno.

Permalink.

4. Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTeh ?

  • Masih terdaftar menjadi mahasiswa/Staf/Dosen STMIK dan POLTEK PalComTech.
  • Dengan membawa IdCard Mahasiwa/Staf/Dosen.

Permalink.

5. Bagaimana cara untuk menjadi Anggota Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Untuk menjadi anggota perpustakaan anda harus datang ke Perpustakaan dengan membawa dan menunjukan IDCard Mahasiswa, kemudian mengisi data kunjungan, dan langsung mendaftar menjadi anggota Perpustakaan ke Petugas Pepustakaan.

Permalink.

6. Bagaimana cara untuk meminjam buku yang ada di Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

  • Mahasiswa datang ke perpustakaan kemudian langsung mengisi data kunjungan selanjutnya dapat mengambil buku  yang ada di rak untuk dipinjam.
  • Kemudian mahasiswa menghampiri petugas perpustaakaan, dengan memberikan IdCard dan buku yang akan di pinjam ke petugas perpustakaan.

Permalink.

10. Koleksi apa saja yang ada di Perpustakaan STMIK dan POLTEK ?

Buku bacaan, majalah, jurnal, alkitab, Skripsi, LTA, PKL, Buku tendon, komik, Cd Buku.

Permalink.

14. Bagaimana cara untuk memperpanjang peminjaman buku?

  • Mahasiswa, Dosen,  dan Staf datang ke perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech dengan membawa buku yang dipinjam.
  • Mahasiswa, Dosen, dan Staf langsung menghampiri petugas perpustakaan dengan menunjukan buku yang akan di perpanjang.

Permalink.

16. Buku apa saja yang boleh di pinjam di Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Buku Bacaan, kecuali buku laporan ( Skripsi, Lta, Pkl) dan buku Tandon.

Permalink.

19. Peraturan apa saja yang berlaku di Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech ?

a. Pengunjung cukup menunjukan kartu mahasiswa yang masih berlaku.

b. Berpakain rapi dan sopan.

c. Tidak merokok, makan dan minum di perpustakaan.

d. Menjaga ketenangan, ketertiban, keamanan di ruang baca.

e. Menjaga kebersihan di ruang baca.

f. Apabila tidak berkepentingan belajar, tidak diperkenankan di ruang baca agar tidak mengganggu pembaca yang lain.

g. Dilarang membuat coretan dibuku, meja, tempat duduk maupun tempat lainnya.

h. Semua tas dan jaket diletakan di tempat yang telah disediakan.

i. Koleksi, referensi book, teks book, skripsi, jurnal hanya boleh di baca di ruang baca dan tidak boleh di bawa keluar.

j. Menggunakan fasilitas penunjang secara baik dan benar, sehingga tidak merugikan atau menyulitkan peminjam lainnya maupun petugas perpustakaan.

Permalink.

23. Buku laporan jurusan apa saja yang dimiliki Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, Akuntansi serta Manajemen Informatika.

Permalink.

24. Jenis buku bacaan apa saja yang di miliki Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Internet, desain, akuntansi, Program, Web, Aplikasi Office, dan Jaringan.

Permalink.

25. Jenis koleksi CD apa saja yang dimiliki Perpustakaan STMIK dan POLTEK PalComTech?

Cd Programer, Cd Desain, Cd Akuntansi, Cd Jaringan, dan Cd Aplikasi Office.

Permalink.

Career Center

Career Center

Career Center

1. Apakah fungsi dari Career Center Palcomtech ?

Career Center PalComTech merupakan sebuah divisi yang berada dibawah naungan Pembantu Ketua 3 yang mempunyai fungsi sebagai pemberi layanan informasi lowongan kerja  baik kepada alumni/ mahasiswa program 1 tahun & stmik poltek palcomtech juga kepada masyarakat umum. Career Center bekerja sama dengan perusahaan / DUDI dalam hal informasi lowongan kerja terbaru yang kemudian disampaikan kepada para pencari kerja terutama kepada alumni/mahasiswa dan umum.

Permalink.

2. Apakah Career Center Palcomtech mempunyai media informasi online ?

Ya, Media online Career Center PalComTech dapat diakses di www.palcomtech.com kemudian pilih Career Portal. Dan Anda dapat juga langsung mengakses pada http://career.palcomtech.com/).

Permalink.

4. Selain info lowongan kerja, info apa saja yang terdapat di website Career ?

Informasi yang ada di website career diantaranya : info lowongan kerja, info lowongan magang, info profil pencari kerja, tips & trik dunia kerja, daftar rekanan, ketentuan pasang iklan lowongan kerja, download file , Informasi kontak dan lain-lain.

Permalink.

3. Apakah media online Career Center menyediakan informasi lowongan kerja ?

Ya, media online career center menyediakan info lowongan kerja dengan sedikitnya 30 info lowongan kerja perbulan yang didapat dari rekanan DUDI ataupun dengan cara mengkonfirmasi langsung kepada perusahaan yang ada di Palembang maupun nasional.

Permalink.

5. Apakah Career Center hanya berlaku untuk alumni Palcomtech saja ?

Tidak, Career Center PalComTech juga berlaku untuk mahasiswa/siswa dari program professional 1 tahun sampai D3 (POLTEK) dan S1 (STMIK) PalComTech serta bagi masyarakat umum/ lulusan perguruan tinggi & universitas lainnya.

Permalink.

7. Apakah website Career Center menyediakan tips dan trik dunia kerja ?

Ya, Anda dapat melihat tips & trik dunia kerja di website Career Center yang dapat diakses di link berikut : http://career.palcomtech.com/category/tips-dan-trik-dunia-kerja/.

Permalink.

8. Apakah website Career Center menyediakan Fitur download bagi pengunjung website ?

Ya, terdapat fitur download  di website Career Center yang dapat diakses di link berikut : http://career.palcomtech.com/download/.

Permalink.

9. Apakah website Career Centre memungut biaya dalam pemasangan info lowongan kerja ?

Tidak, Career Center PalComTech tidak memungut biaya dalam pemasangan info lowongan kerja bagi seluruh perusahaan/DUDI yang ingin memasang info lowongan kerja di website career.palcomtech.com.

Permalink.

10. Apakah career center PalComTech memungut biaya apabila alumni / mahasiswa / umum telah berkerja disuatu perusahaan ?

Tidak, Career Center tidak memungut biaya apapun bagi alumni/mahasiswa/siswa dan umum apabila telah bekerja disuatu perusahaan walaupun yang bersangkutan mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut dari website career atau dari petugas career center langsung.

Permalink.

11. Apakah website Career menyediakan contoh surat lamaran kerja ?

Ya, website career menyediakan contoh surat lamaran kerja bagi para pencari kerja yang membutuhkan dan dapat di unduh secara gratis di link berikut  ini  : http://career.palcomtech.com/download/.

Permalink.

12. Apakah website Career menyediakan contoh daftar riwayat hidup ?

Ya, website career menyediakan contoh daftar riwayat hidup  bagi para pencari kerja yang membutuhkan dan dapat di unduh secara gratis di link berikut  ini  : http://career.palcomtech.com/download/.

Permalink.

13. Apakah Career Centre menyediakan form registrasi bagi perusahaan yang ingin memasang info lowongan kerja ?

Ya, career center menyediakan form registrasi bagi perusahaan yang ingin memasang info lowongan kerja terbaru, form ini berfungsi sebagai arsip daftar rekanan career center yang dapat di unduh langsung di link berikut : http://career.palcomtech.com/download/ atau bagi perusahan yang datang langsung ke kampus PalComTech,  petugas telah menyediakan form tersebut.

Permalink.

14. Bagaimana jika alumni / mahasiswa / umum ingin menjadi member di Career Center Palcomtech ?

Bagi para alumni/mahasiswa/siswa maupun umumyang ingin menjadi member career center cukup datang langsung ke kampus STMIK dan POLTEK PalComTech di Jl.Basuki Rahmat no.05 Palembang telp. 0711-359092 dengan mengisi form calon tenaga kerja yang disediakan oleh petugas, selain itu dapat mengunggah langsung file tersebut di http://career.palcomtech.com/download/ kemudian dikirimkan kembali ke email career : [email protected]

Permalink.

15. Apakah alumni / mahasiswa/umum dapat menitipkan lamaran kerja di Career Center ?

Ya, bagi alumni/mahasiswa/ siswa dan umum yang ingin menitipkan lamaran kerja sesuai dengan lowongan kerja terbaru yang tersedia dapat menitipkan di divisi career center PalComTech.

Permalink.

16. Apakah website Career Palcomtech tersedia layanan customer service online Career Center?

Ya, website career menyediakan fitur chat sebagai sarana layanan customer service online yang bisa dipergunakan oleh para pengunjung website untuk bertanya langsung mengenai info lowongan kerja ataupun informasi lainnya yang tersedia.

Permalink.

17. Selain website Career alumni / mahasiswa / umum dapat melihat info lowongan kerja dari media sosial dan media lain ?

Selain career.palcomtech.com para pencari kerja akan mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru & informasi lain nya di twitter career : @karir.palcomtech dan bagi para mahasiswa & alumni di fanpage facebook palcomtech: @palcomtech.

Permalink.

18. Berapa lamakah info lowongan kerja dari suatu perusahaan akan diterbitkan di website Career ?

Informasi lowongan kerja yang sudah dikirimkan melalui email ataupun yang telah diberikan secara langsung kepada petugas paling lambat 2 hari setelah email ataupun info lowongan kerja datang secara langsung kepada petugas.

Permalink.

19. Apakah yang harus saya lakukan apabila saya sudah mendapatkan pekerjaan dari info lowongan kerja yang saya dapatkan di website career.palcomtech.com atau dari petugas career ?

Bagi para pencari kerja yaitu alumni/mahasiswa/ umum yang telah mendapatkan pekerjaan diharapkan untuk memberikan informasi kepada petugas bahwa telah mendapatkan pekerjaan di perusahaan tempat bekerja hal ini berfungsi sebagai data statistic petugas atas hasil kinerja dari informasi lowongan kerja yang disampaikan. Baik melalui email maupun pada saat petugas melakukan follow up (menghubungi pencari kerja melalui telepon atau media lainnya).

Permalink.

20. Apabila saya sudah mengirimkan lamaran kerja apakah saya sudah pasti akan diterima ?

Lamaran yang telah dikirimkan akan diproses oleh perusahaan yang memberikan lowongan kerja tersebut , perihal diterima atau tidaknya ataupun mengikuti tes awal dari perusahaan yang bersangkutan tergantung dari keputusan dan kebutuhan perusahaan tersebut.

Permalink.

21. Apakah website career menyediakan tips dan trik menghadapi interview ?

Ya, website career menyediakan tips dan trik bagi para pencari kerja yang akan mengikuti tes interview/ tes wawancara di sutau perusahaan. Terdapat di link berikut ini : http://career.palcomtech.com/2012/04/tips-saat-menghadapi-interview/.

Permalink.

22. Apakah website career menyediakan informasi mengenai pengiriman surat lamaran kerja via e-mail ?

Ya, career.palcomtech menyediakan informasi tentanf cara pengiriman lamaran kerja via email yang dapat dilihat di link berikut ini : http://career.palcomtech.com/2012/05/info-pengiriman-lamaran-kerja-via-e-mail/.

Permalink.

23. Apakah profil diri saya yang sudah dikirimkan ke meail career PalComTech akan di publish di career.palcomtech.com ?

Ya, profil para pencari kerja yang telah diunduh di web career dan kemudian di kirimkan kembali ke email [email protected] dengan melampirkan foto pribadi akan diterbitkan di website career di menu Profil Pencari Kerja. Ini berguna agar para perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja mendapatkan informasi secara langsung mengenai profil tenaga kerja yang tersedia apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Permalink.

24. Apa saja jenis rekanan dari career center ?

Rekanan dari career center yang telah bekerja sama diantaranya BUMN, Perbankan, Perhotelan, Provider, Advertising, Farmasi, Asuransi, Finance, Otomotif, Property, Ritel, Restoran dan masih banyak lagi.

Permalink.

25. Apakah para pengunjung dapat memberikan komentar di postingan web career center ?

Ya, para pengunjung dapat memberikan komentar atau bertanya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai seputar lowongan kerja atau informasi lainnya dan tentunya petugas akan menjawab pertanyaan yang telah diberikan.

Permalink.

Prasarana & Teknis IT

Prasarana & Teknis IT

Prasarana dan Teknis IT

1. Apakah tugas dan fungsi Unit Pelaksana Teknis (UPT)?

Jawab : unit pelaksana teknis adalah badan atau divisi yang bertugas untuk memberikan pelayanan,penyediaan, perawatan dan perbaikan sarana & prasarana

Permalink.

2. Divisi apa saja yang tergabung dalam Unit pelaksana Teknis ?

Jawab : Umum, Security,Teknisi dan House Keeping

Permalink.

4. Bagaimana jika teknisi yang bersangkutan tidak berada di tempat?

Jawab :  Teknisi tidak berada ditempat biasanya sedang melayani komplain di ruang kelas lain, ada baiknya anda meninggalkan catatan/pemberitahuan atas komplain anda tersebut .

Permalink.

7. Jika saya tidak sedang belajar, tetapi saya ingin menggunakan fasilitas kelas kemana saya harus melapor/koordinasi?

Jawab : untuk pemakaian ruang kelas berkoordinasi dengan teknisi ,kelas mana yang bisa dipakai, khusus untuk pemakaian ruang Lab anda diwajibkan untuk meminta formulir pemakaian Lab kepada Kaprodi  TI,kemudian diserahkan kepada teknis.

Permalink.

8. Apakah boleh saya membawa peralatan praktek sendiri seperti obeng, tang, gunting dsb ?

Jawab : Tidak diperbolehkan, jika kedapatan peralatan tersebut akan disita.

Permalink.

9. Apakah boleh saya memindah-mindahkankan fasilitas kelas dari meja 1 ke meja lainnya?

Jawab : Tidak, Anda hanya boleh memindahkannya jika sudah mendapat ijin petugas teknisi.

Permalink.

11. Apa yang harus saya lakukan jika saya kehilangan barang (helm dsb) baik dilokasi parkir ataupun di dalam gedung ?

Jawab : Sebaiknya anda segera melapor kepada security untuk dapat di tindaklanjuti,jangan melapor ketika kejadian sudah lama /beberapa hari berlalu.

Permalink.

12. Apa yang harus saya lakukan jika barang milik pribadi saya (flasdisk, kunci, tas dsb) tertinggal didalam kelas?

Jawab : segera melapor kepada Security/Wakil Kepala UPT. Apabila staf UPT yang menemukan barang tersebut maka akan diserahkan ke Wakil Kepala UPT.

Permalink.

13. Kemana barang tersebut saya ambil, jika yang menemukannya staff UPT ?

Jawab : Silakan anda tanyakan kepada Wakil Kepala UPT apakah barang tersebut ada ataupun tidak, jika ada anda di wajibkan untuk mengisi form sebagai proses pengambilan barang.

Permalink.

14. Apakah kampus bertanggung jawab atas hilangnya barang-barang saya tersebut ?

Jawab : Kampus tidak bertanggung Jawab atas hilangnya barang-barang tersebut,apalagi bila barang-barang tersebut hilangnya di karenakan kelalaian anda sendiri

Permalink.

15. Jika saya menemukan barang mahasiswa lain yang tertinggal, apa yang harus saya lakukan?

Jawab: sebaiknya barang tersebut anda serahkan kepada Kepala atau Wakil Kepala UPT atau dititipkan pada BAAK.

Permalink.

16. Apakah boleh membawa makananan & minuman ke dalam kelas?

Jawab : Tidak, karena disamping melanggar tata tertib, sisa makanan membuat kotor ruang kelas dan bila minuman tumpah dan mengenai fasilitas komputer dapat mengakibatkan kerusakan pada fasilitas tsb.

Permalink.

17. Saya sering menemukan sampah makanan didalam kelas, mengapa staff HK tidak membersihkannya?

Jawab :  Kelas yang kotor oleh sampah makanan diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dari mahasiswa itu sendiri untuk menjalankan tata tertib yang sudah ada, Hk terkadang tidak sempat untuk membersihkannya dikarenakan tidak adanya jedah waktu antara jam belajar 1 dengan jam belajar selanjutnya, tetapi akan diusahakan Hk dapat membersihkannya.

Permalink.

18. Kemana saya melapor jika pelayanan staff UPT tidak memuaskan ?

Jawab : silakan melapor ke Kepala UPT atau Wakil Kepala UPT

Permalink.

19. Apabila boleh saya menggunakan sandal atau celana pendek ke kampus ?

Jawab : Tidak diperbolehkan . Untuk masuk ke kampus wajib menggunakan celana panjang dan sepatu, serta penampilan yang wajar dan pantas

Permalink.

20. Apabila tidak air di dalam toilet atau musholah. Kemanakah saya harus melapor ?

Jawab : Anda dapat melaporkan ke bagian House Keeping / Wakil Kepala UPT

Permalink.

21. Apabila hotspot wifi Disconnect. Kemanakah saya harus melapor?

Jawab : Anda dapat melaporkan ke bagian Teknisi. Dan akan segera di perbaiki dengan segera

Permalink.

23. Apakah boleh bila mahasiswa ingin menginap di kampus dalam rangka merayakan sesuatu ataupun adanya kegiatan khusus ?

Jawab : Diperbolehkan. Dengan meminta persetujuan terlebih dahulu dengan Kepala UPT / Wakil Kepala UPT.

Permalink.

24. Apakah boleh bila mahasiswa ingin menggunakan lapangan parkir kampus untuk kegiatan UKM di waktu libur?

Jawab : Diperbolehkan. Selama tidak menggunakan fasilitas gedung di kampus. Dengan meminta ijin terlebih dahulu dengan security yang berjaga di tempat

Permalink.

25. Apakah boleh menggunakan fasilitas kelas kosong di waktu jam operasional kantor libur ?

Jawab : Tidak diperbolehkan. Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas kelas kosong pada saat jam operasional kantor berjalan.

Permalink.

Mobile Learning

Mobile Learning

Mobile Learning

1. Apa sih yang dimaksud dengan 21st Learning System itu?

Jawab:

21st learning system merupakan standar baru dalam model pembelajaran abad 21, pada model pembelajaran ini siswa/i tidak hanya dibimbing dan diajarkan tentang kompetensi inti jurusan yang diambil, melainkan siswa juga diajarkan untuk memiliki skill untuk bercollaborating, creating, critical thinking, conversing, connecting yang merupakan skill utama yang harus dimiliki pada abad 21 ini.

Permalink.

2. Gimana Sih Cara Belajarnya?

Jawab:

Cara dan metode belajar pada 21st learning system adalah:

  1. Materi pelajaran disajikan dalam bentuk praktek nyata. Contoh : pembuatan produk, pembuatan prototipe, simulasi, studi kasus dan yang sejenisnya.
  2. Materi belajar, latihan dan ujian disajikan dengan memanfaatkan teknologi e-university (e-learning, e-test, cloud, e-library, forum, dll).
  3. Kegiatan diskusi, konsultasi, dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti forum, chat dan yang sejenisnya.
  4. Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif. inspiratif, menyenangkan, menantang. memotivasi siswa-siswi untuk berpartisipasi aktif. serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas. dan kemandirian, dengan menempatkan Mahasiswa sebagai subyek pendidikan, mitra dalam proses pembelajaran dan,
  5. Lebih banyak kegiatan diskusi grup yang dijalankan, sehingga mendorong terciptanya kolaborasi antar siswa dan tendik.

Permalink.

3. Apa Bedanya 21st Learning System dengan Mobile Learning?

Jawab:

21st learning system dan mobile learning merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dimana mobile learning merupakan salah satu bagian dalam 21st learning system yang membuat siswa dan guru dapat melakukan interaksi pembelajaran tidak hanya di dalam kelas melainkan dapat dilakukan secara mobile “Kapan saja dan dimana saja”.

Permalink.

4. Apa Tujuan dari Penerapan Metode 21st Learning System?

Jawab:

Tujuan utama dalam penerapan 21st learning system adalah menciptakan lulusan yang unggul dan dapat bersaing pada dunia usaha dan industry dan memiliki peran dalam dunia global.

Permalink.

5. Apa keunggulan dari Metode 21st Learning System?

Jawab:

Dalam dunia kerja saat ini skill yang diminta adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam team, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif.

Kemampuan-kemampuan tersebut diatas disebut sebagai kemampuan abad 21 (21st Century Skills), dan harus mampu dikembangkan secara sistematis dalam dunia pendidikan, proses pembelajaran harus mampu mendorong terciptanya kemampuan tersebut. Jadi selain kemampuan akademis maka dunia pendidikan harus mampu menciptakan manusia yang mempunyai kemampuan belajar, beradaptasi dan berinovasi. Nah,k eunggulan dari 21st learning system adalah merangkum semua skill yang dibutuhkan di atas dalam suatu kegiatan belajar mengajar.

Permalink.

6. Apa Manfaatnya Jika Saya Belajar Menggunakan Metode 21st Learning System?

Jawab:

Seperti yang telah dijelaskan pada jawaban No 5 manfaat utama belajar menggunkan metode 21st learning system adalah siswa tidak hanya memiliki kemampuan dasar dalam suatu bidang ilmu, melainkan juga memiliki kemampuan untuk bekerja sama dalam team, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif, sehingga dapat menjadi individu yang siap bersaing dan memiliki peran dalam era globalisasi saat ini.

Permalink.

7. Apa Dampaknya dengan Menerapkan Metode 21st Learning System?

Jawab:

Dampak utama yang terlihat dalam 21st learning system adalah perubahan dalam metode pembelajaran, fasilitas yang digunakan dan berbagai hal dalam proses pembelajaran.

Permalink.

8. Kemudahan Apa yang Bisa Saya Dapatkan Dalam Metode Pembelajaran 21st Learning System?

Jawab:

Ada banyak kemudahan yang didapat dalam menggunakan metode pembelajaran abad 21 (21st learning system) antara lain:

  1. Kemudahan dalam mendapatkan informasi berkaitan dengan pembelajaran, karena sumber informasi didapat dari berbagai sumber menggunkan media internet.
  2. Dapat berkolaborasi bersama teman dan dosen dalam mengerjakan suatu project perkuliahan dan,
  3. Guru / Dosen merupakan partner dalam memecahkan suatu permasalahan berkaitan dengan topik pembelajaran yang sedang dilakukan.

Permalink.

9. Mengapa PalComTech Mengusung Pembelajaran dengan Metode 21st Learning?

Jawab:

Kita saat ini hidup di abad 21 dengan berbagai teknologi yang memberi akses mobile terhadap informasi dan sumber-sumber pengetauan selama 24 jam dalam sehari.

Teknologi memungkinkan kita untuk mendapatkan atau membuat konten berbasis multimedia lalu kemudian membaginya kepada orang lain dan mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi dalam jejaring sosial online yang menjangkau seluruh dunia untuk berbagi ide. bekerja dan berkolaborasi dengan orang lain serta belajar sesuatu yang baru merupakan sebuah gaya hidup pada abad 21 ini.

Nah jika kita masih menggunkan metode belajar abad 20, dimana siswa hanya menerima yang disampaikan oleh dosen, serta hanya mendapatkan sumber belajar dari dosen atau buku saja. Oleh karena itu maka PalComTech menerapkan metode belajar 21st learning system dalam proses pembelajarannya.

Permalink.

10. Bagaimana Penerapan Pembelajaran dengan Metode 21st Learning System ini?

Jawab:

Penerapan metode 21st learning system ini akan dilaksanakan dalam berbagai bidang antara lain:

Sarana prasarana

  1. Penyediaan lounge sebagai fasilitas untuk siswa berdiskusi dan berkolaborasi sesama mahasiswa
  2. Penyediaan akses internet Wifi sehingga siswa dapat terkoneksi dengan internet untuk mendapatkan berbagai informasi
  3. Penyediaan openlab yang dapt dimanfaaatkan oleh siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran atau untuk membuat tugas / project nyata. (Lab Multimedia, Lab Internet, Lab Fotografi, Lab Teknisi dan jaringan, Lab …)
  4. Penyediaan kelas diskusi sehingga terciptanya kolaborasi antar siswa pada proses pembelajaran
  5. Aplikasi e-university yang memberikan informasi bagi siswa tentang kegiatan akademik
  6. Aplikasi e-learning dan e-test yang membantu siswa dalam proses belajar
  7. Aplikasi e-library yang memberikan akses informasi tanpa batas dan,
  8. Aplikasi e-cloud sebagai media penyimpanan dan berbagi file kepada sesama siswa

Sistem Pelajar

  1. Materi pelajaran disajikan dalam bentuk praktek nyata. Contoh : pembuatan produk, pembuatan prototipe, simulasi, studi kasus dan yang sejenisnya.
  2. Materi belajar, latihan dan ujian disajikan dengan memanfaatkan teknologi e-university (e-learning, e-test, cloud, e-library, forum, dll)
  3. Kegiatan diskusi, konsultasi, dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti forum, chat dan yang sejenisnya.
  4. Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif. inspiratif, menyenangkan, menantang. memotivasi siswa/I untuk berpartisipasi aktif. serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas. dan kemandirian, dengan menempatkan Mahasiswa sebagai subyek pendidikan, mitra dalam proses pembelajaran.
  5. Lebih banyak kegiatan diskusi grup yg dijalankan, sehingga mendorong terciptanya kolaborasi antar siswa dan tendik

Teknik Pengajaran

  1. Tenaga didik melakukan explorasi atas bakat dan minat mahasiswa, dengan memberikan demo dan contoh hasil karya/kerja nyata.
  2. Tenaga didik memanfaatkan fasilitas dan teknologi informasi untuk melakukan proses transfer ilmu pengetahuan seperti Worksheet, FB, blog, dll.
  3. Tenaga didik memberikan tugas-tugas dalam bentuk hasil karya mandiri / hasil karya kelompok.

Tenaga didik membimbing mahasiswa/kelompok untuk menyelesaikan hasil karya yang dikerjakannya.

Permalink.

11. Apakah Konsep Pembelajaran ini dapat diterapkan diluar Lampus?

Jawab:

Yups! Betul sekali, dengan konsep pembelajaran ini, mahasiswa bebas untuk melakukan eksplorasi sehingga belajar tidak hanya waktu berada di kelas saja. Namun juga bisa dimana saja, mahasiswa diajak untuk berpikir kreatif, kolaborasi, problem solving, produktif, inovatif,belajar untuk berempati, self-control dan meningkatkan life-skills seperti kemampuan mendengarkan orang lain serta kemampuan berkomunikasi.

Permalink.

12. Mahasiswa yang Sesuai dengan 21st Learning itu yang Seperti Apa ya?

Jawab:

Mahasiswa yang sesuai dengan 21st learning itu seperti gambar dibawah ini:

Screen shot 2014-09-18 at 8.58.54 AM

 

Permalink.

13. Apa Perbedaannya dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Abad 20 dengan Metode 21st Learning yang akan PalComTech jalankan?

Jawab:

Ini nih perubahan paradigma pembelajaran pada Abad ke-21 VS abad ke-20 sebagaimana tampak dalam tabel berikut ini:

 

1. Dari berpusat pada guru menuju berpusat pada siswa

Jika dahulu biasanya yang terjadi adalah guru berbicara dan siswa mendengar, menyimak, dan menulis – maka saat ini guru harus lebih banyak mendengarkan siswanya saling berinteraksi, berargumen, berdebat, dan berkolaborasi. Fungsi guru dari pengajar berubah dengan sendirinya menjadi fasilitator bagi siswa-siswanya.

2. Dari satu arah menuju interaktif

Jika dahulu mekanisme pembelajaran yang terjadi adalah satu arah dari guru ke siswa, maka saat ini harus terdapat interaksi yang cukup antara guru dan siswa dalam berbagai bentuk komunikasinya. Guru berusaha membuat kelas semenarik mungkin melalui berbagai pendekatan interaksi yang dipersiapkan dan dikelola.

3. Dari isolasi menuju lingkungan jejaring

Jika dahulu siswa hanya dapat bertanya pada guru dan berguru pada buku yang ada di dalam kelas semata, maka sekarang ini yang bersangkutan dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh via internet.

4. Dari pasif menuju aktif-menyelidiki

Jika dahulu siswa diminta untuk pasif saja mendengarkan dan menyimak baik-baik apa yang disampaikan gurunya agar mengerti, maka sekarang disarankan agar siswa harus lebih aktif dengan cara memberikan berbagai pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya.

5. Dari maya/abstrak menuju konteks dunia nyata

Jika dahulu contoh-contoh yang diberikan guru kepada siswanya kebanyakan bersifat artifisial, maka saat ini sang guru harus dapat memberikan contoh-contoh yang sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari dan relevan dengan bahan yang diajarkan.

6. Dari pribadi menuju pembelajaran berbasis tim

Jika dahulu proses pembelajaran lebih bersifat personal atau berbasiskan masing-masing individu, maka yang harus dikembangkan saat ini adalah model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama antar individu.

7. Dari luas menuju perilaku khas memberdayakan kaidah keterikatan

Jika dahulu ilmu atau materi yang diajarkan lebih bersifat umum (semua materi yang dianggap perlu diberikan), maka saat ini harus dipilih benar-benar ilmu atau materi yang benar-benar relevan untuk ditekuni dan diperdalam secara sungguh-sungguh (hanya materi yang relevan bagi kehidupan sang siswa yang diberikan).

8. Dari stimulasi rasa tunggal menuju stimulasi ke segala penjuru

Jika dahulu siswa hanya menggunakan sebagian panca inderanya dalam menangkap materi yang diajarkan guru (mata dan telinga), maka saat ini seluruh panca indera dan komponen jasmani-rohani harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran (kognitif, afektif, dan psikomotorik).

9. Dari alat tunggal menuju alat multimedia

Jika dahulu ilmu guru hanya mengandalkan papan tulis untuk mengajar, maka saat ini diharapkan guru dapat menggunakan beranekaragam peralatan dan teknologi pendidikan yang tersedia – baik yang bersifat konvensional maupun moderen.

10. Dari hubungan satu arah bergeser menuju kooperatif

Jika dahulu siswa harus selalu setuju dengan pendapat guru dan tidak boleh sama sekali menentangnya, maka saat ini harus ada dialog antar guru dan siswa untuk mencapai kesepakatan bersama.

11. Dari produksi massa menuju kebutuhan pelanggan

Jika dahulu seluruh siswa tanpa kecuali memperoleh bahan atau konten materi yang sama, maka sekarang ini setiap siswa berhak untuk mendapatkan konten sesuai dengan ketertarikan atau keunikan potensi yang dimilikinya.

12. Dari usaha sadar tunggal menuju jamak

Jika dahulu siswa harus secara seragam mengikuti sebuah cara dalam berproses maka yang harus ditonjolkan saat ini justru adanya keberagaman inisiatif yang timbul dari masing-masing individu.

13. Dari satu ilmu pengetahuan bergeser menuju pengetahuan disiplin jamak

Jika dahulu siswa hanya mempelajari sebuah materi atau fenomena dari satu sisi pandang ilmu, maka saat ini konteks pemahaman akan jauh lebih baik dimengerti melalui pendekatan pengetahuan multi disiplin.

14. Dari kontrol terpusat menuju otonomi dan kepercayaan

Jika dahulu seluruh kontrol dan kendali kelas ada pada sang guru, maka sekarang ini siswa diberi kepercayaan untuk bertanggung jawab atas pekerjaan dan aktivitasnyamasing-masing.

15. Dari pemikiran faktual menuju kritis

Jika dahulu hal-hal yang dibahas di dalam kelas lebih bersifat faktual, maka sekarang ini harus dikembangkan pembahasan terhadap berbagai hal yang membutuhkan pemikiran kreatif dan kritis untuk menyelesaikannya.

16. Dari penyampaian pengetahuan menuju pertukaran pengetahuan

Jika dahulu yang terjadi di dalam kelas adalah “pemindahan” ilmu dari guru ke siswa, maka dalam abad moderen ini yang terjadi di kelas adalah pertukaran pengetahuan antara guru dan siswa maupun antara siswa dengan sesamanya.

 

Permalink.

14. Kapan akan dijalankan Metode Belajar 21st Learning di PalComTech?

Jawab:

Metode belajar 21st Learning System ini akan dijalankan mulai semester ganjil tahun akademik 2014/2015.

Permalink.

15. Apa Bedanya Teacher Center dan Student Center?

Jawab:

Bedanya teacher center dan student center akan dijelaskan melalui tabel dibawah ini.

Jenis

Teacher Centered

Student Centered

Lingkungan Berpusat pada guru Berpusat pada siswa
Aktivitas kelas Guru sebagai sentral dan bersifat didaktis Siswa sebagai sentral dan bersifat interaktif
Peran guru Menyampaikan fakta-fakta, guru sebagai akhli Kolaboratif, kadang-kadang siswa sebagai akhli
Penekanan pengajaran Mengingat fakta-fakta Hubungan antara informasi dan temuan
Konsep pengetahuan Akumulasi fakta secara kuantitas Transformasi fakta-fakta
Penampilan keberhasilan Penilaian acuan norma Kuantitas pemahaman , penilaian acuan patokan
Penilaian Soal-soal pilihan berganda Protofolio, pemecahan masalah, dan penampilan
Penggunaan teknologi Latihan dan praktek Komunikasi, akses, kolaborasi, ekspresi

 

Permalink.

16. Mengapa Pada Pembelajaran Abad 21 Kita Harus Berkolaborasi?

Jawab:

Collaborationadalah kecakapan membangun jaringan kerjasama dengan orang lain. Jadi, mengapa kita harus berkolaborasi? Karena, di masa kini sehebat apapun seseorang tentu tidak akan ada artinya apa-apa bila tidak memiliki jaringan.

Permalink.

17. Mengapa Pada Pembelajaran Abad 21 Kita Harus Bersikap Critical Thinking and Problem Solving?

Jawab: Critical thinking and problem solving, adalah kecakapan berfikir kritis dan kecakapan memecahkan permasalahan. Kecakapan ini juga salah satu skill yang harus kita miliki, sehingga pada saat ada kendala, kita sudah terbiasa untuk menganalisa kendala tersebut dan mencari solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Permalink.

18. Mengapa pada Pembelajaran abad 21 Kita Harus Connecting?

Jawab:

Pada pembelajaran abad 21, kecakapan berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan orang lain baik secara individu atau kelompok sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kita harus bisa selalu connecting dengan orang lain dalam lingkup yang luas salah satu media yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, path, twitter dll untuk mendukung kegiatan pembelajaran kita.

Permalink.

19. Apa Sih yang dimaksud dengan Project Base Learning?

Jawab:

Project Based Learning adalah metode pengajaran di mana mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan membuat hasil karya nyata dalam jangka waktu tertentu. Elemen penting dari PBL meliputi:

  1. Driving Question – project difokuskan kepada pertanyaan terbuka dimana mahasiswa memahami dan tertarik untuk melakukan eksplorasi lebih jauh dalam project mereka.
  2. In Depth Inquiry – mahasiswa terlibat dalam mengajukan pertanyaan, pengunaan sumber daya dan mengembangkan jawaban.
  3. Kompetensi abad ke-21 – mahasiswa membangun kompetensi yang berharga bagi dunia saat ini, seperti pemecahan masalah , berpikir kritis , kolaborasi , komunikasi, dan kreativitas/inovasi.
  4. Significant Content – proyek difokuskan pada pengajaran kepada mahasiswa mengenai pentingnya pengetahuan dan skill, yang berasal dari standard dan kunci utama dari materi perkuliahan.
  5. Need to Know – mahasiswa melihat kebutuhan untuk mendapatkan pengetahuan, memahami konsep-konsep, dan menerapkan keterampilan dalam rangka untuk menciptakan produk, dimulai dengan menumbuhkan minat dan rasa ingin tahu dari mahasiswa.
  6. Voice and Choice – mahasiswa diijinkan untuk membuat beberapa pilihan tentang produk yang akan dibuat , bagaimana mereka bekerja dan bagaimana mereka menggunakan waktu mereka yang dipandu oleh dosen.
  7. Critique and Revision – project ini merupakan proses bagi mahasiswa untuk memberi dan mendapatkan umpan balik atas kualitas pekerjaan mereka, yang dapat menjadi acuan mereka untuk melakukan revisi atau analisa lebih lanjut.

Public Audience – mahasiswa mempresentasikan project mereka kepada orang lain, baik di dalam maupun di luar kelas.

Permalink.

20. Mengapa harus Project Base Learning?

Jawab:

PBL adalah cara yang efektif dan menyenangkan untuk belajar dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa untuk sukses di perguruan tinggi , karir dan kehidupan sosialnya.

  1. Setelah menyelesaikan proyek, daya ingat mahasiswa atas apa yang mereka pelajari lebih lama dibandingkan dengan cara tradisional. Karena itu, mahasiswa yang mendapatkan pengetahuan dengan konsep PBL lebih mampu menerapkan apa yang mereka ketahui dan lebih mudah beradaptasi pada situasi baru.
  2. Saat ini mahasiswa sering menemukan sekolah menjadi membosankan dan tak berarti. Dalam PBL , mahasiswa menjadi aktif, tidak pasif; proyek melibatkan hati dan pikiran mereka dan memberikan relevansi dalam dunia nyata agar mahasiswa dapat belajar.
  3. Di abad ke-21, sukses membutuhkan lebih dari pengetahuan dasar dan keterampilan. Dalam PBL, mahasiswa tidak hanya memahami konten lebih dalam, tetapi juga belajar bagaimana untuk mengambil tanggung jawab dan membangun kepercayaan diri, memecahkan masalah, bekerja sama, mengkomunikasikan ide-ide dan menjadi inovator kreatif .
  4. Teknologi modern – dengan teknologi, dosen dan mahasiswa dapat terhubung dengan para ahli, mitra dan kolega-kolega di seluruh dunia. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk menemukan sumber daya dan informasi, menciptakan produk dan berkolaborasi secara lebih efektif.
  5. PBL memungkinkan dosen untuk mengajar lebih aktif, melibatkan mahasiswa melakukan sesuatu yang lebih berkualitas (high quality),       pekerjaan yang lebih berarti dan dalam banyak kasus dapat menemukan kembali kegembiraan belajar bersama mahasiswa mereka.

Permalink.

21. Apa manfaat Project Base Learning bagi Pembelajar?

Jawab:

Manfaat Pembelajaran berbasis proyek (Project Base Learning) diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dapat bereksplorasi dalam pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran.
  2. Mahasiswa dapat berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah.
  3. Mahasiswa lebih interaktif dalam pemecahan masalah yang kompleks dengan menghasilkan produk nyata.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola sumber daya yang ada untuk pembuatan hasil karya nyata dan,
  5. Meningkatkan kolaborasi dan komunikasi mahasiswa khusunya dalam proyek yang bersifat kelompok.

Permalink.

22. Bagaimana melaksanakan Project Base Learning dalam Proses Perkuliahan?

Jawab: pelaksanaan Project Base Learning melalui tugas-tugas baik di dalam kelas maupun take home dan baik secara individu maupun berkelompok, dimana proyek tersebut akan dipresentasikan oleh mahasiswa di dalam maupun di luar kelas.

Permalink.

23. Mengapa Kelas Kita Tidak Ada Lagi Komputer Desktop?

Jawab:

Perkembangan teknologi semakin canggih, dimana saat ini trend penggunaan komputer mulai beralih ke mobile. Seiring dengan perkembangan tersebut, tentunya kita pun harus adaptif dalam perubahan tersebut, oleh karena itu mulai semester ganjil 2014/2015 ini kita akan melakukan migrasi dari kelas PC ke kelas laptop. Hal ini dimaksudkan, agar kita dapat lebih mobile dalam proses pembelajaran, tidak hanya di ruang kelas saja namun juga bisa dimana saja baik di lobi, di perpustakaan maupun di rumah.

Berikut gambar yang menjelaskan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Screen shot 2014-09-18 at 11.14.07 AM

Permalink.

24. Apabila Mata Kuliah yang diajarkan Membutuhkan Spesifikasi Komputer yang Tinggi, Bagaimana Caranya agar Kami Tetap dapat Mengikuti Pembelajaran dengan Baik?

Jawab:

Apabila kalian membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, maka kamu bisa memakai laboratorium yang tersedia baik di kampus Basuki maupun di kampus PalComTech Sudirman.

Permalink.

25. Sarana dan Prasarana Apa Saja yang difasilitasi oleh PalComTech untuk Mendukung 21st Learning System?

Jawab:

Tentunya PalComTech selalu mengembangkan sarana dan prasarana untuk mendukung 21st Learning System ini antara lain dengan meningkatkan layanan internet premium, adanya lab networking, lab multimedia dan printing, lab fotografi dan videografi dan lab desain dan internet, lobi di lantai 1, 2 dan 3 agar kalian mempunyai tempat untuk berkolaborasi dengan seluruh civitas akademika, sistem euniversity yang mendukung pembelajan dan dapat diakses dimana saja dan tentunya masih banyak fasilitas lainnya yang disediakan oleh PalComTech untuk mendukung proses pembelajaran ini.

Permalink.

26. Mengapa di beberapa Kelas Ada yang Memakai Meja Diskusi?

Jawab:

Sesuai dengan metode pembelajaran 21st Learning System, bahwa cara pembelajarannya adalah student center. Dimana mahasiswa sebagai sentral dan bersifat interaktif. Oleh karena itu, dengan menggunakan meja diskusi, mahasiswa diharapkan dapat lebih interaktif dengan sesama mahasiswa dan dapat saling sharing antarmahasiswa dan dosen.

Permalink.

27. Mengapa dibeberapa Kelas Ada yang Menggunakan Kursi Kuliah?

Jawab:

Metode pembelajaran 21st learning system juga didukung oleh sarana di dalam kelas, oleh karena itu tidak hanya meja diskusi, namun jenis sarana pun dapat bervariasi seperti penggunaan kursi kuliah. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat lebih leluasa dan nyaman untuk bereksplorasi baik menggunakan meja diskusi, kursi kuliah, lab maupun nano pc.

Permalink.

28. Mengapa Ada Kelas yang Memakai Nano PC?

Jawab:

Kelas yang memakai nano PC juga merupakan salah satu fasilitas yang diberikan untuk mendukung proses pembelajaran. Apabila kamu memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi dalam pembelajaran, kamu bisa memakai kelas Nano PC.

Permalink.

29. Laboratorium-laboratorium Apa Saja yang ada di PalComTech?

Jawab:

Untuk menunjang proses pembelajaran, maka PalComTech memfasilitasi laboratorium yang ada baik di kampus basuki maupun di Sudirman yaitu Lab. Networking yang berada di kampus Basuki, Lab. Multimedia dan Printing di Kampus Sudirman, Lab. Fotografi dan Videografi dikampus Sudirman dan Lab. Desain dan Internet di Kampus Sudirman.

Permalink.

30. Fasilitas Apa Saja yang Ada di Laboratorium Tersebut?

Jawab:

Lab. Networking

Fasilitas perangkat dan layanan yang disediakan diantaranya adalah terbagi menjadi 4 area utama, yaitu server farm area, simulation area, core network area, dan radio/wireless network area. Pada server farm area, terdapat 6 buah server dengan spesifikasi arsitektur PC processor Intel Core i5, dengan layanan system operasi yaitu Debian 7 dan Windows Server 2012, jadi pada area ini praktikan dapat melakukan ekperimen dan eksplorasi keilmuan dengan pengembangan ke arah network administration, seperti pembangunan DMZ server dalam bentuk protokol atau layanan (DHCP, DNS, Web, FTP, Proxy, NAT,Firewall, etc).

Lab. Multimedia dan Printing

       Fasilitas yang disediakan adalah printer laser, printer dot matrix, printer multifunction (printing, scanner dan fotocopy), mesin press sablon kaos, mesin press sablon mug, mesin press pin, komputer, meja diskusi dan fasilitas lainnya yang mendukung kamu dalam berkreatifitas untuk membuat hasil karya nyata.

Lab. Fotografi dan Videografi

       Fasilitas yang disediakan adalah PC IMAC Processor Core i5-2.2 GHz Memory 8Gb Vga 4Gb, kamera DSLR, mini studio yang telah dilengkapi dengan background, lighting, sofa dan perlengkapan shooting lainnya.

Lab. Desain dan Internet

       Fasilitas yang disediakan diantaranya komputer dengan spesifikasi komputer IntelCore i5-4440 3.10 GHz Memory 4Gb HDD 500Gb, PC IMAC Processor Core i5-2.2 GHz Memory 8Gb, Vga 4Gb, headset, meja diskusi dan fasilitas lainnya yang mendukung mahasiswa untuk melakukan eksplorasi dalam desain maupun programming dan internet.

Permalink.

31. Apakah Mahasiswa-mahasiswi Boleh Memakai Laboratorium-laboratorium Tersebut diluar Jam Pembelajaran?

Jawab:

Ya, tentunya laboratorium ini dibangun untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa-mahasiswi baik pada saat perkuliahan maupun diluar perkuliahan.

Permalink.

32. Bagaimana Prosedur untuk Memakai Laboratorium Tersebut?

Jawab:

Mudah sekali kok, kamu langsung saja menuju lab kemudian mengisi buku tamu. Udah dech, kamu tinggal pakai aja semua fasilitas yang ada lab. Apabila ada kesulitan, kamu dapat menghubungi laboran yang sedang bertugas di laboratorium tersebut.

Permalink.

33. Bagaimana Cara Memakai Hotspot di Lingkungan Kampus PalComTech?

Jawab: kamu tinggal login ke hotspot palcomtech dengan mengakses link berikut ini: http://hotspot.palcomtech.ac.id/ kemudian masukkan username dan password hotspot kamu. Bagaimana mudahkan?.

Permalink.

34. Bagaimana Mengetahui Username dan Password Hotspot?

Jawab:

Username dan password hotspot kamu dapat diakses melalui worksheet kamu sendiri di bagian account profile -> Hotspot Password.

Permalink.

35. Mengapa Bandwith Internet Memakai Sistem Kuota?

Jawab:

Layanan internet yang memakai sistem kuota atau yang sering disebut sebagai layanan internet premium maksudnya adalah kamu mendapatkan prioritas bandwith yang lebih tinggi tentunya kecepatannya juga lebih tinggi dong. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa dengan leluasa menggunakan akses internet dengan lebih nyaman.

Permalink.

36. Apa Bedanya Layanan Internet Premium dengan Layanan Internet Free?

Jawab:

Layanan Internet Premium

  1. Memiliki Kuota Bandwidth dengan Volume Limit sebesar 3 GB.
  2. Akses web atau jaringan lokal tidak terbatas (Kecepatan Maksimal-> sesuai dengan total bandwidth yang dimiliki).
  3. Memiliki prioritas bandwidth yang lebih tinggi.
  4. Memiliki 1 username dan password.

      Layanan Internet Free

  1. Tidak Memiliki Kuota Bandwidth (Unlimited).
  2. Akses web atau jaringan lokal tidak terbatas (Kecepatan Maksimal -> sesuai dengan total bandwidth yang dimiliki).
  3. Memiliki Prioritas Bandwidth yang lebih rendah.
  4. Tidak memiliki username dan password.

Permalink.

37. Berapa Kuota Bandwith yang diberikan Setiap Mahasiswa?

Jawab:

Bandwith untuk setiap mahasiswa-mahasiswi adalah sebesar 3 GB (Giga Byte).

Permalink.

38. Bagaimana Cara Mengetahui Berapa Bandwith yang telah dipakai?

Jawab:

Untuk mengetahui pemakaian internet, kamu tinggal masuk ke worksheet kamu aja di bagian account profile -> Hotspot Password telah tertera jumlah pemakaian bandwith kamu. Jadi, gunakan dengan bijak ya khususnya gunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Permalink.

39. Apabila Kuota Bandwith Sudah Habis, Bagaimana Caranya agar Mahasiswa tetap dapat Menggunakan Akses Internet?

Jawab:

Apabila kuota bandwith kamu udah habis, kamu tetep bisa koq mengakses internet dengan mengakses ke layanan internet free.

Permalink.

40. Mengapa Kita Menggunakan Sistem Materi Online?

Jawab:

Materi online digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan bahwa mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas, namun materi tetap dapat diakses di luar kampus seperti di rumah.

Permalink.

41. Apakah Materi Kuliah yang Ada di Worksheet Mahasiswa-mahasiswi dapat diunduh?

Jawab:

Ya, boleh di unduh, materi yang ada di worksheet mahasiswa boleh diunduh dan disebarluaskan, dengan tujuan untuk pembelajaran dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, akan tetapi dilarang keras jika diperdagangkan.

Permalink.

42. Mengapa Kita Menggunakan Sistem Ujian Online?

Jawab:

Karena ujian online dilakukan secara system, sehingga proses transparansi dan keadilan dalam pelaksanaan ujian dapat terlaksana. Selain itu ujian juga merupakan salah satu metode untuk penilaian sejauhmana pemahaman mahasiswa atas materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh dosen.

Permalink.

43. Bagaimana Prosedur Sistem Ujian Online?

Jawab:

Procedure pelaksanaan ujian online dilakukan dengan tahapan:

  1. Dosen membuka sesi ujian pada group/kelas yang diajarnya.
  2. Siswa melakukan login kedalam worksheet
  3. Siswa membuka daftar mata kuliah yang di ambil dan,
  4. Siswa mengklik dan mengambil ujian online yang sedang dibuka sesinya

Catatan: sesi ujian akan tertutup otomatis sesuai dengan pengaturan waktu yang diberikan oleh dosen

Permalink.

44. Jenis Soal Seperti Apa Saja yang Ada di Sistem Ujian Online?

Jawab:

Jenis soal berupa single choice (jawaban hanya satu), multiple choice (jawaban lebih dari satu), menyusun jawaban (mengurutkan jawaban yang benar), true-false (benar – salah) dan essay (studi kasus).

Permalink.

45. Berapa Banyak Soal yang diberikan Per materi pada Saat Ujian?

Jawab:

Banyaknya jumlah soal ujian online yang akan diujikan kepada siswa sebanyak 60 soal yang dirandom dari bank soal yang ada di server.

Permalink.

46. Jenis Ujian Apa Saja yang Menggunakan Sistem Ujian Online?

Jawab:

Jenis soal yang dilakukan menggunakan sistem ujian online terdiri dari soal single choice, multiple choice, true-false dan mengurutkan.

Permalink.

47. Berapa Lama Waktu yang diberikan Pada saat Ujian Online?

Jawab:

Waktu yang diberikan pada saat ujian online adalah 120 menit.

Permalink.

48. Apabila Pada saat Ujian Online Berlangsung, Saya Mendapatkan Nilai Kecil. Apakah Ujian Dapat diulang Kembali?

Jawab:

Tidak, oleh karena itu diharapkan mahasiswa agar mempersiapkan diri sebelum ujian dilaksanakan.

Permalink.

49. Materi-materi Apa Saja yang Menggunakan Sistem Ujian Online ?

Jawab:

Semua materi perkuliahan akan menggunakan sistem ujian online.

Permalink.

50. Apakah pada Saat Ujian, Saya dapat Mengerjakannya di Luar kampus ?

Jawab:

Tidak, ujian hanya boleh dilakukan pada kampus PalComTech dan pada waktu dan jadwal yang telah ditentukan.

Permalink.

51. Apakah pada saat Ujian, Saya Tetap dapat Membuka Materi Online?

Jawab:

Tidak, karena saat ujian dilaksanakan maka sistem akan melakukan penguncian terhadap browser, sehingga materi online tidak dapat dibuka.

Permalink.

52. Bagaimana Prosedur Apabila pada saat Ujian Terjadi Force Majeur Seperti Mati Lampu?

Jawab:

Apabila terjadi fource majeur dalam pelaksanaan ujian online maka dosen dapat melaporkan kejadian tersebut kepada Ka. Prodi sehingga dapat dilakukan reset ujian dan dapat dilakukan ujian ulang pada sesi kelas yang bersangkutan.

Permalink.