Tips Membeli Printer

Saat ini, ada begitu banyak printer yang beredar di pasaran. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, dan kadang sulit untuk dipahami oleh mereka yang masih awam. Itulah sebabnya, memilih printer yang tepat kadang tidak mudah untuk dilakukan. Untuk menghindari pembelian printer yang tidak sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya Anda menyimak tips membeli printer berikut ini.

1.Kenali jenis-jenis printer

Jenis printer bermacam-macam, antara lain sebagai berikut.

  1. Printer inkjet: cocok untuk kepentingan mencetak grafis secara penuh karena akan menghasilkan cetakan beresolusi tinggi, warnanya cerah, dan teksnya tajam.
  2. Printer laser: sangat cocok untuk pemakaian di kantor karena mampu mencetak dengan kecepatan tinggi dan kapasitas cetakna pun besar. Kecepatan cetak printer ini antara 6 hingga 40 halaman per menit, dengan kapasitas cetak bisa mencapai 1.000 hingga 2.000 lembar.
  3. Printer foto: cocok untuk mencetak foto karena mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi.
  4. Printer multifungsi: selain mencetak, printer ini juga berfungsi untuk faks, foto kopi, dan scan.
  5. Printer portable: sesuai namanya, printer digunakan untuk keperluan dibawa-bawa ke berbagai tempat
  6. Printer dot matrix: sangatcocok keperluan kantor. Printer ini dapat mencetak pada kertas rangkap, mencetak faktur, surat jalan, dan sebagainya.

Dengan mengetahui jenis-jenis printer, Anda dapat membeli yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda membutuhkan printer untuk mencetak foto, mencetak grafis dengan resolusi tinggi, printer untuk dibawa bepergian, atau berorientasi pada kecepatan.

2. Port koneksi

Keuntungan berupa fleksibilitas dalam pemasangan akan Anda dapatkan jika Anda memilih printer yang menggunakan port USB. Hanya saja, tidak semua motherboard dilengkapi port USB.

3. Dana

Budget selalu menjadi pertimbangan penting dalam membeli segala sesuatu. Oleh karena itu, Anda pun harus menyesuaikan pilihan dalam pembelian printer dengan dana yang hendak Anda alokasikan untuk belanja printer tesebut, dengan spesifikasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tips membeli printer ini akan menuntun Anda pada pengambilan keputusan yang tepat saat hendak berbelanja printer.

Rino Saputro

Rino adalah seorang siswa PalComTech Prabumulih GSO17A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...