Totalitas Acting Mahasiswa PalComTech Dalam Film Pendek “DIAM”

Sinopsis : “Sederetan pertanyaan yang keluar dari mulut Key hanya dijawab Youna dengan diam membisu, dia hanya menuliskan nomor hp nya ketika Key menanyakan nomor hp nya dan berharap Key akan menelponnya. Tapi hari berganti hari Key tidak menelpon atau …

Review Overview

User Rating: 3.41 ( 11 votes)
0

Sinopsis :

“Sederetan pertanyaan yang keluar dari mulut Key hanya dijawab Youna dengan diam membisu, dia hanya menuliskan nomor hp nya ketika Key menanyakan nomor hp nya dan berharap Key akan menelponnya. Tapi hari berganti hari Key tidak menelpon atau sms nya, Youna pun putus asa. Ditengah putus asa nya Key pun menelponnya dan inilah awal kesalahan Youna. Ditengah perpaduan rasa senang, gugup, takut dia menyuruh Sepupunya untuk mengangkat telpon Key. Youna menyadari tindakannya itu salah dan bodoh. Youna merasa senang mendengar suara Key diseberang sana yang sedang berbincang dengan sepupunya. Hari itu tiba, Key berulang tahun. Youna mempersiapkan semuanya termasuk mentalnya untuk berbicara berbicara kebenaran kenapa selama ini diam. Konflik pun muncul dimana sepupunya sudah membongkar semua kebohongannya kepada Key. Semua kekecewaan dan kehancuran yang Youna rasakan ia tuangkan dalam lembaran diary, diary itu yang merekam semua rasa yang ada. Ditengah kegalauannya Youna memutuskan untuk diam selamanya bukan karena dia hanya gadis bisu tapi dia memilih untuk mengakhiri hidupnya. Diary Youna yang menjelaskan semuanya kepada Key, dalam penyesalannya Key berharap dia bisa berbicara kepada Youna, bernyanyi untuk Youna, meluapkan perasaanya kepada Youna. Namun yang terlihat hidup kadang tak bisa sesuai apa yang kamu pikirkan. Semua sudah Tuhan tulis dalam kertas dan tugas kita lah yang membacanya”

Bagaimana perasaan PalComSter setelah membaca sinopsis film pendek “Diam”..??? ada yang termehek-mehek atau biasa aja. Oke, daripada terpaku pada perasaan masing-masing kita cari tahu informasi apa sih film pendek itu?

Film pendek merupakan salah satu bentuk film paling simple dan paling kompleks. Di awal perkembangannya film pendek sempat dipopulerkan oleh comedian Charlie Chaplin. Secara teknis film pendek merupakan film yang memiliki durasi dibawah 50 menit. Mengenai cara bertuturnya, film pendek memberikan kebebasan bagi para pembuat dan pemirsanya, sehingga bentuknya menjadi sangat bervariasi. Film pendek dapat saja hanya berdurasi 60 detik, yang penting ide dan pemanfaatan media komunikasinya dapat berlangsung efektif. Yang menjadi menarik justru ketika variasi-variasi tersebut menciptakan cara pandang-cara pandang baru tentang bentuk film secara umum, dan kemudian berhasil memberikan banyak sekali kontribusi bagi perkembangan sinema. (Sumber wikipedia)

Film pendek tidaklah sulit dan mahal, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pembuatan film pendek yaitu :

  1. Lakukan riset awal dulu bagaimana latar belakang film yang akan kita buat
  2. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti : handycam, tripod, baterai, charger dan lain-lain.
  3. Cocokkan data yang didapat saat riset awal dengan keadaan di lapangan
  4. Buatlah alur cerita kasar dari ide yang sudah ada
  5. Buatlah sinopsis dari film, dari sinopsis yang ada carilah pemain yang cocok dengan karakter yang ada dalam film
  6. Pengambilan gambar atau syuting sesuai alur cerita yang ada
  7. Buatlah alur cerita final
  8. Editlah potongan-potongan file hasil syuting dengan software seperti : ad.premiere
  9. Tambahkanlah sountrack atau musik latar yang sesuai
  10. Masukkan opening title (pilih judul yang catchy dan bisa menggambarkan keseluruhan film), tambahkan credit title, mixing suara, wrap!
  11. Jadikan dalam bentuk VCD biar bisa ditonton orang banyak

Bagaimana PalComSter mudah bukan, mari asah kreatifitas dalam bidang sinema siapa tau Anda Sineas Muda selanjutnya yang bisa mengeser Riri Reza (Aamin Ya Rabbal Alamin).

Belakang Layar

film1

 Lokasi : Danau Jakabaring

filem2

Lokasi :Toilet Kampus PalComTech

film3

Lokasi : Kamar Rumah Diana (Mahasiswa PalComTech)

film4

All Crew Film “Diam”

Mari kita saksikan Film hasil karya mahasiswa STMIK dan POLTEK PalComTech yang berjudul “Diam” :

[fvplayer src=’http://news.palcomtech.com/ftp/artikel_2014/basuki/Diam_film_mahasiswa_dan_dosen_palcomtech.flv’ width=500 height=350 autoplay=false  splash=http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/filem2.jpg ]

[fvplayer src=”http://news.palcomtech.com/ftp/artikel_2014/basuki/Diam_film_mahasiswa_dan_dosen_palcomtech.flv” width=”600″ height=”450″ embed=”true” ]

Mustika

Mustika adalah seorang Dosen Tetap Prodi Manajemen Informatika Politeknik PalComTech

9 comments

  1. wah… pemeran utama key sama yoana ngena banget :’;) ada lagi gak sih buk film mereka :D

  2. terima kasih anggi, sesuai judul totalitas karena mereka actingnya total makanya ‘ngena banget…. next mudah-mudahan nanti ada film mereka yg lainnya :sup:

  3. hmmmm…kurang greget buk…tema nya lawas banget lhoh

  4. makasih pak rais, ada ide ga pak untuk ide cerita film pendek, soalnya ada rencana mau ikutan lomba film pendek..
    :bingung

  5. Maaf ne cman mau kasih saran….
    seharusnya diarynya jangan di anterin si cewek ke tempat si cowok tapi lebih baik kalu cowokny yang menemukannya sendiri ketika si cowok main ke rumah si cewek atau sepupu si cewek…..
    Kayakny itu lebih baik…..

  6. wew keren abis sekarang palcomtech

  7. Kok gabisa di play video-nya bu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...