Tips Kerja Cepat Menggunakan Microsoft Excel

Hai PalComsTer, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan yang luar biasa ya. Pastinya saat kita melakukan perhitungan atau kerja menggunakan microsoft office excel, maunya kita pasti cepat selesai dengan menggunakan cara cepat juga tentunya. Nah kali ini kita akan membahas beberapa cara agar kerja cepat pada excel. Yuk, ikuti beberapa cara kerja cepat pada excel di bawah  ini.

Langkah 1

Dalam melakukan perhitungan total seluruh nilai kita dapat menggunakan rumus SUM, nah selain mengetik rumus atau menggunakan AutoSum kita dapat menggunakan tombol Alt + = , di akhir cell untuk mendapatkan total nilai.

Langkah 2

Menambahkan baris dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Apabila kita ingin menambahkan atau menyisipkan baris di tengah atau pun dimana saja dalam table yang telah kita buat, kita dapat memblok beberapa baris sesuai jumlah baris yang kita butuhkan lalu klik kanan pilih insert.

Langkah 3

Menambahkan kolom dalam jumlah yang banyak sekaligus

Sama halnya seperti kita  menambahkan atau menyisipkan baris di tengah atau pun dimana saja dalam table yang telah kita buat, kita juga harus memblok beberapa kolom sesuai jumlah kolom yang kita butuhkan terlebih dahulu  lalu klik kanan pilih insert.

Atau setelah memblok dapat menekan tombol Alt + I lalu tekan C, seperti di bawah ini, setelah diblok tekan Alt + I lalu tekan C, maka kolom akan bertambah.

Langkah 4

Mengubah format angka menjadi format mata uang atau persen

Selain menggunakan format number untuk mengganti format angka biasa menjadi format mata uang dan persen, kita dapat menggunakan tombol Ctrl+Shift+4 untuk format mata uang yaitu rupiah dan Ctrl+Shift+5 untuk format persen. Dapat dilakukan dengan cara blok terlebih dahulu angka yang akan diformat, lalu tekan tombol Ctrl+Shift+4 untuk format mata uang.

Langkah 5

Melihat Formula atau rumus yang digunakan pada cell menggunakan Ctrl+`

Kita dapat melihat formula atau rumus yang digunakan pada cell sekaligus dengan menekan tombol Ctrl + ` , maka semua cell yang memiliki formula akan menampilkan formula atau rumus yang digunakan.

Setelah melihat formula untuk mengembalikan tampilan tabel ke sebelumnya, tekan kembali Ctrl+`. Nah itulah beberapa cara cepat kerja pada excel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ^_^

Fitria Rismawati

Fitri bekerja sebagai staff pengajar di LKP PalComTech Palembang. Bidang materi yang diajarkan adalah office, desain, dan pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...