Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Langgeng Sama Kamu

Produk-produk elektronik umumnya mudah rusak apabila mendapatkan perlakuan yang kurang hati-hati atau cara perawatan yang salah. Begitu pula dengan laptop. Produk komputer jinjing ini juga rentan mengalami kerusakan jika tidak diperlakukan dan dirawat dengan benar. Bagaimana cara merawat laptop yang benar agar tidak mudah rusak? Berikut tips untuk Anda.

  1. Gunakan cooling pad

Cooling pad adalah kipas yang digunakan untuk mendinginkan laptop. Kipas tambahan  ini sangat penting untuk mencegah laptop menjadi panas akibat pemakaian yang terlalu lama. Sebab, laptop yang terlalu panas akan membuat komponen-komponen di dalam menjadi mudah rusak.

  1. Hindari menggunakan laptop di tempat empuk

Menggunakan laptop dengan meletakkannya di tempat yang empuk, seperti kasur, sofa, atau bantal bisa membuat aliran udara panas yang keluar dari laptop menjadi tertutup sehingga sirkulasi udara pada laptop menjadi terganggu.

  1. Hindari memindahkan laptop dalam keadaan menyala

Memindahkan laptop dalam keadaan menyala dapat membuat piringan hardisk laptop bisa tergores oleh head. Jika hendak memindahkan laptop, sebaiknya Anda mematikannya terlebih dahulu.

  1. Pastikan baterai tidak sampai pada posisi 0

Membiarkan laptop mati karena kehabisan baterai (bateri 0) akan menimbulkan banyak sekali efek negatif terhadap baterai (Cycle Count). Oleh karena itu, sebaiknya gunakan laptop dalam keadaan ter-charge. Atau, segera charge atau hentikan penggunaan laptop jika baterai sudah berada pada posisi 15 %.

  1. Pasang antivirus

Selalu up date software antivirus yang Anda gunakan untuk melindungi laptop Anda dari serangan berbagai virus.

  1. Lindungi dari air

Semua produk elektronik akan mudah sekali rusak jika terkena air, begitu pula dengan laptop. Jadi, lindungi laptop Anda dari air. Namun, jika sudah telanjur terkena air, segera keringkan. Jangan menggunakan laptop sebelum air yang membasahinya kering.

  1. Bersihkan dengan hati-hati

Jangan biarkan laptop Anda menjadi kotor. Bersihkan segera ketika ada kotoran atau debu yang menempel. Namun, lakukan dengan hati-hati dan gunakan tisu yang lembut. Itulah cara merawat laptop yang benar agar tidak mudah rusak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika kamu suka dengan artikel ini, share ke teman-teman kamu ya :).

Rino Saputro

Rino adalah seorang siswa PalComTech Prabumulih GSO17A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco


Yuk kita share...