Tutorial Pembuatan Daftar Pustaka dengan Format Hanging

Halo Palcomster, pada artikel kali ini saya (yanti) akan membahas tutorial mudah membuat daftar pustaka dengan format hanging pada pilihan paragraph di Microsoft Word . Semoga artikel ini bisa membantu kalian adik-adik mahasiswa/i yang sedang dalam proses pembutan laporan PKL ataupun Skripsi.

Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu apa itu daftar pustaka? daftar pustaka adalah sumber rujukan atau referensi yang penulis gunakan dalam membuat karya ilmiah yang terdiri atas judul, pengarang, tahun terbit dll. sedangkan hanging itu sendiri merupakan fasilitas di microsoft word yang digunakan untuk membuat format daftar pustaka. Dimenu paragraph microsoft word kita bisa memilih hanging dibagian special yang terdapat dua pilihan, pilihan pertama dengan format first line yang merupakan format untuk membuat alenia baru. Pilihan kedua dengan format hanging yang kita bisa gunakan untuk membuat daftar pustaka. Berikut adalah tutorial untuk membuat daftar pustaka dengan format hanging.

  1. Siapkan dulu referensi yang ingin kita cari, contoh berupa buku atau jurnal

2. Pilih salah satu referensi, klik bagian tanda kutip (“;) lalu pilih format referensi, contoh daftar pustaka dengan format APA seperti gambar berikut:

3. Pindahkan referensi daftar pustaka di microsoft word

4. Blok tulisan , pilih paragraph, pilih menu special dan ganti format special menjadi hanging. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

5. dan hasil akhirnya adalah seperti pada gambar berikut:

Bagaimana Palcomsters mudah bukan, selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat…

yanti Ratnasari

yanti Ratnasari

Yanti adalah seorang staff perpustakaan di STMIK Politekni PalComTech Palembang
yanti Ratnasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Yuk kita share...